Pengaruh Komunikasi Organisasi terhadap Turn Over Intention Karyawan
Abstract
Abstract. The development of the era of globalization during the current pandemic requires entrepreneurs to advance their business activities. Organizations need a touch of active communication to foster community participation. All communication activities are part of Public Relations. Public Relations in the organization is an integral part that cannot be separated from an institution or organization. Organizational communication has an important role in understanding the behavior of each employee, the perusahaan pays attention to all aspects that can influence employee decisions to change jobs (turnover intention). This study aims to find out the effect of organizational communication on turnover intention. The theory used in this study is the theory of organizational communication according to Pace and Faules with dimensions of downward communication, upward communication, horizontal communication, and cross-channel communication as well as the turnover intention theory by Lum et all which has dimensions of intention to quit, job search, and thinking of quitting. This research is a quantitative research, the method used in order to aim to collect data using a survey, the technique of sampling is saturated sampling. The sample studied was 45 people. The analytical method used in this research is statistical analysis and the SPSS program used for processing. The results showed that there was a strong influence between the organizational communication variable (X) and the turnover intention variable (Y).
Abstrak. Perkembangan era globalisasi dimasa pandemic saat ini mengharuskan para pengusaha untuk memajukan aktivitas usaha mereka. Organisasi membutuhkan sentuhan komunikasi aktif untuk menumbuhkan partisipasi masyrakat. Segala aktivitas komunikasi tersebut merupakan bagian dari Public Relations. Public Relations dalam organisasi merupakan bagian integral yang tidak dapat dipisahkan dari suatu kelembagaan atau organisasi. Komunikasi Organisasi memiliki peran penting dalam memahami perilaku setiap karyawan, perusahaan memberikan perhatian terhadap segala aspek yang dapat mempengaruhi keputusan karyawan untuk pindah kerja (turnover intention). Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh komunikasi organisasi terhadap turnover intention. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi organiasasi menurut Pace dan Faules dengand dimensi komunikasi ke bawah, komunikasi ke atas, komunikasi horizontal, dan komunikasi lintas saluran serta teori turnover intention oleh Lum et all yang memiliki dimensi intention to quit, job search, dan thinking of quit. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, metode yang digunakan dalam rangka bertujuan untuk mengumpulkan data menggunakan survey, teknik dalam pengambilan sampel adalah dengan sampling jenuh. Sampel yang diteliti sebanyak 45 Orang. Metode analisis yang dipakai dalam penelitian ini adalah analisa statistik serta program SPSS yang dipakai untuk pengolahannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang kuat antara variabel komunikasi organiasasi (X) dengan variabel turnover intention (Y).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bungin Burhan. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Edi, F. (2021, July 21). Pentingnya Peran Humas Dalam Organisasi. Tribatanews, P. 1. Retrieved From Https://Tribratanews.Kepri.Polri.Go.Id/2021/07/20/Pentingnya-Peran-Humas-Dalam-Organisasi/
Ghazali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.0. Universitas Diponegoro. Semarang.
Hidayat, A. S. (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Dan Turnover Intention. Jurnal Manajemen Dan Pemasaran Jasa, 11(1), 51. Https://Doi.Org/10.25105/Jmpj.V11i1.2516
Ikhsan, U., & Hati, S. W. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Turnover Intention Karyawan Di Pt. Abc Batam. (March).
Ishak, A. (2012). Peran Public Relations Dalam Komunikasi Organisasi. Jurnal Aspikom, 1(4), 373. Https://Doi.Org/10.24329/Aspikom.V1i4.38
Kartono. (2017). Personality, Employe Engangement, Emotional Intellegence, Job Burnout Pendekatan Dalam Melihat Turnover Intention. Yogyakarta: Cv. Budi Utama.
Krisyantono, R. (2016). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana.
L. Mathis, Robert & H. Jackson, J. (2011). Human Resource Management (Edisi 10). Jakarta: Salemba Empat.
Mufarrikoh, Z. (2020). Statistika Pendidikan (Konsep Sampling Dan Uji Hipotesis). Surabaya: Cv. Jakad Media Publishing.
Muslim. (2016). Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, Dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu Komunikasi. Wahana, 1, No.10(10), 77–85. Retrieved From Https://Journal.Unpak.Ac.Id/Index.Php/Wahana/Article/View/654
Mutuku, C. K., & Mathooko, P. (2014). Effects Of Organizational Communication On Employee Motivation: A Case Study Of Nokia Siemens Networks Kenya. International Academic Journal Of Information Sciences And Project Management, 1(3), 28–62. Retrieved From Www.Iajournals.Org
Pace, R. W. Dan D. F. F. (2015). Komunikasi Organisasi, Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Mulyana, Ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Pace, R. W. Dan F. (2015). Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.
Ruliana, P. (2016). Komunikasi Organisasi Teori Dan Studi Kasus (2nd Ed.; Y. Sudaryat, Ed.). Depok: Pt Raja Grafindo Persada.
Sanjeev, M. A. (2017). Impact Of Individual And Employment Variable On Job Satisfaction & Turnover Intention Among Sales And Marketing Professionals. Procedia Computer Science, 122(June), 55–62. Https://Doi.Org/10.1016/J.Procs.2017.11.341
Sinabela, L. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia: Membangun Tim Kerja Yang Solid Untuk Meningkatkan Kinerja. Jakarta: Pt Bumi Aksara.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D.
Sutrisno. (2013). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Dimediasi Oleh Kerja. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 16–30.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31724
  Â