Strategi Perencanaan Corporate Social Responsibility Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat

Febby Purnama loka

Abstract


Di Indonesia, Corporate Social Responsibility menjadi salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh perusahaan sesuai dengan isi Pasal 74 UU No. 40 Perseroan Terbatas (UUPT) yang telah disahkan Dewan Perwakilan Rakyat pada bulan Juli 2007. Selain menjadi tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat, Corporate Social Responsibility dipahami sebagai suatu wahana yang dapat dipergunakan untuk mencapai tujuan pembangunan masyarakat yang berkelanjutan. Aktivitas Corporate Social Responsibility diharapkan dapat memenuhi kepentingan para stakeholders apakah itu  stakeholders yang berada di dalam maupun di luar perusahaan.

Penelitian ini dilakukan oleh Febby Purnama Loka bidang kajian Public Relations 2015. Judul penelitian ini adalah “Strategi Perencanaan Corporate Social Responsibility PT. PJB dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sosialâ€. Adapun tujuannya adalah untuk menetahui situiasi, penetapan tujuan, definisi khalayak, pemilihan media dan tekhnik Public Relations, perencanaan anggaran dan pengukuran yang dilakukan public relations PT. Pembangkit Jawa-Bali Unit Cirata.

Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan data kualitatif. Data yang digunakan adalah wawancara  dan studi kepustakaan. Key informan dalam penelitian ini adalah Ibu Malisa Rosadi sebagai Humas dan Corporate Social Responsibility Officer PT Pembangkit Jawa-Bali Unit Cirata.

Hasil dari penelitian ini, menunjukan bahwa strategi perencanaan Corporate Social Responsibility PT. Pembangkit Jawa-Bali langkah-langkahnya mampu menjadikan kegiatan Corporate Social Responsibility berupa program pelatihan menjahit sebagai program kegiatan dalam membantu meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat. Kegiatan CSR yang dikelola oleh PT.PJB juga dapat meningkatkan citra perusahaan dikhalayak masyarakat, sehingga melalui strategi perencanaan yang tepat dapat diraih target yang komprehensif

Keywords


Corporate Social Resnponsibility, CSR, Deskriptif data Kualitatif



DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3293

Flag Counter   Â