PROMOSI SABAI MUAY THAI MELALUI MEDIA SOSIAL TWITTER

Ronny Marsudi Hidayat, Tresna Wiwitan

Abstract


Abstract. Sabai muay thai is one of a moving company in field sports muay thai located in the city of bandung , gatot subroto no 27 bandung road .These days the sport of muay thai in the city of bandung started many popular community .Author doing research on how promotion done sabai muay thai .With regard to three aspects of hurriyati ) namely ( 2010 , informing , persuading , and reminding .The purpose of this research is to see how promotion done by informing sabai muay thai in aspect , knowing how promotion done by persuading sabai muay thai in aspect .And knowing how promotion done by reminding sabai muay thai in aspect .Using a method of descriptive writer who paints and outline the state or a phenomenon that occurs . From the research done on twitter , then the researcher draw the conclusion that the promotion of done sabai muay thai in terms of informing the aspect of having a high level , in terms of aspects of persuading having a level that is .And in terms of reminding the aspect of having a high level .So we can conclude that the information given by sabai is very effective , persuasion done by sabai less well , because the good mempersuasi more effective if done in face-to-face and activities performed remind sabai very good because the sabai repeat often look through the tweets .

Keywords: Promotion, Sabay Muay Thai, Social media

Abstrak. Sabai Muay Thai merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang olahraga Muay Thai yang terletak di kota Bandung, Jalan Gatot Subroto No. 27 Bandung. Belakangan ini olahraga Muay Thai di kota Bandung mulai banyak digemari masyarakat. Penulis melakukan penelitian mengenai bagaimana promosi yang dilakukan Sabai Muay Thai, dengan memperhatikan tiga aspek dari Hurriyati (2010) yakni, informing, persuading, dan reminding. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana promosi yang dilakukan oleh Sabai Muay Thai dalam aspek informing, mengetahui bagaimana promosi yang dilakukan oleh Sabai Muay Thai dalam aspek persuading, mengetahui bagaimana promosi yang dilakukan oleh Sabai Muay Thai dalam aspek reminding. Penulis menggunakan metode deskriptif yang melukiskan dan menjabarkan suatu keadaan atau fenomena yang terjadi. Dari hasil penelitian yang dilakukan di twitter, maka peneliti menarik kesimpulan bahwa promosi yang dilakukan Sabai Muay Thai ditinjau dari aspek informing memiliki tingkat yang tinggi, ditinjau dari aspek persuading memiliki tingkat yang sedang, dan ditinjau dari aspek reminding memiliki tingkat yang tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa informasi yang diberikan oleh Sabai Muay Thai sangat efektif, persuasi yang dilakukan oleh Sabai Muay Thai kurang baik, karena cara mempersuasi yang baik lebih efektif apabila dilakukan secara tatap muka dan kegiatan mengingatkan yang dilakukan Sabai Muay Thai sangat baik karena pihak Sabai Muay Thai sering mengulang informasi-informasi melalui tweet.

Kata Kunci : Promosi, Sabai Muay Thai, Media Sosial.


References


Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala & Siti Karlinah. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Effendy, Prof. Onong Uchjana, 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hamid, Farid dan Budianto Heri. 2011. Ilmu komunikasi: Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Jakarta: Prenada Media Group

Hurriyati, Ratih. 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alvabeta.

Mulyana, Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ruslan, Rosady. 2010. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Utama

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. CV. Alfabeta: Bandung.

Waloeyo, Yohan Jati. 2010. Twitter Best Social Networking. Yogyakarta: Elcom

Sumber lain:

Watie, Errika Dwi Setya.â€Komunikasi dan Media Sosialâ€. Dalam jurnal. Fikom Universitas Semarang. Volume III. Nomor 1. Edisi Juli 2011 (hal 72)

Rambitan, Rima Romansi.â€Penggunaan Twitter Dalam Belajar Kosakata Bahasa Inggrisâ€. Dalam jurnal. Fakultas Sastra Inggris Universitas Sam Ratulangi. 2013 (hal 3)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.392

Flag Counter   Â