Pengaruh Promosi pada Media Sosial TikTok terhadap Brand Awareness Tiket.com

xenia lestiani, Gita Widiasanty

Abstract


Abstract. Along with the development of technology, internet facilities are also developing as a medium to find and disseminate information easily and quickly. TikTok is one of the social media used for promotion, and Tiket.com is one of the travel agents using this facility. TikTok is an application that has Ads features that can be used to maximize the distribution of content created and Tiket.com is one of the travel business companies that uses social media as a reference tool for potential consumers in finding travel information. Through TikTok social media, Tiket.com promotes various information about tourism and travel references. This study aims to find out how much influence promotion on TikTok social media has on the Tiket.com brand awareness. This research method uses quantitative associative with simple linear regression technique. For sampling, a non-probability sampling technique was used with purposive sampling type. Data collection technique by distributing questionnaires via google form to 99 respondents who follow @Tiket.com account on TikTok, at October 26, 2021. The results of research that has been carried out, show the effect of TikTok social media promotion on Tiket.com brand awareness by 77.9%, and it was concluded that TikTok's social media promotion of Tiket.com's brand awareness was effective and significant. So it is hoped that further research can produce significantly larger numbers than this study

Abstrak. Seiring dengan perkembangan teknologi, berkembang juga fasilitas internet sebagai media untuk mencari dan menyebarkan informasi dengan mudah dan cepat. TikTok adalah salah satu media sosial yang digunakan untuk promosi, dan Tiket.com adalah salah satu agen perjalanan menggunakan fasilitas tersebut. TikTok adalah merupakan aplikasi yang memiliki fiturAds yang bisa digunakan untuk memaksimalkan distribusi konten yang dibuat dan Tiket.com adalah salah satunya perusahaan bisnis perjalanan yang menggunakan media sosial sebagai alat referensi untuk para calon konsumen dalam mencari infomasi perjalanan (travel). Melalui media sosial TikTok, Tiket.com mempromosikan berbagai referensi wisata serta perjalanan. Penelitian ini mempunyai tujuan mencari seberapa besar pengaruh promosi pada media sosial TikTok terhadap brand awareness Tiket.com. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif asosiatif dengan teknik regresi linier sederhana. Untuk pengambilan sampel digunakan teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Teknik pengambilan data dengan menyebarkan kuisioner melalui google form kepada 99 responden yang memfollow akun TikTok @Tiket.com, Pada bulan 26 oktober 2021. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan pengaruh promosi media sosial TikTok terhadap brand awareness Tiket.com sebesar 77,9 % dan disimpulkan bahwa promosi media sosial TikTok terhadap brand awareness Tiket.com sudah efektif dan signifikan. Sehingga diharapkan penelitian selanjutnya dapat menghasilkan angka signifikan yang lebih besar dari penelitian ini.


Keywords


Brand Awareness, Promosi Media Sosial, TikTok, Tiket.com.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31744

Flag Counter