Strategi Promosi PT. Matoa Indonesia Digdaya

Agianda Melzendhy, Ani Yuningsih

Abstract


Perusahaan tidak cukup hanya mengirimkan produk ke pasar, melainkan harus juga berkomunikasi dengan pasar dengan cara mempromosikan produk. PT. Matoa Indonesia Digdaya yang bertempat di komplek Griya Cigadung Baru blok B/8 Bandung, sebagai sebuah perusahaan dengan core bisnis pada penyediaan produk fashion dan dengan produk yang disebut Matoa Watch atau Jam tangan kayu Matoa. Maraknya fashion di setiap kalangan, semakin membuat aksesibilitas fashion bergerak ke seluruh penjuru dunia yang akhirnya menciptakan sesuatu yang baru dan terkini untuk dipamerkan, diproduksi dan akhirnya dipasarkan pada masyarakat. Membuat sesuatu yang baru dan unik, ditunjang dengan desain yang berwawasan. Jam tangan adalah salah satu benda yang mendukung fashion seseorang, selain fungsi utamanya sebagai penunjuk waktu sekarang jam tangan juga sudah menjadi salah satu bagian penting dalam fashion memilih jam tangan sesuai dengan selera dan di cocokan dengan baju atau celana yang akan dipakai, jenis dan bahannya pun beragam ada jam tangan mekanik, elektronik, dan kinetik. Dengan menggunakan bahan yang umum yaitu stainless steel, alumunium, karet, dan plastik. Dan sudah banyak sekalian produsen jam tangan terkenal seperti Casio, Rolex, Q&Q, Daniel Welington, Komono menggunakan bahan-bahan tersebut untuk membuat jam tangan yang di produksinya.

Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan media instagram, penggunaan pameran, serta penggunaan word of mouth yang dilakukan oleh Matoa dalam kegiatan promosi. Metode penelitian deskriptif dengan perspektif kualitatif yaitu melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu secara faktual. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, studi kepustakaan. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa penggunaan media instagram, penggunaan pameran, serta penggunaan word of mouth yang dilakukan oleh Matoa dalam kegiatan promosi menciptakan promosi yang mudah dikenali oleh masyarakat sebagai konsumen dan calon konsumennya. Strategi tersebut menjadi alat promosi yang memudahkan PT. Matoa dalam memasarkan produk jam tangan kayu Matoa.


Keywords


Strategi Promosi, Penggunaan Media Instagram, Penggunaan Pameran, serta Penggunaan Word of Mouth

References


Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Jakarta : Erlangga.

Rakhmat, Jalaluddin.2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya

Ruslan, Rusady. 2005. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sumardy, 2011. The Power Of Word Of Mouth Marketing. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Tankard, Severint, Werner J. James W, Jr. 2011 “Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massaâ€. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup

Terence A. Shimp. 2003. Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran. Terpadu, Jilid I ( edisi 5). Jakarta : Erlangga




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2847

Flag Counter   Â