Hubungan antara Pencarian Informasi di Akun Twitter @Damfikom dengan Sikap Positif Mahasiswa Fikom Unisba

Sandy Sulaeman Hamdan, Dadi Ahmadi

Abstract


Kebutuhan informasi bagi mahasiswa sangat penting, apalagi berkaitan dengan kegiatan seputar kampus terutama informasi akademik. Mahasiswa membutuhkan informasi yang akurat dalam hal akademik dan menjadi konsumsi utama pada saat dibutuhkan. Misalnya, pada saat tidak ada dikampus mahasiswa membutuhkan informasi jadwal kuliah, perwalian ataupun seputar akademik lainnya serta informasi kegiatan kemahasiswaan di kampus. Mahasiswa akan berusaha mencari informasi dengan berbagai cara agar mendapatkan informasi yang akurat dan memiliki keabsahan yang jelas. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung menyadari pentingnya sarana informasi yang akurat, relevan dan tepat pada waktu bagi mahasiswanya. Fikom Unisba telah menggunakan media sosial sebagai wadah komunikasi dan juga jalur informasi akademik bagi para mahasiswanya dan khalayak umum dengan menggunakan media sosial Twitter. Mahasiswa sebagai salah satu aspek terpenting dalam sebuah lembaga pendidikan, memiliki banyak kebutuhan informasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan perkuliahan. Kebutuhan tersebut tidak akan efektif jika dilakukan dengan cara manual. Sebagai salah satu fakultas favorit di Unisba, Fikom Unisba membuat sebuah media informasi yang cepat dan mudah di akses melalui Twitter yaitu akun @DAMfikomunisba. Akun tersebut dibuat sebagai sarana informasi bagi mahasiswa Fikom Unisba. Akun @DAMfikomunisba menyebarkan berbagai informasi mengenai bidang akademik dan kemahasiswaan Fikom Unisba dan juga menjadi alat komunikasi kepada khalayak secara efektif. Informasi seperti pembukaan mahasiswa baru, registrasi, perwalian, hingga pemberian lowongan pekerjaan yang relevan dengan kajian fakultas.

Tujuan penelitian untuk mengetahuihubungan antara pencarian informasi di akun Twitter @DAMfikomunisba dengan kognitif, afektif, dan integrasi personal mahasiswa Fikom Unisba terhadap aktifitas akademik dan kemahasiswaan di Fikom Unisba. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada 100 responden sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Random Sampling.

Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa hubungan antara pencarian informasi di akun Twitter @DAMfikomunisba dengan kognitif, afektif, dan integrasi personal mahasiswa Fikom Unisba terhadap aktifitas akademik dan kemahasiswaan di Fikom Unisba mempunyai hubungan yang signifikan yang dapat menciptakan mahasiswa Fikom Unisba dan tertarik kepada informasi di akun Twitter @DAMfikomunisba


Keywords


Pencarian Informasi, Akun Twitter @DAMfikomunisba, Sikap Mahasiswa

References


Ardianto, Elvinaro. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbosa Rekatama Media.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Hanurawan, Fattah. 2010. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan. Jakarta : PT. RajaGrafindo.

Hartley. Johny. 2004. Pengiklanan Produk Melalui Media. Jakarta: Gravity Utama.

Hartono, Jogiyanto. 2005. Analisis & Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Andi Yogyakarta

Tankard, 2011 Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2976

Flag Counter   Â