Strategi Public Relations PT. Neural Technologies Indonesia dalam Membangun Brand Image

Intan Sari Januari, Gita Widiasanty

Abstract


Abstract. Established in 2007, PT. Neural Technologies Indonesia (NTI) is a company in the field of Information Technology. PT. Neural Technologies Indonesia consists of a team that is passionate and aims to improve the life of every individual through integrated products. The lack of public awareness has made PT. Neural Technologies Indonesia has not become top of mind in the business sector and has not maximized the use of digital media such as social media which also makes it difficult to obtain complete information about PT. Neural Technologies on search engines. The research was conducted to know the strategies used by PT. Neural Technologies Indonesia (NTI) public relations on building a brand image, and find out how PT. Neural Technologies Indonesia (NTI) faces obstacles in building a brand image. This study uses a method with a qualitative approach and the type of descriptive research. Data were collected using in-depth interviews, literature study, and documentation. The results of this study found that the public relations role of PT. Neural Technologies is a marketing communication team, and PT. Neural Technologies is focused on improving quality and growing the company. The public relations strategy used is to build awareness of PT. Neural Technologies using the website, carry out corporate social responsibility by holding a Bootcamp to help outstanding and underprivileged students, and also use word of mouth from the manpower from PT. Neural Technologies to give a positive image to consumers/clients. The challenges and obstacles faced by PT. Neural Technologies by providing maximum and satisfying work results and trying to maintain good communication and relationships with consumers/clients.

Abstrak. Berdiri sejak tahun 2007, PT. Neural Technologies Indonesia (NTI) adalah perusahaan di bidang Teknologi Informasi. PT. Neural Technologies Indonesia terdiri dari tim yang bersemangat dan bertujuan untuk meningkatkan kehidupan setiap individu melalui produk yang terintegrasi. Masih kurangnya awareness masyarakat membuat PT. Neural Technologies Indonesia belum menjadi top of mind di bidang usaha, dan belum memaksimalkan penggunaan media digital seperti media sosial juga menyebabkan sulitnya mendapatkan informasi lengkap mengenai PT. Neural Technologies di search engine. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan public relations PT. Neural Technologies Indonesia (NTI) dalam membangun brand image, dan mengetahui bagaimana PT. Neural Technologies Indonesia (NTI) menghadapi hambatan dalam membangun brand image. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara mendalam (depth interview), studi kepustakaan serta dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa yang menjalankan peran public relations PT. Neural Technologies adalah team marketing communication, dan PT. Neural Technologies sedang berfokus pada peningkatan kualitas dan membesarkan perusahaan. Strategi public relations yang digunakan adalah membangun kesadaran akan PT. Neural Technologies menggunakan website, melakukan corporate social responsibility dengan mengadakan bootcamp untuk membantu siswa-siswi berprestasi dan kurang mampu, dan juga menggunakan word of mouth dari manpower yang dimiliki PT. Neural Technologies untuk memberikan image positif pada konsumen/ klien. Tantangan dan hambatan yang ada dihadapi PT. Neural Technologies dengan memberikan hasil pekerjaan yang maksimal dan memuaskan dan berusaha untuk menjaga komunikasi serta hubungan baik dengan konsumen/ klien.


Keywords


Public Relations, Brand Image, Word of Mouth, Corporate Social Responsibility.

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Arkian, M. R. N., Drajat, M. S., & Ahmadi, D. (2018). Peran Public Relations dalam Film Hancock. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 3(2), 145. https://doi.org/10.33376/ik.v3i2.214

Berlian, E. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.

Ferrinadewi, E. (2008). Merek dan Psikologi Konsumen, Implikasi pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu.

Firmansyah, M. A. (2020). Buku Komunikasi Pemasaran (Issue July).

Haryono, G. (2020). Ragam Metode Penelitian Kualitatif Komunikasi. Jejak Publisher.

Oktavia, P., & Sudibyo, A. (2020). Pengaruh Sosialisasi Pemilu 2019 Terhadap Tingkat Pengetahuan Pemilih Pemula Sman 1 Depok. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 2(2).

Prasetyo, A. H. (2017). Strategi Public Relation Dalam Meningkatkan Pelayanan Pada Organisasi Publik. Jurnal Administrasi, Manajemen Dan Kependidikan, 4.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif [Qualitative Data Analysis]. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81.

Ruliana, P. (2016). Komunikasi Organisasi Teori dan Studi Kasus (EDISI KEDU). PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodelogi Penelitian. Literasi Media.

Smith, R. D. (2005). Stategic Planning for Public Relations. Lawrence Erlabaum Associates, Inc.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodelogi penelitian (lengkap, praktis, dan mudah dipahami). Pustaka Baru.

Susanto, A. S., & Setyanto, Y. (2020). Strategi Public Relations SmartSpin PR dalam Membangun Brand Image Klien (Studi Pada Re:ON comics). Prologia, 3(2), 320.

Tamara, J., & Setyanto, Y. (2019). Strategi Public Relations dalam Membangun Brand Image Jamu (Studi pada Suwe Ora Jamu Kedai Jamu & Kopi). Prologia, 2(2), 377.

Wijaya, I. S., & Al Amin, M. (2020). Strategi Public Relations dalam Pengembangan Brand Image Sekolah di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Kota Samarinda. Lentera, 4(2), 152–169.

Yosephine, M., & Diniati, A. (2021). Strategi public relations Sinar Mas Land dalam membangun brand image perusahaan. PRofesi Humas Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 5(2), 208.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31777

Flag Counter