Kegiatan Marketing Public Relations dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan Shopee

Syifa Sarita Sagi, Rizky Fauzi, Rizky Fauzi

Abstract


Abstract: This research aims to determine marketing public relations activities in shaping Shopee customer loyalty and to learn how strategies Shopee can do to build customer loyalty in the Shopee e-commerce platform. This research uses quantitative research methods. The data collection technique was done by using purposive sampling. The data was collected by distributing questionnaires to 100 male and female respondents who live in South Jakarta. The calculation of the results of the questionnaire calculated in this study used the SPSS statistical test. The techniques used in this test are validity, reliability, simple linear regression and correlation. The results of the calculation of the two variables proved to be valid, with the most influential variable X being the Special Event & Promotion indicator, with the result of 0.764 and the Y variable which was the most influential indicator showed the attractiveness of similar products from competitors, with a result of 0.795. The results of the calculation of the regression test have the effect of variable X on variable Y, which is proven to be sufficient with a value of 0.000 for significance and R Square = 0.555 or 55.5% above 0.5 is proven to have an effect. The value of the strength of the relationship formed between the two variables is 0.745 when referring to the interpretation of the correlation coefficient which indicates a strong relationship. This research yields information where Public Relations Marketing Activities can partially influence Shopee Customer Loyalty.

Keywords: Public Relations Activities, Customer Loyalty

Abstrak : Peneilitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan marketing public relations dalam membentuk loyalitas pelanggan Shopee dan mempelajari bagaimana strategi yang dapat dilakukan oleh Shopee untuk membentuk loyalitas pelanggan dalam platform e-commerce Shopee.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisoner kepada 100 responden yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan yang berdomisili Jakarta Selatan. Perhitungan hasil kuisioner yang dihitung dalam penelitian ini menggunakan uji statistik SPSS. Teknik yang digunakan dalam pengujian ini adalah uji validitas, reliabilitas, regresi linear sederhana dan korelasi. Hasilnya secara perhitungan kedua variabel terbukti valid, dengan variable X yang paling berpengaruh adalah indikator Special Event & Promosi, dengan hasil 0,764 dan variabel Y yang paling berpengaruh adalah indikator Menunjukkan Daya Tarik Produk Sejenis dari Pesaing, dengan hasil 0,795. Hasil penghitungan Uji Regresi memiliki pengaruh variabel X terhadap variabel Y terbukti cukup dengan nilai 0,000 untuk signifikan dan R Square = 0,555 atau 55,5% diatas 0,5 terbukti memiliki pengaruh. Nilai kekuatan hubungan yang terbentuk antara dua variabel yaitu sebesar 0,745 bila mengacu pada interprestasi koefisien korelasi menyatakan hubungan yang kuat. Penelitian ini menghasilkan informasi dimana Kegiatan Marketing Public Relations dapat berpengaruh secara parsial terhadap Loyalitas Pelanggan Shopee.

Kata Kunci : Kegiatan Public Relations, Loyalitas Pelanggan


Keywords


Kegiatan Public Relations, Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Abdillah, F. (2017). Efektivitas marketing public relations dalam membangun citra merek perusahaan jasa telekomunikasi. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.31311/JECO.V1I1.1565

Alfin, M. R., & Nurdin, S. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Pada Kepuasan Pelangan Yang Berimplikasi Pada Loyalitas Pelanggan. Ecodemica, 1(2), 252–261. https://doi.org/10.31311/jeco.v1i2.2277

Anggraeni (2009). Marketing public relations. Marketing, 24(2), 53–55.

Arofah, U. (n.d.). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Karyawan PT. Jasa Marga Cabang Jagorawi Pada Kegiatan Jago One.

Aryani, D., & Rosinta, F. (2010). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 17(2), 114–126.

Berwirausaha. (n.d.). https://www.berwirausaha.net/2019/03/siapa-pemilik-dan-pendiri-shopee-ini-jawabannya.html/.

Christiana. (n.d.). https://www.suara.com/yoursay/2019/12/10/131146/strategi-shopee-dalam-menarik-perhatian-pelanggan?page=all.

Christin Djuarto. (n.d.). https://www.youtube.com/channel UCwljrkoI5jsfvAKgW3zNC7Q/videos.

Hapsari, Laras Auliantika, et al. (2016). Penelitian menggunakan Paradigma Positivistik Kuantitatif. 16725251031.

Hidayat, T. (2015). Pengaruh Marketing Public Relations terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT . Jalur Nugraha Ekakurir (Jne) Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis, & Entrepreneurship, 9(2), 102–115.

Jayani, D. H. (n.d.). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/07/06/pengunjung-situs-shopee-terbesar-di-indonesia.

Maulana, S. M., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online. Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 1–9.

Muchlis, I. (2015). Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt. Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt. Batik Danar Hadi Surakarta. Electronic Thesees and Dissertation, 12(1), 32–38. https://doi.org/10.3923/ijss.2017.32.38

Natalia, A. (n.d.). https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/sukses-gelar-shopee-liga-1-2019-shopee-kembali-jadi-sponsor-liga-1-2020/.

Nurfajrianto, R. (2018). Strategi Marketing Public Relations PT Wahana Mitra Wisata Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Umroh. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/42707

Nurjanah, S. F., Kurniati, R. R., & Zunaida, D. (2019). Pengaruh E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Pada Belanja Online Shopee (Studi Pada Konsumen Belanja Online Mahasiswa Universitas Islam Malang). Jiagabi, 8(3), 154–162.

Proyeksi Penduduk Indonesia 2010-2020. (n.d.). https://selatan.jakarta.go.id/page-statistik-kependudukan.

Sari, G. R. (2019). Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Berrybenka Store. In Jom Fisip (Vol. 6).

Sembiring, I. (2014). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DALAM MEMBENTUK LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada Pelanggan McDonaldâs MT.Haryono Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 15(1), 84504.

Talitha, W. (2020). PENGARUH STRATEGI MARKETING COMMUNICATION TERHADAP BRAND IMAGE PT TOKOPEDIA. 9(2), 24–34




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27300

Flag Counter   Â