Tanggapan Karyawan Hijab Story Bandung mengenai Strategi Marketing Public Relations Hijab Story Bandung dalam Menghadapi Persaingan Pasar

Andra Astari, Dadi Ahmadi

Abstract


Penelitian ini berjudul “Tanggapan Karyawan Hijab Story Bandung Mengenai Strategi Marketing Public Relations Hijab Story Bandung dalam Menghadapi Persaingan Pasar†Sesuai dengan judul tersebut, maka permasalahan yang akan diangkat adalah Bagaimana Tanggapan Karyawan Hijab Story Bandung Mengenai Strategi Marketing Public Relations Hijab Story Bandung dalam Menghadapi Persaingan Pasar.

Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pull strategy, push strategy, dan pass strategy pada kegiatan pemasaran produk Hijab Story Bandung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan karyawan Hijab Story Bandung Mengenai pull strategy, push strategy, dan pass strategy pada kegiatan pemasaran produk Hijab Story Bandung.

Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang sarat dengan nuansa angka-angka dalam teknik pengumpulan data di lapangan. Dalam analisis data, metode penelitian kuantitatif memerlukan bantuan statistik. Kesimpulan hasil penelitian pun berupa hasil perhitungan yang bersifat penggambaran atau jalinan variabel. Kesimpulan hasil statistik ini harus ditambah dengan kesimpulan peneliti, yakni apa interpretasi atau penafsiran peneliti terhadap kesimpulan tersebut. Metode Deskriptif dalam penelitian ini digunakan untuk menjelaskan bagaimana tanggapan karyawan Hijab Story Bandung mengenai pull strategy, push strategi, dan pass strategy pada kegiatan pemasaran produk Hijab Story Bandung dalam menghadapi persaingan pasar. Dalam penelitian ini, responden yang dipilih peneliti karyawan Hijab Story Bandung sebanyak 55 orang dengan menggunakan teknik sampling purposive sehingga didapatkan sampel berjumlah 40 orang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pull Strategy Hijab Story, di antaranya  mengadakan kegiatan potongan harga (diskon), pembagian voucher, Iklan Spanduk, dan Liputan oleh majalah. Push Strategy Hijab Story, di antaranya mendekorasi butik dengan konsep yang nyaman, modern, dan elegan, member, pemberian gift, pembagian kalender tahunan. Pass Strategy Hijab Story mengadakan kegiatan peduli lingkungan, seperti kegiatan rutin gotong royong bersama, di antaranya rutinitas seluruh karyawan butik Hijab Story untuk membersihkan lingkungan butik dan sekitarnya, pemisahan sampah organik & non organik, banti sosial kepada panti asuhan, dan kerja sama dengan Kosmetik Wardah.

 


Keywords


Marketing Public Relations, Toko Pakaian Muslim, Strategi

References


Alifahmi, Hifni. 2008. Marketing Communication Orchestra. Jakarta: Examedia.

Ardianto, Elvinaro. 2005. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

_______________. 2008. Public Relations Praktis. Bandung: Widya Padjajaran.

_______________. 2010. Metode Penelitian untuk Public Relations: Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian. Jakarta: Penerbit Bina Aksara.

Cutlip, M Scott, Center H Allen, and Broom M.Glan.2000. Effective Public Relations. Eight Eduition. New York: Prientise Hall International.

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Devito, Joseph A. 1997. Komunikasi Antar Manusia, Edisi Kelima. Jakarta: Professional Books.

Effendy, Onong Uchjana. 1993. Ilmu, Teori & Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Harris, Thomas L. 1991. The Maketer’s Guide to Public Relations. New York: John Wiley & Sons. Inc.

Kotler, Phillip. 1996. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Moleong, J Lexy, Prof. Dr. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakaya.

Moore, Frazier. 1987. Hubungan Masyarakat: Prinsip, kasus, dan masalah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif : Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

_______________. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Rakhmat, Jalaludin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakaya.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ruslan, Rosady. 2002. Kiat & Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

_______________. 2004. Public Relations, edisi revisi ke-2. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

_______________. 2007. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: konsepsi dan aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Saladin, Djaslim. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: Penerbit Agung Ilmu.

Seitel, Fraser P. 1992. The Practice of Public Relations. Colombus, Ohio: Charles E. Merril Publishing Company.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendy. 1989. Metode Penelitian Survey. Edisi Revisi. Jakarta: LP3ES.

Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Soemirat, Soleh dan Ardianto. 2002. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

_______________. 2003. Strategi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wascaa Agung, Silih. 2005. Strategi Public Relations. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Yulianita, Neni. 2005. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas Bandung.

_______________. 2007. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas Bandung.

Internet:

Silvita Agmasari. “Bandung Kini Jadi Kiblat Busana Muslim Indonesiaâ€. tribunnews.com. diakses pada 8 Maret 2015, pk. 17.00 WIB.

Vivanews.com, “Mimpi Indonesia: kiblat fashion muslim duniaâ€, diakses pada 8 Maret 2015, pk.18.00 WIB.

www.google.com

www.tenagasosial.com, Ini Dia Strategi Menguasai Pasar, diakses pada 16 September 2015, pk. 16.38 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2840

Flag Counter   Â