Strategi Marketing PR Brand NIION Indonesia dalam Mempromosikan Produk agar Menarik Minat Konsumen

Kintan Prestania Mulyatami, M Husen Fahmi

Abstract


Sebagai sebuah bisnis yang baru berjalan beberapa tahun terakhir, NIION membutuhkan sebuah strategi marketing public relations agar dalam rangka mempromosikan produknya untuk menarik minat konsumen. Marketing Public relations yaitu upaya untuk membangun kesadaran serta pengetahuan akan merek baik untuk memperkenalkan produk baru maupun untuk mempertahankan eksistensi produk, dengan cara menciptakan sebuah nilai akan sebuah produk melalu pesan kreatif untuk menghasilkan kredibilitas dari produk tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing public relations Brand NIION dalam mempromosikan produk agar menarik minat konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus eksploratif yang bersifat terbuka, masih mencari-cari, dan segala macam metode digunakan untuk dapat mengungkapkan peristiwa secara keseluruhan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa NIION menggunakan empat strategi marketing PR yaitu publicity, event, sponsorships, dan media identity. Keempat strategi marketing PR ini harus dapat dikembangkan dan diimplementasikan secara rutin oleh NIION agar dapat membentuk brand awareness yang tinggi dimata publik, dan pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan produk-produk NIION.


Keywords


Pemasaran, Strategi Pemasaran, Hubungan Masyarakat

References


Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.

Hardiman. 2006. IMA, 400 Istilah PR Media & Periklanan, Gagas Ulung, Jakarta.

Harris, Thomas L. 1991. The marketer’s Guide to public relations. New York : John Wiley & Sons Inc.

Kotler, Philip & Amstrong Gary. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran (12th ed.). Jakarta:Erlangga.

____________________________. 2004. Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: PT. Indek.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2006. Manajemen Pemasaran,. Jilid 1, Edisi12. PT. Indeks.

Moleong, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT RemajaRosdaKarya : Bandung.

Prisgunanto, ilham.2006. Komunikasi Pemasaran Strategi dan taktik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Purba. Amir, dkk. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Medan : Pustaka BangsaPress.

Rahman, Arif. 2010. Strategi Dahsyat Marketing Mix for Small Business. Edisi Pertama. Penerbit TransMedia Pustaka : Jakarta.

Ruslan, Rosady. 2005. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: KonsepdanAplikasinya, Jakarta: Rajawali Pers.

Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Bandung : Erlangga Widyatama

Sutisna. 2001. PerilakuKonsumen: Teori dan Aplikasi, Jakarta : PT. Remaja.

Tjiptono, Fandy. 2005. Brand Management & Strategy. Yogyakarta : Andi

_____________.2008.Pemasaran Startegik.Yogyakarta:CV.Andi Offset.

Wilcox dan Cameron, 2006 Dasar-dasar public relations. Remaja Rosda Karya; Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3012

Flag Counter   Â