Pola Komunikasi Komunitas Leds Debating and Public Speaking

Siti Rohimah

Abstract


Lembaga belajar bahasa Inggris saat ini memang telah banyak hadir di berbagai tempat. Khususnya di kota-kota besar serperti Jakarta, Bandung, Yogya, Semarang, Surabaya dan lain sebagainya. Tetapi lembaga belajar tersebut tidak cuma-cuma, perlu biaya untuk dapat mengikuti kegiatan belajar di dalamnya. Lembaga belajar tadi umumnya juga menerapkan sistem belajar seperti pada sekolah umumnya. Di Bandung terdapat sebuah komunitas belajar bahasa Inggris dengan cara belajar yang berbeda dengan lainnya (sistem debat), gratis, siapapun bisa mengikutinya. Untuk mengetahui hal tersebut dilakukan penelitian yang berjudul “Pola Komunikasi Komunitas Leds Debating and Public Speaking. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi dalam Leds, mengetahui peristiwa komunikasi yang terjadi dalam Leds, mengetahui setting komunikasi dalam Leds. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif, maka pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan etnografi komunikasi. Dalam mendapatkan informasi dan data-data penelitian, peneliti menempuh cara yaitu melakukan observasi, wawancara mendalam, studi pustaka dan menjadi partisipan. Teknik analisa data yang digunakan penulis adalah analisis domain, analisis taksonomi dan analisis komponesial. Hasil penelitian ini adalah bahwa Pola komunikasi yang terjadi dalam Leds tidak baku, fleksibel mengikuti situasi belajar anggotanya. Peristiwa yang terjadi adalah kegiatan belajar bahasa Inggris yang dilakukan bersama dengan cara debat (informal) yang diselingi permainan. Setting kegiatan belajar komunitas Leds ada dua yaitu setting tempat dan waktu. Dimana setting tempatnya terkadang berpindah-pindah dan setting waktu umumnya sama pada akhir pekan di sore hari.

Keywords


Pola Komunikasi

References


Bungin, Burhan. Analisis Data Penelitian Kualitatif Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Pengusaan Model Aplikasi, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2003.

Gunawan, Ari. H. Sosiologi Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2000.

Hanurawan, Fattah. Psikologi Sosial Suatu Pengantar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.

H.P., Rosmawaty. “Mengenal Ilmu Komunikasiâ€,Bandung: Widya Padjadjaran, 2010.

Kuswarno, Engkus. Etnografi Komunikasi (Metode Penelitian Komunikasi): Suatu Pengantar dan Contoh Penelitiannya, Bandung: Widya Padjadjaran, 2008.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

P. Siagian, Sondang. Teori Motivasi Dan Aplikasinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, 2010.

Suryabrata, Sumardi. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2012.

UNISBA, Tim Fikom. Panduan Menyusun Skripsi, Usulan Penelitian, dan

Karya Ilmiah Fikom UNISBA, Bandung: Fikom UNISBA,




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3298

Flag Counter   Â