Analisis Framing Transformasi Awkarin di Media Online

Regina Rizki Rachmani, Oji Kurniadi

Abstract


Abstract. Mass media is a reconstruction of the reality that actually happened. In order to reconstruct a reality, the media employs framing techniques, the framing of an event in the media is the result of journalists' understanding of the event, supported by the ideology possessed by the media itself. Public figures have an influence on a wide audience, along with technological advances, influencers such as celebrities of Instagram are now included in the circles of public figures because of their wide influence. One of the most famous and prominent celebrities is Awkarin, who has such an appeal that it never goes unnoticed from the media from time to time. This research uses qualitative research methods, namely research which is known for its subjective nature. By utilizing framing analysis techniques according to Robert N. Entman, this study seeks to analyze the framing of the online media tribunnews.com and detik.com for the public figure, namely Awkarin, related to Awkarin's image and its transformation in these reports. Data collection techniques in this study are selective techniques, observation techniques, interview techniques, and literature study. The results obtained were the transformation or change in framing carried out by the online media Tribunnews.com and Detik.com from 2016 to 2020, which at first Awkarin had a negative image on the news which gradually changed to a more positive direction.

Keywords: framing analysis, robert n. entman, celebgram, awkarin, image transformation

Abstrak. Media massa merupakan rekonstruksi dari realitas yang sebenarnya terjadi. Dalam rangka merekonstruksi suatu realitas, media melakukan teknik pembingkaian, pembingkaian terhadap suatu peristiwa di media merupakan hasil dari pemahaman wartawan terhadap peristiwa tersebut, didukung oleh ideologi yang dimiliki oleh media itu sendiri. Tokoh publik memiliki pengaruh bagi khalayak luas, semakin majunya teknologi kini influencer seperti selebgram atau selebriti instagram termasuk ke dalam kalangan tokoh publik karena pengaruhnya semakin luas. Salah satu selebgram terkenal dan menonjol adalah Awkarin, yang memiliki daya tarik sehingga tidak pernah luput dari media dari waktu ke waktu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yakni penelitian yang dikenal dengan sifatnya yang subjektif. Dengan memanfaatkan teknik analisis framing menurut Robert N. Entman, penelitian ini berupaya untuk mengupas pembingkaian yang dilakukan oleh media online tribunnews.com dan detik.com terhadap public figure yakni Awkarin terkait dengan citra Awkarin dan transformasinya dalam pemberitaan-pemberitaan tersebut. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik selektif, teknik observasi, teknik wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian yang didapatkan yakni adanya transformasi atau perubahan pada pembingkaian yang dilakukan oleh media online Tribunnews.com dan Detik.com dari tahun 2016 hingga 2020 yang mulanya Awkarin memiliki citra negatif pada pemberitaan lambat laun berubah menjadi ke arah yang lebih positif.

Kata Kunci: analisis framing, robert n. entman, selebgram, awkarin, transformasi citra


Keywords


analisis framing, robert n. entman, selebgram, awkarin, transformasi citra

Full Text:

PDF

References


Eriyanto. 2002. Analisis Framing : Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta : LKiS.

Moleong, Lexy J. 1993. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja. Rosda Karya.

Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja. Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosady. 2010. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sobur, Alex. 2015. Teks Media Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisi Framing. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto. 2007. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: LPPM Unisba.

Prihandini, Florensia, Pramono Hadi, A Sigit . (2021). Pengaruh Marketing Public Relations terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 57-70




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30844

Flag Counter   Â