Strategi Marketing Public Relation Pecah Kopi pada Masa Pandemi

Quinsy Kharisma, Tresna Wiwitan

Abstract


Abstract — Coffee is one of the main attractions for the Indonesian people so that it makes businessmen in the coffee field race each other to serve coffee with satisfying results and are loved by the community. With the current pandemic conditions, it also doesn't reduce people's interest in being able to enjoy coffee in a different atmosphere. Especially millennials, who are on the rise to make coffee shops a place to gather with friends, relatives and family to become a place to do various jobs and tasks. This research is entitled "Marketing Public Relations Strategy of Coffee Breaking in the Pandemic Period (Descriptive Study on Coffee Breaking in Cigadung Branch)". The purpose of this research is to find out the push strategy, pull strategy and pass strategy carried out by Pecah Kopi during the pandemic. The method used in this research is descriptive quantitative method. Data collection was obtained from this research through interviews, observations and literature studies to support this research. In this study also obtained several informants or resource persons who became the subject of research, namely the owner of the Coffee Breaker, the Manager of the Coffee Breaker and two employees for supporting informants. The results of this study indicate that the marketing public relations strategy carried out by Pecah Kopi during the pandemic used Three Ways Strategies, namely the pull strategy, push strategy and pass strategy, carried out optimally and with good results. Starting from attracting consumers through social media, encouraging sales by collaborating with other parties to creating good opinions from the public through events, various campaigns and food assistance to sponsoring an activity.

Keywords — Strategy, Marketing, Public Relations

Abstrak. Kopi menjadi salah satu daya tarik tersendiri oleh masyarakat Indonesia sehingga menjadikan para pebisnis dibidang kopi ini saling berpacu untuk menyajikan kopi dengan hasil yang memuaskan dan digemari oleh masyarakat. Dengan kondisi pandemi seperti saat ini juga tidak mengurangi minat masyarakat untuk dapat menikmati kopi dengan suasana yang berbeda. Terutama kaum milenial yang sedang marak-maraknya menjadikan coffee shop menjadi tempat berkumpul bersama teman-teman, kerabat dan keluarga hingga dijadikan tempat untuk mengerjakan berbagai pekerjaan dan tugas. Penelitian ini berjudul “Strategi Marketing Public Relations Pecah Kopi di Masa Pandemi (Studi Deskriptif pada Pecah Kopi Cabang Cigadung)â€. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui push strategy, pull strategy and pass strategy yang dilakukan Pecah Kopi di masa pandemi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data didapat dari penelitian ini melalui wawancara, observasi dan studi pustaka untuk mendukung penelitian ini. Dalam penelitian ini juga di dapatkan beberapa informan atau narasumber yang menjadi subjek penelitian yaitu pemilik Pecah Kopi tersebut, Manajer Pecah Kopi dan dua karyawan untuk informan pendukung. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing public relations yang dilakukan oleh Pecah Kopi di masa pandemi menggunakan Three Ways Strategies yaitu pull strategy, push strategy dan pass strategy dilakukan dengan maksimal dan hasil yang baik. Mulai dari menarik konsumen melalui media sosial, mendorong penjualan dengan bekerjasama dengan pihak lain hingga menciptakan opini yang baik dari masyarakat melalui event, berbagai campaign dan bantuan sembako hingga menjadi sponsor suatu kegiatan.

Kata Kunci : Strategi, Maketing, Public Relations


Keywords


Strategi, Maketing, Public Relations

Full Text:

PDF

References


Creswell John.W. 2014. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka

Jefkins, Frank. 2003. Public Relations. Jakarta : Erlangga

Jefkins, Frank; Daniel Yadin. 2004. Public Relations. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktis Riset Media, Pubic Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana

Moleong Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Ruslan, Rosady. 2001. Manajemen Humas dan Media Komunikasi. Jakarta:Grafindo Pustaka Utama

Ruslan, Rosady. 2010. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Ermalinda, Annisa. 2018. Strategi Marketing Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) dalam Mempromosikan Kereta Baru Ekonomi Rasa Eksekutif. Mediator Jurnal Komunikasi. Vol 3, No 2 : 409-414

Murdaniati, Klaudia. 2018. Strategi Marketing Public Relations Matos Mall dalam Menjaga Mitra Bisnis. Jisip Jurnal. Vol 7, No 1 : 42-47

Rismawan, Fajar. 2020. Strategi Marketing Public Relations Bahagia Kopi. SPeSIA UNISBA. Vol 6, No 2 : 188-191

Wiwitan, Tresna, Neni Yulianita. 2017. Strategi Marketing Public Relations Perguruan Tinggi Islam Swasta: Peluang dan Tantangan di Era MEA. Mediator Jurnal Komunikasi. Vol 10, No 1 : 1-10

Prihandini, Florensia, Pramono Hadi, A Sigit . (2021). Pengaruh Marketing Public Relations terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Riset Public Relation, 1(1). 57-70




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29322

Flag Counter