Aktivitas Cyber Public Relations RS Advent Bandung
Abstract
Permasalahan yang diangkat mengenai tahapan proses operasional Cyber Public Relations yang dilakukan RS Advent Bandung dalam memberikan pelayanan informasi kesehatan melalui media massa elektronik khususnya media internet. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji aktivitas tahapan proses operasional Cyber Public Relations yang dilakukan oleh RS Advent Bandung. Berdasarkan hal tersebut maka penulis menggunakan empat tahapan proses operasional Public Relations menurut Cutlip, Center and Broom yaitu : 1. Defining Public Relations Problems, 2. Planning and Programming, 3. Taking Action and Commnunicating, 4. Evaluating The Program. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif yang memaparkan situasi atau peristiwa dan menitikberatkan pada observasi dan suasana alamiah, dimana peneliti bertindak sebagai pengamat dan terjun langsung ke lapangan. Dalam hal ini, narasumber yang dipilih dalam penelitian ini adalah Kepala Bagian Marketing dan Communication yaitu Bapak Yudhi Walukouw beserta Assisten Kabag Bapak Verry Ngantung dan Staff Website Internet Bapak Henry Rohi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdurrahman, Oemi. 2001. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Citra. Aditya Bakti
Ardianto, Elvinaro, 2004. Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Ardianto, Elvinaro. 2009. Public Relations Praktis. Bandung : Widya Padjadjaran
Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi. Jakarta :Prenada Media Group
Breakenridge, D. (2008). PR 2.0: New media, new tools, new audiences. Upper Saddle River, NJ: FT Press, Pearson Education
Cutlip, Center and Broom. 2006. Effective Public Relations, Ninth Edition. New Jersey : Pearson Education.
Effendy, Onong. 2000. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT.Rosdakarya
Iriantara, Yosal. 2004. Manajemen Strategi Public Relations. Ghalia Indonesia. Bandung
Jefkins, Frank, 2003. Public Relations. Bandung : Erlangga
Kusumastuti, Frida. 2004. Dasar-Dasar Humas. Bogor selatan : PT.Grahali Indonesia & UMM pers
Morissan, et.al. 2010. Teori Komunikasi Massa. Bogor : Ghalia Indonesia
Mulyana, Deddy. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung : Remaja Rosadakarya.
Nova, Firsan, 2009. Crisis Public Relations. Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia.
Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : PT. Raja Grafindo
Nurudin. 2009. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : RajaGrafindo Persada
Onggo. J.B, 2004. Cyber Public Relations. Jakarta: PT. Elexmedia Komputindo
Rakhmat, Jalaludin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya
Rumanti, Sr. Maria Assumpta. 2002. Dasar-Dasar Public Relations Teori dan Praktik. Jakarta : PT Grasindo
Ruslan, Rosady. 2003. Metode Penelitian PR dan Komunikasi. Jakarata : PT. Raja. Grafindo Persada
Ruslan, Rusady. 2005. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Yulianita, Neni. 2001. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung : Lab. Multimedia Fikom Unisba.
Yulianita, Neni, 2007. Dasar-Dasar Public Relations Praktis, Bandung : P2U LPPM UNISBA
Sumber Lain :
Internet. https://id.wikipedia.org/wiki/Internet. Tanggal akses 11 September 2015, Pk. 02:25 WIB
Internet. http://mugironiggi.blogspot.co.id/. Tanggal akses 6 Oktober 2015. Pk. 22:35 WIB
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3022
  Â