Hubungan Beyond The Scene (BTS) sebagai Brand Ambassador dan Pengetahuan Informasi Konsumen Tokopedia

Harieza Noor Azmie, Dadi Ahmadi

Abstract


Abstract. The purpose of this study is to determine the relationship between Beyond The Scene (BTS) as a Brand Ambassador and information knowledge of Tokopedia’s Consumer as the best e-commerce company among students of Faculty of Communication Science Unisba. The research method used is quantitative research to measure whether there is a relationship between the Beyond The Scene music group as a Brand Ambassador with information knowlage of Tokopedia’s consumers among students of the Unisba Faculty of Communicatio Science. The study population was the students of Class 2019 of the Faculty of Communication Science Unisba, and the sampling technique used was the randam sampling technique by using the Slovin formula. The data analysis used is correlational analysis with the Correlation Spearman formula. The results show that there is a relationship between BTS as a Brand Ambassador and brand information knowledge of Tokopedia’s consumers where it is based on the Spearman rank test. The relationship that occurs is a fairly strong.

Keywords: Brand Ambassador,  Information Knowledge, and Marketing Communication.

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Beyond The Scene (BTS) sebagai Brand Ambassador dengan information knowledge Konsumen Tokopedia sebagai perusahaan e-commerce terbaik di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Unisba. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif untuk mengukur ada tidaknya hubungan antara grup musik Beyond The Scene sebagai Brand Ambassador dengan pengetahuan informasi konsumen Tokopedia di kalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Unisba. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Ilmu Komunikasi Unisba, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik randam sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasional dengan rumus Correlation Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara BTS sebagai Brand Ambassador dengan brand information knowledge konsumen Tokopedia berdasarkan uji rank Spearman. Hubungan yang terjadi adalah hubungan yang cukup kuat.

Kata kunci: Brand Ambassador, Pengetahuan Informasi, dan Komunikasi Pemasaran.


Keywords


Brand Ambassador, Pengetahuan Informasi, dan Komunikasi Pemasaran.

References


Alvin, Arvy, Hidayattul, dan Nur. (2021). “Analisa Transaksi Belanja Online Pada Masa Pandemi Covid-19†Jurnal TEKNOINFO , Vol . 15, No.1, 2021, 32-37 https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/article/download/868/517

Alex et al, 2018. The Meaning of K-Pop and Self-Concept Transformation of K-Pop Fans in Bandung, Mimbar, vol.34 No 2nd https://pdfs.semanticscholar.org/8895/c692c5a62a58c0722310ccd839113e12ef8c.pdf

Galih Setiyo Budhi, 2016. Analisis Sistem E-Commerce Pada Perusahan Jual-Beli Online Lazada Indonesia, Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), Volume 1, Nomor 2.

Idris,R.P.(2019, Mei 12). 10 E-Commerce Terpopuler di Indonesia Pada Kuartal 1-2019: https://www.merdeka.com/uang/ini-10-e-commerce-terpopuler-di-indonesia-pada-kuartal-1-2019.html

Kennedy, John E, R, Soemanagara. 2006. Marketing Communication. Jakarta: PT. Buana Ilmu Populer.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13, Jakarta: Erlangga.kerang

Kotler, dan Keller, 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta : Erlangga.

Lea-Greenwood, Gaynor. 2014. Fashion Marketing Communications E-book. Somesrset, NJ, USA:Wiley.

Nasrullah, Rulli. (2015) Media Social Prespektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Shimp, Terence A. 2010. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi

Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian PendidikanPendekatan Kuatitatif , Kualitatif , dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30594

Flag Counter