Hubungan antara Customer Relations BPJS Melalui Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien

Risya Yola Visiandra, Dadi Ahmadi

Abstract


Abstract.Customer Relations Public Relations is an activity in order to set and maintain a relationship with the customer, the process of building and maintaining profitable customer relationships by delivering value and superior customer satisfaction. In a study entitled BPJS Customer Relations Through the Ministry of Health with Public Satisfaction in the clinic Nayaka 2 Batujajar Regency province .west bandung. which has the purpose to find out at what effect the Customer Relation functioned by BPJS to convince patients to support government programs to guarantee good service. Ranging from aspects of Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, and empathy as a variable X and variable Y Custommer satisfactions as to whether the two variables that had a significant relationship. This study uses a quantitative method with the correlational approach so that the results can describe the relationship between the Customer Relations BPJS Health Care Through the Patient Satisfac The survey results revealed that There BPJS Relationship Between Customer Relations Through Health Care With Patient Satisfaction , with a high level of correlation coefficient. And it can be concluded cosumer Relations BPJS have an important role to continue to create patient satisfactiontion.

Abstrak.Customer Relations yaitu kegiatan Public Relations dalam rangka mengatur dan memelihara hubungan dengan para langganan, proses membangun dan memelihara hubungan pelanggan yang menguntungkan dengan menghantarkan nilai dan kepuasan pelanggan yang unggul. Dalam penelitian yang berjudul Customer Relations BPJS Melalui pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Masyarakat di klinik Nayaka 2 Batujajar Regency kec. Bandung Barat. yaitu memiliki tujuan untuk mengetahui sebesar apa pengaruh Customer Relation yang di fungsikan oleh BPJS Kesehatan untuk meyakinkan pasien agar mendukung program pemerintah dengan jaminan pelayanan yang baik. Mulai dari aspek Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan empathy sebagai variable X dan Custommer Satisfactions sebagai variable Y, untuk apakah kedua varibel tersebut memiliki hubungan yang signifikan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional agar hasil yang di dapat menggambarkan hubungan antara Customer Relations BPJS Melalui Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien. Hasil penelitian diketahui bahwa Terdapat Hubungan antara Customer Relations BPJS Melalui Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien, dengan tingkat koefesien korelasi yang tinggi. Dan dapat disimpulkan Cosumer Relations BPJS Kesehatan memiliki peran penting untuk terus menciptakan kepuasan pasien.


Keywords


Customer Relations, BPJS, the Ministry of Health, Public Satisfaction

References


Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.

Mote, Frederik. 2008. Tesis: Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Pelayanan Publik di Puskesmas Ngesrep Semarang. Semarang: Pascasarjana UNDIP.

Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Sinambela, L. P. 2010. Reformasi Pelayanan Publik; Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yulianita, Neni. 2007. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas Islam.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3700

Flag Counter   Â