Aktivitas Cyber Public Relations RS Advent Bandung

Firman Irwansah, Nova Yuliati

Abstract


Permasalahan yang diangkat mengenai tahapan proses operasional Cyber Public Relations yang dilakukan RS Advent Bandung dalam memberikan pelayanan informasi kesehatan melalui media massa elektronik khususnya media internet. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji aktivitas tahapan proses operasional Cyber Public Relations yang dilakukan oleh RS Advent Bandung. Berdasarkan hal tersebut maka penulis menggunakan empat tahapan proses operasional Public Relations menurut Cutlip, Center and Broom yaitu : 1. Defining Public Relations Problems, 2. Planning and Programming, 3. Taking Action and Commnunicating, 4. Evaluating The Program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif yang memaparkan situasi atau peristiwa dan menitikberatkan pada observasi dan suasana alamiah, dimana peneliti bertindak sebagai pengamat dan terjun langsung ke lapangan. Dalam hal ini, narasumber yang dipilih dalam penelitian ini adalah Kepala Bagian Marketing dan Communication yaitu Bapak Yudhi Walukouw beserta Assisten Kabag Bapak Verry Ngantung dan Staff Website Internet Bapak Henry Rohi.


Keywords


Media Massa, Proses Operasional Public Relations, Cyber Public Relations.

References


Abdurrahman, Oemi. 2001. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Citra. Aditya Bakti

Ardianto, Elvinaro, 2004. Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Ardianto, Elvinaro. 2009. Public Relations Praktis. Bandung : Widya Padjadjaran

Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi. Jakarta :Prenada Media Group

Breakenridge, D. (2008). PR 2.0: New media, new tools, new audiences. Upper Saddle River, NJ: FT Press, Pearson Education

Cutlip, Center and Broom. 2006. Effective Public Relations, Ninth Edition. New Jersey : Pearson Education.

Effendy, Onong. 2000. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT.Rosdakarya

Iriantara, Yosal. 2004. Manajemen Strategi Public Relations. Ghalia Indonesia. Bandung

Jefkins, Frank, 2003. Public Relations. Bandung : Erlangga

Kusumastuti, Frida. 2004. Dasar-Dasar Humas. Bogor selatan : PT.Grahali Indonesia & UMM pers

Morissan, et.al. 2010. Teori Komunikasi Massa. Bogor : Ghalia Indonesia

Mulyana, Deddy. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung : Remaja Rosadakarya.

Nova, Firsan, 2009. Crisis Public Relations. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.

Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : PT. Raja Grafindo

Nurudin. 2009. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : RajaGrafindo Persada

Onggo. J.B, 2004. Cyber Public Relations. Jakarta: PT. Elexmedia Komputindo

Rakhmat, Jalaludin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya

Rumanti, Sr. Maria Assumpta. 2002. Dasar-Dasar Public Relations Teori dan Praktik. Jakarta : PT Grasindo

Ruslan, Rosady. 2003. Metode Penelitian PR dan Komunikasi. Jakarata : PT. Raja. Grafindo Persada

Ruslan, Rusady. 2005. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Yulianita, Neni. 2001. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung : Lab. Multimedia Fikom Unisba.

Yulianita, Neni, 2007. Dasar-Dasar Public Relations Praktis, Bandung : P2U LPPM UNISBA

Sumber Lain :

Internet. https://id.wikipedia.org/wiki/Internet. Tanggal akses 11 September 2015, Pk. 02:25 WIB

Internet. http://mugironiggi.blogspot.co.id/. Tanggal akses 6 Oktober 2015. Pk. 22:35 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3022

Flag Counter   Â