REPRESENTASI LOGO HERBALIFE SEBAGAI SIMBOL KESEHATAN (Studi Kualitatif dengan Pendekatan Analisis Semiotika Charles S. Peirce)

Augusto Ardy Anggoro

Abstract


Herbalife merupakan food supplement (makanan tambahan) yang membantu memenuhi kebutuhan gizi secara optimal dengan konsep nutrisi seluler (Celluler Nutrition Technology). Dengan programnya yang dinamakan Shapeworks, Herbalife merupakan produk yang telah dipercaya selama 29 tahun, dengan lebih dari 65 juta pelanggan di lebih dari 69 negara di dunia. Konsep ini sangat tepat untuk mereka yang selama ini merasa sulit menjaga kesehatan, sulit mengontrol rasa lapar, atau selalu merasa punya keinginan untuk makan.

Tujuan dari penelitian ini guna untuk mengetahui makna dari logo Herbalife. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Di mana penelitian akan menjelaskan analisis semiotika dengan menggunakan teori dari Charles S. Pierce yaitu mengenai makna dari sebuah tanda yakni Ikon, Indeks dan Simbol. Semiotika adalah berupaya untuk menemukan tanda-tanda yang memliki arti serta mengetahui sistem tanda seperti bahasa, gerak, musik, gambar dan lain sebagainya.

Penelitian ini meneliti mengenai Logo Herbalife. Logo pada umumnya digunakan untuk menjelaskan tanda-tanda, lambang, simbol, merek dagang, dan lain-lain. Logo pada awalnya memiliki bentuk yang sangat sederhana yaitu berbentuk satu kode yang terdiri dari sebuah huruf, kemudian menjadi sebuah desain yang terdiri dari dua atau lebih huruf yang digabungkan (monogram). Kode tersebut bisa saja semuanya terdiri dari huruf-huruf yang membentuk nama, inisial, atau nama depan dari seseorang untuk dipergunakan pada benda-benda pribadi, lambang kekuasaan, lambang agama, alat perdagangan, dan lain-lain.


Keywords


Semiotika, Logo, Ikon, Indeks, dan Simbol.

References


Dillistone F.W, 2006 The Power of Symbols, Pustaka Filsafat, Yogyakarta:

Kanisius.

Elvinaro & Soleh Soemirat, 2010 Dasar-dasar Public Relations, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kriyantono Rachmat, 2012 Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Maleong, Lexy J, 2011 Metodologi Penelitian Kualitatif , Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana Deddy, 2011 Ilmu Komunikasi Suatu pengantar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rakhmat Jalaluddin, 2012 Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sobur Alex, 2009 Semiotika Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3240

Flag Counter   Â