PEMAHAMAN PEDOMAN PERILAKU PEGAWAI PT. PLN (PERSERO)

Erdina Nuryasinta, Nova Yuliati

Abstract


Abstract. Public trust is a crucial factor for the development of the company. The loss of credibility of the company and the trust of stakeholders (stakeholders) can cause to lost of business opportunities, which in turn could threaten the company's sustainability. As the Company's State-Owned Enterprises (SOEs) in the field of electricity that serve communities throughout the country, PT PLN (Persero) is committed to provide the best electricity services and meet the standards of electricity with an effort that one of them makes the value of corporate governance culture in the form of a code of conduct of employee called IPPS consists of Integrity (Integritas), Caring (Peduli), Learners (Pembelajar) and Mutual Trust (Saling Percaya). The purpose of this study is to investigate and dig deeper into how the socialization process of IPPS behavioral guidelines among employees, as well as the extent to which employees understand. The result of this research consist of how many ways and activities done by the management of PT. PLN (Persero) P3BJB Area of Implementing and Maintenance in Karawang to socialize Code of Conduct with the result that determine the patterns of communication that exists within that environment.

 

Keywords: Code of Conduct, IPPS, socialization, Communication Pattern

 

Abstrak. kepercayaan publik merupakan faktor yang sangat menentukan bagi perkembangan perusahaan. Hilangnya kredibilitas perusahaan dan kepercayaan para pemangku kepentingan (stakeholders) dapat menyebabkan perusahaan kehilangan peluang bisnis, yang pada gilirannya dapat mengancam kelangsungan usaha perusahaan. Sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang kelistrikan yang melayani masyarakat di seluruh Nusantara, PT PLN (Persero) bertekad untuk memberikan pelayanan jasa ketenagalistrikan yang terbaik dan memenuhi standar ketenagalistrikan dengan upaya yaitu salah satunya membuat nilai tata budaya perusahaan yang berupa pedoman perilaku pegawai yang disebut IPPS terdiri dari Integritas, Peduli, Pembelajar dan Saling Percaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggali lebih dalam bagaiman proses soliasisasi pedoman perilaku IPPS dikalangan pegawai, serta sejauh mana pegawai memahaminya. Hasil Penelitian yang di dapat adalah banyak cara dan kegiatan yang dilakukam oleh management PT. PLN (Persero) P3BJB Area Pelaksana Pemeliharaan Karawang untuk mensosialisasikan Pedoman Perilaku sehingga dari hal tersebut diketahui bagaimana pola komunikasi yang terjalin dilingkungan tersubut.

 

Kata Kunci: Pedoman Perilaku,IPPS, sosialisasi, Pola komunikasi


Keywords


Pedoman Perilaku,IPPS, sosialisasi, Pola komunikasi

References


Herdiansyah Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif: untuk ilmu-ilmu sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

K.Yin, Robert. 2008. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta : PT Raja Grafindo Husada

Muhammad, Arni. 2002. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyana, Deddy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Cetakan ke-6. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pace, R. Wayne & Don F. Faules, Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan, Editor: Deddy Mulyana, Remaja Rosdakarya, Cetakan ketiga, Bandung, 2005.

Sumber lain:

http://www.pln.co.id/?p=2944

http:/id.m.wikipedia.org/wiki/Badan_Usaha_Milik_Negara




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.333

Flag Counter   Â