Pengaruh Word of Mouth dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi

Fazri Hidayah, Ahmadi Ahmadi

Abstract


Abstract. Xiaomi is a private electronics company from China headquartered in Beijing and founded in 2010, it quickly became known to the world and became a well-known company today, with products made to meet our daily needs. This research discusses the influence of Word Of Mouth and Brand Image on Purchasing Decisions. The purpose of this research, among others, is to see the effect of the simultaneous influence of Word Of Mouth and Brand Image on Purchasing Decisions. The type of research used in this study is Eksplantory Research. With a survey method through a quantitative approach. The research was conducted on smartphone users in the Radio Dalam area, South Jakarta. The research time was from December to February 2020. The sample in this study used 80 smartphone users. The technique used in data collection this time is to use a questionnaire via a google form. The calculation in this study uses SPSS to calculate and analyze data. The results showed that the Word Of Mouth and Brand Image simultaneously had a positive and significant effect on purchasing decisions.

Abstrak. Xiaomi merupakan perusahaan elektronik swasta dari Tiongkok, berkantor pusat di Beijing dan didirikan pada tahun 2010.  Dengan cepat Xiaomi dikenal oleh dunia dan menjadi perusahaan ternama sampai sekarang, dengan produk yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan kita sehari- hari. Penelitian ini membahas tentang pengaruh word of mouth dan brand image terhadap keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh word of mouth dan brand image secara simultan terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian adalah exsplantory research, dengan metode survei melalui pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan kepada pengguna smartphone di wilayah Radio Dalam, Jakarta selatan. Waktu penelitian mulai dari Desember sampai dengan Februari 2020. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 orang pengguna smartphone. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form. Penghitungan dalam penelitian ini menggunakan SPSS untuk menghitung dan menganalisa data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa word of mouth dan brand image secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.


Keywords


Word Of Mouth, Brand Image, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Apsari Wahyu Kurnianti (2017) ‘Komunikasi Pemasaran Transportasi Online NGuberJEK’, Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media.

Dessyana, C. J. (2013) ‘Store Atmosphere Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Texas Chicken Multimart II Manado’, Jurnal EMBA.

Hasugian, J. T. M. (2015) ‘Pengaruh Brand Identity Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Image dan Brand Trust’, Jurnal Administrasi Bisnis.

Iknesya Rahma Finanda (2017) ‘Pengaruh Word Of Mouth Dan Brand Image Terhadap Keputusan Penggunaan Salon Kecantikan Pada Konsumen Mil Off Beauty Bar’, Jurnal Ilmiah WIDYA Ekonomika.

Ikzal, I. (2017) ‘Pola komunikasi pemustaka dan pustakawan di sma Negeri 1 Wakorumba Selatan Kabupaten Muna’, Journal of Chemical Information and Modeling.

Joesyiana, K. (2018) ‘PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MEDIA ONLINE SHOP SHOPEE DI PEKANBARU’, Valuta.

Khilda Fauziyah Aghniya (no date) PENGARUH LOKASI DAN WORD OF MOUTH (WOM) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Bandung. Available at: http://repository.unpas.ac.id/43390/.

Lestari, S. P. (2015) ‘Hubungan Komunikasi Pemasaran Dan Promosi Dengan Keputusan Memilih Jasa Layanan Kesehatan’, Jurnal Interakasi.

Musay, F. P. (2013) ‘Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian’, Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.

Nawangsari, S. and Pramesti, W. N. (2017) ‘Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Layanan, dan Keamaan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Tokopedia.com)’, Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia. doi: 10.31843/jmbi.v4i3.131.

Olivia, J. and Nurfebiaraning, S. (2019) ‘Pengaruh Video Advertising Tokopedia Versi “Jadikan Ramadhan Kesempatan Terbaik” Terhadap Respon Afektif’, Lontar.

Rahmi Pratiwi, Y. (2017) ‘Pengaruh Word of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Boardgame Lounge Smart Cafe Pekanbaru’, Jurnal Online Mahasiswa Fisip.

Ruhamak, M. D. and Rahayu, B. (2017) ‘Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Dynamic English Course Pare’, Ekonika: Jurnal ekonomi universitas kadiri. doi: 10.30737/ekonika.v1i2.14.

Sarastuti, D. (2017) ‘Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova’, Visi Komunikasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v8i1.31699

Flag Counter   Â