Komunikasi Pemasaran Produk Shejab Melalui Online dalam Penjualan Internasional

Rekha Regina Mulyadi, Maman Suherman

Abstract


Abstract.The study is motivated by Shejab’s sales in Bandung which entered International sphere by only 3 years entering The moslem fashion world. They had an unique and distinct product and using the online media to get the marketing. The speared of various moslem products caused business competition between products from another so that makes the business must to have the new inovation. The study aimed  to examine the consideration of product, price and brand ambassador in National and International sales, to know how to overcome the barries Shejab though online promotion in International sales and to know the reason Shejab choose online media in doing marketing. The research method used qualitative method with case study approach. The study were collected through in depth interviews, observation and study of literature. The result of this study indicated that (1)Shejab considerate the product with product quality, Style, packaging, warranties, design, brand name and sizes. In consideration of price pay attentions to discounts. As for consideration of brand ambassador is skills, beautiful, model and photo genic. (2)To overcome the barries to International sales of owner cooperation with Expedition, replace the system of payment, reduced sales and product innovation. (3)Shejab reason to use online media is to get resseler and distributors from aboard, to get invitation open booth and achive the ranks

Abstrak.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penjualan Shejab di Kota Bandung yang sudah memasuki ranah Internasional padahal baru tiga tahun memasuki dunia fashion busana muslim. Terdapat keunikan dan kekhasan dalam produk Shejab serta melakukan pemasarannya hanya menggunakan media online. Dengan tersebarnya berbagai produk muslim menyebabkan adanya persaingan bisnis antara produk yang satu dengan produk lain, sehingga membuat para pelaku usaha melakukan inovasi dan terobosan baru dalam menjalankan aktivitas usahanya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pertimbangan product, price, dan brand ambassador Shejab dalam Penjualan Nasional dan Internasional, mengetahuicara mengatasi hambatan Shejabmelalui promosi online dalam penjualan Internasional dan mengetahui Shejab memilih media online dalam melakukan komunikasi pemasarannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam penelitian ini, dilakukan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi lapangan dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Shejab melakukan pertimbangan produk (product) dengan memperhatikan kualitas produk, model,kemasan, jaminan, desaign, brand name dan ukuran. Dalam pertimbangan harga (price) memperhatikan potongan harga. Sedangkan untuk pertimbangan brand ambassador yaitu berpengalaman, cantik, model dan foto genik.(2) Untuk mengatasi hambatan dalam penjualan Internasional pihak owner melakukan kerjasama dengan Ekspedisi, mengganti sistem pembayaran, mengurangi penjualan dan melakukan inovasi produk.(3)  Alasan Shejab menggunakan media online yaitu banyaknya reseller dan distributor dari luar negeri, mendapatkan undangan open booth dan meraih rangking.


Keywords


Shejab, Product, Price, Brand Ambassador, International marketting.

References


Chandra, Gregorius. 2005. Strategi dan Program Pemasaran.Yogyakarta: Andi

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Ke-12. Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2014. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Ke-12. Jilid 2. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran.Edisi 13. Erlangga : Jakarta

Learning,Thomson. 2000. Ward Hason/Pemasaran Internet. Jakarta : PT. Salemba Empat

Simamora, Henry. 2000. Manajemen Pemasaran Internasional Jilid II.Jakarta:Salemba Empat.

Syamsul Asep, Romli. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Praktis MengelolaMedia Online. Bandung: Nuansa Cendikia

Internet :

https://m.facebook.com/jilbabkujilbabsyari/post/527685580621492, (Diakses Rabu, 6 Januari 2016 pukul 14.54)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3881

Flag Counter   Â