Strategi Public Relations B2PLKDN Balai Besar Pelatihan Kerja dalam Negeri

Teggar Garba Aditya Subasman, M Husen Fahmi

Abstract


Public relations memiliki tugas untuk mensosialisasikan program-program atau kegiatan tertentu kepada publik, agar publik dapat mengetahuinya. B2PLKDN atau Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Dalam Negeri merupakan sebuah badan yang bermanfaat untuk melatih pencari kerja, karyawan, guru sekolah ataupun lembaga pelatihan, yang saat ini sedang melakukan sosialisasi kepada publik mengenai pentingnya pelatihan, sertifikasi, dan penempatan dalam satu koordinasi yang terpadu, agar dapat meningkatkan kompetensi dan daya saing tenaga kerja dalam rangka penanggulangan pengangguran dan pada saatnya dapat mengentaskan kemiskinan. Untuk itu, B2PLKDN memerlukan strategi public relations yang tepat agar sosialisasi tersebut dapat dilakukan secara maksimal.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi public relations B2PLKDN dalam mensosialisasikan pelatihan tenaga kerja dan penyaluran tenaga kerja di dalam negeri dan luar negeri kepada bagi masyarakat kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam, serta observasi dan studi kepustakaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan strategi PR oleh Humas B2PLKDN terdiri dari empat tahap yaitu fase analisis situasi, fase strategi, fase taktik dan fase evaluasi. Situasi yang dihadapi adalah orang-orang yang membutuhkan pekerjaan dan terutama memiliki keinginan untuk menjadi tenaga kerja yang memiliki kompetensi yang memadai agar bisa bersaing dengan tenaga kerja lain yang berasal dari luar negeri. Kemudian dalam mengimplementasikan strategi PR, selain diharuskan untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan bersifat persuasif, mereka juga harus memiliki kredibilitas yang baik agar publik dapat lebih mudah mempercayai pesan-pesan yang disampaikan oleh PR. Fase taktik dilakukan dengan menggunakan komunikasi interpersonal disini merupakan tugas utama dari staf humas B2PLKDN yang sebelumnya sudah dibekali secara matang mengenai cara berkomunikasi yang tepat dan efektif. Terakhir dalam evaluasi, Humas B2PLKDN membuat laporan kemajuan ini memiliki tujuan untuk mengetahui secara langsung dan pasti mengenai bagaimana Staf Humas melakukan pekerjaaannya, dan hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi oleh Staf Humas.


Keywords


B2PLKDN,Strategi PR, Sosialisasi, Tenaga Kerja.

References


Porter, Michael E. 2003. Keunggulan Bersaing: Menciptakan dan Mempertahankan. Kinerja Unggul. Cetakan ke-8. Penerbit Erlangga

Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Psikologi komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Ruslan, Rosady. 2005. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers

Ruslan, Rosady. 2003. Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Smith, D Ronald. 2002. Strategic Planning for Public Relations, second edition. London: Sage Publication

Mulyana, Deddy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution S. 1992, Metode Penelitian Naturallistik Kualitatif: Bandung, Tarsito




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3042

Flag Counter   Â