Strategi Public Relations terhadap Keputusan Pembelian Produk Philips Audio di Indonesia
Abstract
Abstract. The purpose of this research is to find out how much influence the strategy carried out by Public Relations (PR) on a decision on the purchase of Phillips Audio products in Indonesia. This study refers to the Public Relations Strategy theory of (Keller, 2012) which is characterized as a free variable (X) and a purchase decision from (Aaker, 2014), as a bound variable (Y). This research method is quantitatively explanative, which explains the influence on other variables through hypothesis testing. Data collection is taken by nonprobabilty sampling method using Convenienced sampling technique, which is a procedure in the selection of samples based on the people who are easiest to find. Data collection starts from angket retrieval, online questionnaires, data analysis, data interpretation, and conclusions. Primary data in the form of questionnaires on the likert scale model with a sample number of 98 people from a population of 3. 323 people using the formula Taro Yamane. Statistical analysis and data processing in this study used SPSS version 20.0. The results of this study showed a strong and significant influence between the existence of Strategi Public Relations in the face of a Decision of the Purchase.
Abstrak. Tujuan riset ini adalah agar dapat mengetahui berapa besarkah adanya pengaruh dari strategi yang dilakukan oleh Public Relations (PR) terhadap suatu keputusan pada pembelian produk Phillips Audio yang ada di Indonesia. Penelitian ini merujuk pada teori Strategi Public Relations dari (Keller, 2012) yang ditandai sebagai variable bebas (X) dan Keputusan pembelian dari (Aaker, 2014), sebagai variable terikat (Y). Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif, yang menjelaskan pengaruh terhadap variabel lainnya melalui pengujian hipotesis. Pengambilan data diambil dengan metode nonprobabilty sampling dengan menggunakan teknik Convenienced sampling, yaitu suatu prosedur dalam pemilihan sampel yang berdasarkan dari orang-orang yang paling mudah ditemui. Pengumpulan data dimulai dari pengambilan angket, kuesioner online, analisis data, interpretasi data, dan kesimpulan. Data primer berupa angket pada model skala likert dengan jumlah sampel sebanyak 98 orang dari populasi sebanyak 3.323 orang dengan menggunakan rumus Taro Yamane. Analisis statistik dan pengolahan data dalam penelitian ini memakai SPSS versi 20.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya suatu pengaruh yang kuat dan signifikan antara adanya Strategi Public Relations terhadap suatu Keputusan dari Pembelian.
Keywords
References
Akira, A. P., & Sudibyo, A. G. (2020). Pengaruh Kegiatan Complaint Handling Terhadap Loyalitas Pelanggan. Inter Community: Journal Of Communication Empowerment | Vol. 2, No. 1, Th 2020, 1-15 P-Issn: 2715-8144 E-Issn: 2715-8152, 2(1), 1–15.
Andries, K. E., Lengkong, V. P. K., & Loindong, S. S. R. (2016). Pengaruh Public Relation Dan Strategi Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Samsung S5. Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(02), 207–217.
Andrini, S. (2018). Peran Csr Awards Dalam Komunikasi Antar Budya. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 3, 30–44.
Angkie, Sari, Nowiani; Tonoto, Rosalina, S. (2010). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Equity Pada Brand Fashion Zara , H & M , Pull & Bear , Dan Stradivarius Di Surabaya. Agora, 9(4), 197–212.
Arlena, W. M. (2020). Strategi Hubungan Masyarakat Kementerian Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia Dalam Menyosialisasikan Program Kredit Usaha Rakyat Melalui Media Sosial. Avant Garde, 8(1), 91. Https://Doi.Org/10.36080/Ag.V8i1.1014
Bungin, B. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Cutlip, Scott M., A. H. C. Dan G. M. B. (2006). Effective Public Relations, Edisi 9 (Ke Dua). Jakarta: Kencana.
D Nicol. Dan Anak. (2017). Followers Ratio On Instagram Affects The Product ’ S Brand Issn 2206-480x Followers Ratio On Instagram Affects The Product ’ S Brand Awareness.
David, R. (2011). Strategic Management Manajemen Strategi Konsep.
Herfianto, P. (2020). Philips Luncurkan Empat Perangkat Audio Nirkabel Canggih Di Indonesia. Retrieved December 17, 2021, From Gizmologi.Id Website: Https://Gizmologi.Id/News/Philips-Indonesia-Empat-Perangkat-Audio/
Istanti, E. (2021). Effect Of E-Commerce , Public Relations And Customer Relationship Management On Purchase Decisions ( Case Study Of Oppo Brand Smartphone Users In Wtc Surabaya ). 2021(3), 1089–1098.
Jeklin, A. (2016). Pengaruh Strategi Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Lampu Philips Led Pada Pt.Philips Indonesia Tahun 2015. (July), 1–23.
Kairupan, D. J. I., & Yovanda, O. A. (2021). Pengaruh Public Relation, Advertising, Dan Word Of Mouth Terhadap Brand Awareness Produk Umkm: Studi Kasus Pada Toko X Cake And Bakery. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(1), 1. Https://Doi.Org/10.21460/Jrmb.2021.161.367
Keller, P. K. Dan K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (Ke-12). New Jersey: Indeks.
Kurnyawati, M. (2014). Pengaruh Iklan Terhadap Brand Awareness Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi (Fia) Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Angkatan 2012-2013 Yang Menggunakan Produk Sabun Mandi Merek Lifebu. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 16(1), 84972.
Kustiny, H. (2017). Communication Skill. Https://Doi.Org/Https://Opac.Perpusnas.Go.Id/Detailopac.Aspx?Id=1143485
Rahmadani, F., & Andrini, S. (2021). Strategi Public Relations Dalam Membangun Citra Perusahaan Melalui Pameran Indonesia International Motor Show (Iims). Jurnal Audience, 4(01), 38–59. Https://Doi.Org/10.33633/Ja.V4i01.4203
Riyanto, A. D. (2021). Hootsuite (We Are Social): Indonesian Digital Report 2021. Retrieved December 13, 2021, From We Are Social Website: Https://Andi.Link/Hootsuite-We-Are-Social-Indonesian-Digital-Report-2021/
Sari, D. N., Noorlitaria, G., & Asnawati, A. (2018). Pengaruh Public Relation Dan Strategi Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Samsung Galaxy. Jurnal Manajemen, 10(1), 14. Https://Doi.Org/10.29264/Jmmn.V10i1.2089
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif (Alfabeta, Ed.). Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31761
  Â