Makna Media Sosial bagi Profesi Public Relations Perguruan Tinggi

Raden Putri Rahmah Pramudita Surasetja, Neni Yulianita

Abstract


Media sosial adalah media untuk interaksi sosial dengan menggunakan teknik komunikasi yang sangat mudah. Media sosial adalah penggunaan teknologi berbasis web dan mobile untuk mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif. Media sosial menjadi saluran tambahan bagi aktivitas profesi Public Relations untuk berkomunikasi dan menjangkau publiknya lebih luas. Seorang profesi Public Relations pasti menggunakan lebih dari satu media sosial untuk menunjang aktivitasnya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif profesi Public Relations di perguruan tinggi dalam menggunakan media sosial, makna media sosial dalam membantu aktivitas profesi Public Relations di perguruan tinggi, profesi Public Relations perguruan tinggi memaknai publik di media sosial, profesi Public Relations perguruan tinggi memaknai citra dan reputasi yang dibangun melalui media sosial, dan profesi Public Relations perguruan tinggi memaknai kritik yang disampaikan melalui media sosial. Metode yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.

Berdasarkan hasil penelitian, media sosial merupakan media yang paling efektif untuk kampanye dan paling membantu aktivitas Public Relations. Media sosial yang banyak digunakan banyak orang ini bisa menjangkau semua publik yang dibutuhkan, menjadi media publikasi yang informasinya sangat cepat, dan media sosial diharapkan bukan sekedar media untuk tanya jawab saja. Banyak aktivitas Public Relations sangat terbantu dengan adanya media sosial.


Keywords


makna, media sosial, Public Relations

References


Mulyana, Deddy. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurudin. 2012. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers.

http://id.techinasia.com/laporan-pengguna-website-mobile-media-sosial-indonesia/ diakses pada Selasa, 21 April 2015 pukul 05.18

https://id.wikipedia.org/wiki/Motif_%28psikologi%29 diakses Selasa, 26 Januari 2016 pukul 5.33 WIB

https://imultidimensi.wordpress.com/2010/07/20/teknologi-teknologi-komunikasi-dan-teknologi-informasi/ diakses pada Jumat, 8 Januari 2016 pukul 14.56 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3149

Flag Counter   Â