Strategi Komunikasi Digital Bawaslu Daerah dalam Pencegahan Pelanggaran Pilkada Kota Depok 2020

Tania Putri Juliani, Eugenius Kau Suni

Abstract


Abstract. Digital technology in Indonesia has developed in the form of social media, in this new era social media has become a major necessity in social life in society, in fact they can easily get information about anything through digital media. Indonesia is a country that upholds democracy, therefore digital media is also often used for political purposes. The purpose of this research is to find out the digital strategy carried out by the Election Supervisory Agency (Bawaslu) Depok City in preventing election violations. The research method used in this study is a qualitative method. The results of this study indicate that the role of digital media is very effective and efficient in preventing violations and facilitating the work of election supervisors so that elections with integrity can be created.

Abstrak. Teknologi digital di Indonesia sudah berkembang dalam bentuk media sosial, di era baru seperti ini media sosial sudah menjadi keperluan utama dalam kehidupan sosial di masyarakat, sejatinya mereka dengan mudah mendapatkan informasi mengenai apapun melalui media digital. Indonesia adalah negara yang menjunjung tinggi demokrasi maka dari itu media digital juga sering kali digunakan untuk kepentingan berpolitik. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah guna mengetahui strategi digital yang dilakukan lembaga Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok dalam pencegahan pelanggaran pemilu. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran media digital sangat efektif dan efesien dalam melakukan pencegahan pelanggaran dan mempermudah pekerjaan pengawas pemilu sehingga dapat terciptanya pemilu atau pilkada yang berintegritas.


Keywords


Media Digital, Bawaslu, Pencegahan, Pilkada.

Full Text:

PDF

References


Anwar, R. K., & Rusmana, A. (2017). Komunikasi Digital Berbentuk Media Sosial dalam Meningkatkan Kompetensi Bagi Kepala, Pustakawan, dan Tenaga Pengelola Perpustakaan (Studi kasus pada Sekolah/Madrasah di Desa Kayu Ambon, Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat). Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(3), 204–208.

Badan Pengawas Pemilihan Umum. (2019). Sistem Pengawasan Pemilu. 9.

Darwinsyah, M. (2018). Analisa Pengaruh Strategi Komunikasi Csr Melalui Media Sosial Terhadap Reputasi Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Consumer Goods Di Indonesia). Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 3.

Farid, M. M., & Ari, M. (2021). Efektivitas Media Sosial Dalam Penyebarluasan Informasi Pembangunan Pemerintah Kabupaten Banyuasin. 95–106.

Febriansyah, A., Studi, P., Pemerintahan, I., Syariah, F., Islam, U., Sulthan, N., & Saifuddin, T. (2020). Strategi Badan Pengawas Pemilihan Umum Dalam Meningkatkan Kinerja Panitia Pengawas Kec. Alam Barajo Kota Jambi. April 2019.

Gita Widiasanty, I. (2018). Strategi Manajemen Komunikasi Mempertahankan Reputasi. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 3.

Harminus. (2017). Strategi Komunikasi Bawaslu Jabar Dalam Menjaga Netralitas Aparatur Sipil Negara Pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2015.

Haryono Triono, Ryan Anditya, A. (2019). Helpdesk Aplication Android Based For Computer Service Management. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nuna, M. (2019). Kebebasan Hak Sosial- Politik Dan Partisipasi Independency of Social-Political Rights and Participation of Citizen in Democratic System in. Jurnal Ius Constituendum, 4, 110–127.

Pratama, R. A. (2019). Upaya Bawaslu Kota Samarinda Dalam Legislatif Serta Pemilu Presiden. 7(3), 1311–1324.

Purwanto, R. K. R. dan D. (2019). Kedudukan Bawaslu dalam Pengawasan dan Pencegahan Tindak Pidana Pemilu Berdasarkan Undang- Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. 1–8.

Sudarman, A. (2019). Strategi Komunikasi Untuk Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Dalam Membayar Zakat Maal. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 35–54.

Suryana, A. (2007). Tahap-Tahapan Penelitian Kualitatif. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 5–10.

Tanzeh, A., & Arikunto, S. (2014). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 22–34.

Wati, L. (2020). Strategi Komunikasi Bawaslu Kota Tangerang Dalam Upaya Penindakan Pelanggaran Kampanye Pemilihan Presiden 2019. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(1)(1), 148–158




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31782

Flag Counter