CITRA KEPEMIMPINAN RIDWAN KAMIL SEBAGAI WALIKOTA BANDUNG

Nur Amalia

Abstract


Pengertian mengenai Public Relations dilihat dari dua asoek,yakni secara harfiah dan secara prinsip. Secara harfiah, Public Relations merupakan gabungan dari dua buah kata, yaitu Public dan Relations. Public bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia mengandung arti “publikâ€, namun secara prinsip Public adalah sekelompok orang yang memiliki minat dan perhatian yang sama terhadap satu hal. Sedangkan Relations bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi hubungan-hubungan dalam arti menyangkut banyak hubungan. Dengan demikian pengertian Public Relations jika diambil dari makna harfiahnya yaitu hubungan-hubungan antar public atau singkatnya hubungan-hubungan publik.

Citra merupakan hasil evalusi dalam diri seseorang berdasarkan pengertian dan pemahaman terhadap rangsangan yang telah diolah, diorganisasikan dan disimpan dalam benak seseorang. Citra dapat diukur melalui pendapat, kesan atau respons seseorang dengan tujuan untuk mengetahui secara pasti apa yang ada dalam pikiran setiap individu mengenai suatu objek.

Kepemimpinan adalah sebuah hubungan yang saling mempengaruhi diantara pemimpinan dan pengikut (bawahan) yang menginginkan perubahan nyata yang mencerminkan tujuan bersamanya (Rost, 1993)

Metode yang diajukan untuk mengeskplroasi yaitu metode kualitatif karena, metode yang cukup pas adalah  kualitatif. Kualitatif adalah metode yang mengambarkan atau disebut dengan metoode naturalistik. Disebut kualitatif karena sifat data yang dikumpulkan yang bercorak kualitatif, bukan kuantitatif, karena tidak menggunakan alat-alat pengukur. Sehingga sangatlah berbeda cara pencarian datanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus keunikan dari studi kasus yang diambil mengenai Citra Kepemimpinan Ridwan Kamil Sebagai Walikota Bandung Pada Fenomena Komunitas Bobotoh Persib. Sedangkan studi kasus itu sendiri adalah studi yang menyelidiki suatu fenomena yang sedang terjadi.

Setelah mengetahui seluruh jawaban dari responden melalui wawancara, mengenai bagaimana Citra Kepemimpinan Ridwan Kamil Sebagai Walikota Bandung pada Fenomena Komunitas Bobotoh Persib. Persepsi atau pandangan mengenai citra kepemimpinan sangat berimbang setelah peneliti mewawancarai responden.

Kata Kunci : Citra, Kepemimpinan, Pendukung Persib


Keywords


citra,kepemimpinan,pendukung persib

References


Mulyana, Dedi. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pasolong, Harbani. 2008. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfabeta

Utomo, Warsito. 2008. Kepemimpinan Profesional Pendekatan Leadership Games. Jogyakarta: Gaya media

Mulyana, Dedi. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Yin, Robert k. 2003. Studi kasus : Disan dan Metode. M djauji mudjakir (penerjemah) Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Soemirat Soleh dan Ardianto Elvinaro. 2002. Dasar-dasar Public Relations. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Gramedia Utama

Sashkin, Marshall & Sashkin, Molly. G. 2011. Prinsip-prinsip Kepemimipnan. Jakarta : Erlangga

Utomo, warsito. 2008. Kepemimpinan Profesional Pendekatan Leadership Games. Jogjakarta : Gava Media

Nasution. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung : Tarsito




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.342

Flag Counter   Â