Peranan Komunikasi Kelompok Sekoper Cinta dalam Menumbuhkan Kewirausahaan

Ervita Fauziah, Nova Yuliati

Abstract


Abstract— This article are backgrounded by inequality of development in West Jawa and there is a lot of stigma that married women are just taking care of children and doing housework so that there’re injustices that affect policies and social activities. So that the Governor of West Java initiated Sekoper Cinta, one of the areas which is implementing the program is West Bandung Regency, because the region has a fairly low economic and gender index. Therefore, the researcher made a research entitled "The Role of Sekoper Cinta’s Group Communication in Growing Entrepreneurship", with the aim of identifying the role of the communication group of the Sekoper Cinta in growing entrepreneurship in KBB. This research uses quantitative- descriptive analytical method by distributing questionnaires to 62 respondents, documentation, references, and informal interview. This research is also strengthened by the theory of Group Communication from Cartwright and Zander, and the theory of Diffusion of Innovations from Everett Rogers. The results of this research is the three elements of Sekoper Cinta’s group communication in the diffusion process of innovation (stages of knowledge, persuasion, and decision) have roles in growing women entrepreneurship in West Bandung Regency.

Keywords—the role of communication, group communication, diffusion of innovation.

Abstrak— Artikel ini dilatarbelakangi oleh ketidakmerataan pembangunan di Jawa Barat dan terdapat banyak stigma yang beredar di sebagian besar masyarakat bahwa perempuan yang telah menikah hanya sebatas mengasuh anak dan melakukan pekerjaan rumah sehingga terdapat ketidakadilan yang mempengaruhi kebijakan dan aktivitas sosial. Sehingga Gubernur Jabar menggagas Sekoper Cinta, salah satu daerah yang melaksanakan program tersebut adalah wilayah Kab. Bandung Barat/KBB, karena wilayah tersebut yang memiliki indeks ekonomi dan gender yang cukup rendah. Maka dari itu, peneliti membuat penelitian berjudul “Peranan Komunikasi Kelompok Sekoper Cinta dalam Menumbuhkan Kewirausahaanâ€, dengan tujuan mengidentifikasi peran unsur-unsur komunikasi kelompok Sekoper Cinta dalam menumbuhkan kewirausahaan di KBB. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif analitis dengan menyebarkan kuesioner kepada 62 responden, dokumentasi, referensi, dan wawancara informal. Penelitian ini didukung oleh teori Komunikasi Kelompok dari Cartwright dan Zander, serta teori Difusi Inovasi dari Everett Rogers. Hasil penelitian ini adalah dari ketiga unsur komunikasi kelompok Sekoper Cinta pada proses difusi inovasi (tahapan pengetahuan, persuasi, dan keputusan) memiliki peranan dalam menumbuhkan kewirausahaan di Kabupaten Bandung Barat.

Kata Kunci—peranan komunikasi, komunikasi kelompok, difusi inovasi.


Keywords


peranan komunikasi, komunikasi kelompok, difusi inovasi.

Full Text:

PDF

References


Fatmawati, Endang. (2018). Mengulik Kompleksitas Proses Difusi Inovasi Teknologi di Perpustakaan, dalam JPUA (Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga), Universitas Dipenogoro, Semarang. Volume 8, Nomor 2, Tahun 2018.

Hapsari, Cindy Melinda. (2013). Efektivitas Komunikasi Media Booklet “Anak Alami†sebagai Media Penyampai Pesan Gentle Birthing Service, dalam Jurnal Universitas Kristen Petra, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra, Surabaya. Volume 1, Nomor 3, Tahun 2013.

Kurniasih, I. (2009). Adopsi Gagasan Ethical Consumerism oleh Sekretariat Bersama Indonesia Berseru (SBIB). (Skripsi). Depok: Universitas Indonesia.

Kusumawati, T. I. (2016). Komunikasi Verbal dan Nonverbal, dalam Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FTIK) UIN, Medan. Volume 6, Nomor 2, Tahun 2016.

Liliweri, A. (2011). Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana

Perdana, R. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Komunikasi terhadap Motivasi dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. (Tesis). Yogyakarta: Pascasarjana Universitas Islam Indonesia.

Putra, Y. N. (2017). Efektivitas Kualitas Layanan Personal Trainer dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. (Skripsi). Bandung: Universitas Pasundan.

Santoso, Tjahjo, dan Inggrit. (2018). Interaksi Komunikasi Kelompok di Connect Connect Group South Youth 31 dalam Membentuk Konsep Diri Positif Anggota, dalam Jurnal e-komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra, Surabaya. Volume 6, Nomor 2, Tahun 2018.

Sholahuddin. (2017). Pengaruh Karakteristik Inovasi terhadap Niat Mengadopsi Solopos Epaper. (Publikasi Ilmiah). Surakarta: Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Surya, Tommy. (2016). Komunikasi Kelompok Komunitas Enlightness Ingress Surabaya dalam Program Fun Ingress, dalam Jurnal E-Komunikasi. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya. Volume 4, Nomor 2, Tahun 2016.

Yuliati, N. (2012). Pemaknaan, Penyesuaian, dan Komunikasi dalam Perkawinan pada Dosen Perempuan, dalam MIMBAR Jurnal Sosial dan Pembangunan. Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung, Bandung. Volume 28, Nomor 2, Tahun 2012.

Novilini, Olga Puspa, Hernawati, Riza. (2021). Opini Member Mengenai Personal Selling Sales Moka Pos dalam Memasarkan Produk. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 1-7




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.31030

Flag Counter