Strategi Membangun Citra Perusahaan (Corporate Image) melalui Kegiatan CSR

Shafira Firdaus, Maman Chatamallah

Abstract


Abstract. PT. Inti is a state-owned company located at Mohammad Toha street no.77 Bandung, PT. Inti has been in the telecommunications business for 35 years. The main customer of PT. The core among others is telecommunication operators in Indonesia such as Telkom, Indosat, Telkomsel, XL Axiata. Pt. Inti itself conducts CSR activities, one of which is called PKBL (Partnership and Community Development Program) which is a concern in improving the ability of small businesses to be resilient and also responsible in empowering the social condition of the community around PT. The core is.This research is focused on corporate image building strategy through CSR activities in PT. Inti (Persero) Bandung. In this research, it was examined how with the problems that occurred in pkbl CSR program that has been implemented by PT. Core in 2019 and also during the Covid-19 pandemic 2020. The purpose of this research is to find out the strategy of building the corporate image of PT. Inti Persero Bandung through PKBL CSR activities, as well as to find out the advantages and disadvantages of the Public Relations strategy used. The method used in this research is qualitative research method with case study approach through data collection technique using interview, observation, documentation, and literature study including internet source. The subjects of this study were officials from Public Relations and staff who handled CSR activities at PT. The essence of Persero Bandung.

Keywords: Strategy, Corporate Image, Corporate Social Responsibility 

Abstrak. PT.Inti merupakan perusahaan BUMN yang beralamat di jalan Mohammad Toha no.77 Bandung, PT.Inti telah berkiprah dalam bisnis telekomunikasi selama 35 tahun. Pelanggan utama dari PT.Inti antara lain adalah operator telekomunikasi di indonesia seperti Telkom, Indosat, Telkomsel, XL Axiata. PT. Inti sendiri melakukan kegiatan CSR yang salah satunya dinamakan PKBL (Program Kemitraan dan Bina Lingkungan) yang merupakan kepedulian dalam meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan juga bertanggung jawab dalam memberdayakan kondisi sosial masyarakat disekitar PT.Inti berada. Penelitian ini difokuskan kepada strategi membangun citra perusahaan (Corporate Image) melalui kegiatan CSR pada PT. Inti (Persero) Bandung. Dalam penelitian ini diteliti bagaimana dengan masalah yang terjadi dalam program CSR PKBL yang sudah dilaksanakan oleh PT. Inti pada tahun 2019 dan juga saat masa pandemic Covid-19 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi membangun citra perusahaan PT.Inti Persero Bandung melalui kegiatan CSR PKBL, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari strategi Public Relations yang digunakan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan termasuk internet sumber. Subjek dari penelitian ini adalah pejabat dari Public Relations dan pihak stakeholder yang menangani dan mendapatkan impact dari kegiatan CSR di PT.Inti Persero Bandung.

Kata Kunci: Strategi, Citra Perusahaan, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan 

Keywords


Strategi, Citra Perusahaan, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Deddy Mulyana, Metodologi penelitian kualitatif. PT Roemaja Rosdakarya, Bandung. Hal.112

Deddy Mulyana, Metodologi penelitian kualitatif. PT Roemaja Rosdakarya, Bandung. Hal.113

Kartini, D. 2008. Corporate Social Responsibility: Transformasi Konsep Sustainable Management dan Implementasi di Indonesia. Refika Aditama. Bandung.

Kusniadji, Suherman. 2011. Mengkomunikasikan Program Corporate Social Responsibility untuk Meningkatkan Citra Perusahaan. Jurnal Komunikasi Vol.3, No.1, ISSN 2085 1979. Hal: 55-63. Http://journal.tarumanagara.ac.id. Diakses pada hari Rabu tanggal 22 Agustus 2012 Pukul 12:10.

Kriyantono, Rachmat.2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Panggabean, M.F. 2009. Pengaruh Kegiatan Filantropi Perusahaan Terhadap Citra Medco (Studi Kajian Bidang Pendidikan). Skripsi pada Jurusan .Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Indonesia. Depok.

Rahardjo, Mudjia. 2017. Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sandra, Oliver. 2007, Strategy Public Relations. Jakarta: Erlangga

Seravina, M. 2008. Pengaruh Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Britama (Studi Kasus Pada Nasabah PT.Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Bogor). Skripsi pada Departemen Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Insitut Pertanian Bogor. Bogor.

Suharto, E. 2006. Tanggung Jawab Sosial dan Comdev. Jurnal. 2006

Suharto, E. 2008. Menggagas Standar Audit Program CSR. Jurnal. 2008

Undang-Undang No.10 Tahun 1998 tentang Perbankan

Undang-Undang No.40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas

Lambooy, Tineke. “Legal Aspects of Corporate Social Responsibility.†Utrecht Journal of International and European Law 30, No. 79 (2014): 1-6.

Ramadhan, Muchammad Faisal, Rosyad, Udung Noor. (2021). Strategi Branding Kopi Kewadanan dalam Menghadapi Persaingan. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 15-21




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30427

Flag Counter