Strategi Creative Branding PT Pelabuhan Tanjung Priok Studi Kasus pada PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP Multipurpose)

Indri Cantika Wulandhani, Wulan Tri Gartanti

Abstract


Abstract. Every company wants to introduce itself to the public so that its products or services can be used and also realized by the public. Branding activities can be a strategy that can help companies achieve the company's vision and mission. PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP Multipurpose) carries out branding activities so that the company is known by the wider community. This study aims to find out how the creative branding strategy implemented by PTP Multipurpose. The method used in this research is a qualitative research method with a case study approach. For data collection techniques carried out by means of interviews, observation, documentation, and literature study. The results of this study are that there are several stages of planning carried out by PTP Multipurpose as a company branding strategy including determining goals, targets, media, methods, and timelines. For the PTP Multipurpose branding program, it is branding through social media, making news in the National media, Sponsorship, participating in awards activities, conducting seminars. There are several stages of branding implementation which are entirely the responsibility of the Corporate Communication & CSR division.

Keywords: Strategy, Branding, PT Pelabuhan Tanjung Priok

Abstrak. Setiap perusahaan ingin memperkenalkan diri kepada publik agar produk atau jasanya dapat digunakan dan juga disadari oleh masyarakat. Kegiatan branding dapat menjadi suatu strategi yang bisa membantu perusahaan dalam mencapai visi dan misi perusahaan. PT Pelabuhan Tanjung Priok melaksanakan kegiatan branding agar perusahaannya dikenal oleh masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi creative branding yang dilaksanakan oleh PT Pelabuhan Tanjung Priok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Untuk teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah terdapat beberapa tahap perencanaan yang dilakukan oleh PTP Multipurpose sebagai strategi branding perusahaan diantaranya menentukan tujuan, target, media, metode, dan timeline. Untuk program branding PTP Multipurpose adalah branding melalui media sosial, membuat berita di media Nasional, Sponsorship, mengikuti kegiatan awards, melaksanakan seminar. Terdapat beberapa tahap pelaksanaan branding yang seluruhnya menjadi tanggungjawab divisi Corporate Communication & CSR.

Kata Kunci: Strategi, Branding, PT Pelabuhan Tanjung Priok.



Keywords


Strategy, Branding, PT Pelabuhan Tanjung Priok

Full Text:

PDF

References


Chatamallah, M. (2008). Strategi “Public Relations†dalam Promosi Pariwisata: Studi Kasus dengan Pendekatan “Marketing Public Relations†di Provinsi Banten. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(2), 393–402. https://doi.org/10.29313/mediator.v9i2.1120

Dewi, Ike Janita. (2009), Creating & Sustaining Brand Equity, Amara Books, Yogyakarta.

Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Fariastuti, I. (Univ. P. D. M. (Beragama)), & Azis, M. A. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN OneFourThree.Co DI. Jurnal Pustaka Komunikasi, 2(1), 54–69. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/pustakom/article/view/871

Neumeier, Marty. 2003. The Brand Gap. New York: New Riders Publishing.

Sutari, A. A. G. A. P. D. N. G. A. K. (2017). Meningkatkan Brand Awareness Cabang Bali. Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Jasa GOJEK Dalam Meningkatkan Brand Awareness Cabang Bali.

Widodo, A. S. (2010). Strategi Branding ‘Djarum Black’ dalam Membentuk Psico-Komunal “New Community.â€

Yulianita, Neni. 2003. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas (P2U).

Yuningsih, A. (2002). Pemberdayaan Usaha Sektor Maritim (Pariwisata) melalui Humas Internasional dengan Pendekaan Marketing Public Relations (pp. 157–166).

Ramadhan, M Fadil, Drajat, M. Subur. (2021). Kegiatan Marketing Pr Label Musik Digital Audio Tape Bandung. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 33-38




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29606

Flag Counter