Makna Hijab di Kalangan Mahasiswi
Abstract
Abstract. It cannot be denied that nowadays the hijab is a newtrend in society, especially young people today. At the Islamic University of Bandung itself, the use of hijab by female students can still be said to be just a formality. This study aims to find out how the meaning and motives of students of the Universitas Islam Bandung in interpreting themselves and the hijab they use. Using qualitative research methods phenomenological approaches. This meaning is generated by two factors, namely internal factors and external factors which are the forming factors for a student’s self-concept so that she is able to interpret herself and the hijab she uses. The results of this study are that students of the Islamic University of Bandung interpret the hijab as the identity and obligation of Muslim women. The behavior and the hijab used do not have any connection. Because hijab is an obligation, while behavior depends on each individual.
Keywords:Â Hijab, Student, Self Concept
Abstrak. Tidak dapat dipungkiri bahwasanya saat ini hijab menjadi tren baru di masyarakat khususnya anak muda jaman sekarang. Di Universitas Islam Bandung sendiri penggunaan hijab oleh mahasiswi masih bisa dikatakan sekedar formalitas saja. Penelitian yang dilaksanakan bertujuan guna mengetahui makna dan motif mahasiswi Universitas Islam Bandung dalam memaknai dirinya dan hijab yang digunakannya. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif pendekatan fenomenologi. Makna hijab bagi mahasiswi dihasilkan atas dua faktor yakni faktor internal dan eksternal yang merupakan faktor pembentuk konsep diri mahasiswi sehingga ia mampu memaknai dirinya dan hijab yang digunakannya. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Mahasiswi Universitas Islam Bandung memaknai Hijab sebagai identitas dan kewajiban wanita muslimah. Antara perilaku dan hijab yang digunakan tidak memiliki kaitan apapun. Sebab hijab merupakan kewajiban sedangkan perilaku tergantung individu masing-masing.
Kata Kunci:Â Hijab, Mahasiswi, Konsep diri
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gentahijrah. 2020. Muslimah Kece Cantik Karena Allah. Sidoarjo: Genta Group Production.
Guindi, Fadwa El. 2003.Jilbab (Antara Kesalehan, Kesopanan, dan Perlawanan) Penerjemah: Mujiburohman, Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta.
Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Riswandi. 2013. Psikologi Komunikasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Ruly Darmawan. 2013. Pengalaman, Usability, dan Antarmuka Grafis: Sebuah Penelusuran Teoritis.Volume.4 (No.2) : hal 97.
Sunaryo. 2002. Psikologi Untuk Keperawatan. Perpustakaan Nasional : Katalog dalam Terbitan.
Suherman, Sherly. 2009. Made in Bandung Kreatif, Inovatif dan Imajinatif!. Bandung : PT. Mizan Pustaka.
Novilini, Olga Puspa, Hernawati, Riza. (2021). Opini Member Mengenai Personal Selling Sales Moka Pos dalam Memasarkan Produk. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 1-7
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30041
  Â