Komunikasi Organisasi Museum Geologi dalam Upaya Mewujudkan Efektivitas Komunikasi Pimpinan

Lolyta Chantika Parama, Nani Sunarsih

Abstract


Komunikasi Organisasi terjadi dalam suatu organisasi, bersifat formal dan juga informal, dan berlangsung dalam jaringan yang lebih besar daripada komunikasi kelompok. Penelitian ini membahas mengenai komunikasi organisasi di Museum Geologi dalam upaya mewujudkan efektivitas komunikasi pimpinan adapun tiga aspek yang dibahas oleh peneliti adalah Upward Communication, Downward Communication, dan juga Horizontal Communication yang terjadi di Museum Geologi. Kepemimpinan adalah kemamupuan untuk mempengaruhi suatu kelompok kearah tercapainya tujuan. Sumber dari pengaruh ini bisa formal, seperti misalnya yang disediakan oleh pemilikan peringkat manajerial dalam suatu organisasi. Di Museum Geologi sendiri banyak pelaksanaan komunikasi yang  dilakukan untuk berkomunikasi dengan atasan , bawahan, ataupun antara karyawan yang setara, baik itu melalui memo ataupun  rapat bersama dengan pimpinan.


Keywords


Komunikasi Organisasi, Efektivitas Komunikasi, Kepemimpinan

References


Danim, Sudarwan. 2012. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Robbins, S.P. 2002. perilaku organisasi. Hadyana Pujaatmaka. Jilid Dua. Jakarta : Ikrar Mandiriabadi.

Robbins, Stephen P dan Timothy A. Judge. 2015. Perilaku Organisasi. Ratna Saraswati dan Febriella Sirait. Jakarta : Salemba Empat.

Sedarmayanti. 2011. Membangun dan Mengembangkan Kepemimpinan Serta Meningkatkan Kinerja Untuk Meraih Keberhasilan. Bandung : PT Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3112

Flag Counter   Â