Strategi Komunikasi Pemasaran Fourspeed Metalwerks

Aldistyan Dwinanda Putra, Ani Yuningsih

Abstract


Skripsi ini mengenai strategi komunikasi pemasaran, salah satu cara untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan. Keberhasilan yang dicapai tidak lepas dari  strategi  yang  disusun  oleh  seluruh  tim  beserta  pimpinan.  Skripsi  ini  berjudul “Strategi  Komunikasi  Pemasaran  Fourspeed  Metalwerks  Dalam  Menembus  Pasar Internasional  (Analisis  studi  kasus  strategi  komunikasi  pemasaran  fourspeed metalwerks  sebagai  brand  local  kota  bandung  untuk   menembus  pasar internasional)â€. Metode  penelitian  yang  digunakan  yaitu  metode  penelitian  kualitatif  dengan pendekatan  analisis  studi  kasus  dengan  tujuan  penelitian:  menganalisis  segmentasi, targeting,  positioning,  dan  evaluating  yang  dilakukan  perusahaan  Fourspeed Metalwerks  dalam  upaya  menembus  pasar  Internasional.  Dalam  penelitian  ini  yang menjadi  subjek  penelitian  adalah  Presiden  dan  Public  Relations  Internasional Fourspeed Metalwerks yang menjadi sumber informasi untuk wawancara. Teknik  pengumpulan  data  peneliti  dilakukan  dengan  cara  wawancara, observasi,  studi  kepustakaan  dan  dokumen,  dengan  cara  mereduksi  data  mengambil apa yang dianggap penting oleh peneliti, menyajikan penelitian, menarik kesimpulan dan verifikasi sebagai teknik analisis data.Kesimpulan  pada  penelitian  ini  pola  strategi  segmentasi  yang  dilakukan Fourspeed metalwerks memanfaatkan internet untuk mencari informasi mengenai artis internasional  yang  menjadi  target  kolaborasi.  Setelah  mendapatkan  contact  personartis diberi gift berupa produk yang sesuai dengan ciri khas artis tersebut. Pola strategi targeting  dari  Fourspeed  Metalwerks  memanfaatkan  media  sosial  seperti  twitter, instagram,  website  dan  dibidang  penjualan  email  dimanfaatkan  untuk  menjalin komunikasi  dengan  konsumen  internasional.  Pola  strategi  positioning  Fourspeed Metalwerks  menanamkan  slogan   PRIDE  POWER  ATTITUDE  kepada  benak konsumen  dan  keoriginalan  produk  yang  terbatas  yang  sudah  digunakan  oleh  artis internasional  dan  mempengaruhi  harga  dan  citra  Fourspeed  Metalwerks.  Pada  tahap evaluating  seluruh aspek yang mempengaruhi citra  Fourspeed Metalwerks  dari mulai kolaborasi, penetapan harga, feedback sales hingga event yang mesti diikuti menjadi perhatian seluruh tim dari Fourspeed Metalwerks.

Keywords


strategi komunikasi pemasaran, segementing, targeting, positioning, evaluating

References


Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kualitatif.

Bandung, Simbiosa Rekatama Media.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip – prinsip pemasaran. Erlangga

Sutisna. 2002. Perilaku konsumen dan komunikasi pemasara. Bandung, PT REMAJA

ROSDAKARYA




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3006

Flag Counter   Â