Strategi Komunikasi Politik Kader Muda Partai Gerindra

Yasser Dharma Alhusainni, M E Fuady

Abstract


Kampanye politik yang di tunjukkan oleh kandidat atau pun masih calon kandidat banyak ragamnya, tiap kandidat dengan kreativitas masing-masing mengamas isi dan pesan politiknya ke dalam gaya kampanye untuk menarik simpati dari masyarakat. Di butuhkan brand image yang mampu untuk di bangun oleh kader-kader muda partai sebagai tampilan bagaimana sosok seorang kader muda tersebut di mata masyarakat. Berkaitan dengan itu semua, dalam teminologi komunikasi disebut dengan upaya pencitraan. Berdasarkan konteks penelitian, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui kampanye yang dilakukan kader muda Partai Gerindra kepada masyarakat? Untuk mengetahui strategi Personal Branding yang dilakukan kader muda Partai Gerindra kepada masyarakat? Untuk mengetahui makna Political Branding bagi kader muda Partai Gerindra? Metodelogi yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitaif dengan pendekatan studi kasus tentang strategi komunikasi politik muhammad al-haddad sebagai kader muda partai gerindra dalam meningkatkan citra pada masyarakat konstituennya di dapil 3 kota bandung. Kemudian kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa political branding sebagai bagian dari aktivitas politik yang dijalankan oleh Al-Haddad  diantaran adalah sebagai bagian dari kampanye politik, sebagai sebuah cara untuk mengkomunikasikan pesan politik kepada masyarakat, baik yang terkait dengan pemilu legislatif maupun pesan lain seperti rekam jejak seorang politisi selepas pemilu, kemudian political branding juga dimaknai sebagai upaya komunikasi politik dengan terjun langsung ke masyarakat dengan melakukan pendekatan yang konsisten pada komitmen, sebagai upaya politik yang akan mampu memberikan pengaruh pada pemberian suara rakyat pada saat pemilu kepada para politisi yang menjadi peserta pemilu.


Keywords


Strategi komunikasi politi, Kader Muda dan Political Branding

References


Alifahmi, Hifni. 2005. Sinergi Komunikasi Pemasan, Jakarta: Quantum Bisnis dan Manajemen

Ardianto E. dan Q-Anees, Bambang. 2009. Filsafat Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, Elvinaro. 2010, Metode Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Budiardjo, Mariam. 2003. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya: Kencana Persada Media.

Cresswell, J. W. 2007. Qualitatif Inquiry & Research Design Choosing Among Five Approaches. London: SAGE Publication.

Endah, C. 2011. Memahami Studi Kasus Sebagai Metode Penelitian. In Mix Methodology Dalam Penelitian Ilmu Komunikasi (pp. 205-229). Yogyakarta: Mata Padi Pressindo.

Firmanzah. 2007. Marketing Politik: Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Goffman, Erving. 1956. The Presentation of Self in Everyday Life. Edinburgh: University of Edinburgh, Social Scieness Research Centre.

Haroen, Dewi. 2014. Personal Branding Kunci Kesuksesan di Dunial Politik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kasali, Renald. 2003. Manajemen Public Relations, Konsep & Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT Pusataka Utama Grafiti

Kartanegara, Rizky. 2014. Gaya Retorika Peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat Dalam Membangun Personal Branding Melalui Facebook. Communicare Journal of Communication Studies Vol. 2 No. 1 (pp. 85-98). Jakarta : Prof. Margono Researh Centre LSPR Jakarta

Lempe, I. 2010. Konsep dan Aplikasi Public Relations Pada Kontestasi Politik di Era Demokrasi. Jurnal Academica Fisip Untad, P469-485.

Landtsheer, et al. 2008. Political Impression Management: How Metaphors, Sound Bites, Appearance Effectiveness, and Personality Trails Can Win Elections. Journal of Political Marketing, p 217-238

Moleong, L. J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyana, D. 2010. Metode Penelitian Kulaitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya Offset.

McNair, Brain. 2011. An Introduction To Political Communication. New York: Routledge

Oliver, Sandra. 2006. Strategi Public Relations. Jakarta: Chartered Institude of Public Relations Jakarta

Paul, C. 2011. Strategic Communication: Origins, Concepts, and Current Debates, Callifornia: ABC-CLIO

Ruslan, Rosady. 2006. Praktik dan Solusi Public Relations dalam Situasi Krisis dan Pemulihan Citra. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. 2008, Dasar-dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tabroni, R. 2012. Komunikasi Politik pada Era Mulitimedia. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Tedeschi, J. T. 2011. Impression Management Theory and Sosial Psychological Research. New York: Academic Pers.

Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidiikan dan Bimbingan Koseling. Jakarta: Rajawali Pers.

Venus, Antar. 2004. Manajemen Kampanye. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wasesa, S. A. 2011. Political Branding & Public Relations. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Yin K, Robert. 2009. Studi Kasus (Desain dan Metode). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sumber lainnya:

http://partaigerindra.or.id/sejarah-partai-gerindra diakses pada tanggal 07 januari 2016. diakses Pukul 15.05 WIB

http://cyberindonesiacenter.blogspot.co.id/2009/03/visi-misi-tujuan-fungsi-dan-tugas.html diakses pada tanggal 07 januari 2016. Pukul 15.30 WINB

http://rahmayanisembiring.blogspot.co.id/2012/12/subjek-penelitian.html diakses pada tanggal 06 januari 2016. Pukul 09.15 WIB

http://kemenpora.go.id/index/preview/perundangan/3 diakses pada tanggal 27 Maret 2015, pukul 11.15 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2991

Flag Counter   Â