Pengaruh Brand Awareness dan Brand Personality terhadap Brand Image Kaspersky

Silvia Farahdiba, Guntur F. Prisanto

Abstract


Abstract: The competition of various Anti Virus brands in the market makes business leaders competing to become a brand that consumers can remember, not only in terms of product sophistication, but how the brand can get a good position in its market with strategic building brands, so that a brand is able to become a strong brand and survive in its market. The purpose of this article is to know how good  is the brand awareness, brand personality and the brand image of Kaspersky Anti Virus. The method that is used in this research is the quantitative method, by distributing an online survey to 109 respondents purposively. The Data analysis in this research is using univariate for demographic data, while for the hypothesis using a simple linear regression and multiple regression test. The results of the study prove that Brand Awareness partially has a significant effect on Brand Image. Then, Brand Personality also partially has a significant influence on Brand Image. Of the two variables, Brand Awareness is the variable with the highest influence value in growing a good Kaspersky Anti-Virus Brand Image.

Keywords : brand awareness, brand personality and brand image.

Abstrak: Persaingan beragam merek Anti Virus di pasaran membuat para palaku bisnis berlomba-lomba untuk bisa menjadi merek yang dapat di ingat oleh konsumennya, bukan hanya dari sisi kecanggihan produk, melainkan bagaimana merek tersebut bisa mendapat posisi yang bagus di pasarnya dengan strategi membangun merek tersebut, sehingga sebuah merek mampu menjadi merek yang kuat dan bertahan di pasarnya. Artikel ini bertujuan untuk meneliti seberapa besarnya pengaruh Brand Awareness, Brand Personality dan Brand Image terhadap merek Anti Virus Kaspersky. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survey online terhadap 109 responden secara purposive. Analisis data menggunakan univariat untuk data demografi, sedangkan untuk hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana dan berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa Brand Awareness secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Brand Image. Kemudian, Brand Personality juga secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap Brand Image. Dari ke dua variabel tersebut Brand Awareness menjadi variabel yang paling tinggi nilai pengaruhnya dalam menumbuhkan Brand Image dari Anti virus Kaspersky yang baik.

Kata Kunci : brand awareness, brand personality dan brand image.


Keywords


brand awareness, brand personality dan brand image.

Full Text:

PDF

References


Adiwidjaja, A. J. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse. Agora - Online Graduate Humanities Journal, 5(3).

Dharma, N., & Sukaatmadja, I. (2015). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Membeli Produk Apple. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(10), 255281.

Eri Barlian. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Sukabima Press.

Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). 203.

Hermanto, K., & Cahyadi, I. (2015). Minat Beli Ulang Fast Food Ayam Goreng Tepung. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 3(2), 561–573.

Hermanto, L. A., & Rodhiah. (2019). Pengaruh Brand Personality Terhadap Purchase Intention Produk The Body Shop. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, I(4), 820–829.

Hesty, F. (2018). Pengaruh Kesadaran Merk, Citra Merek, Dan Hubungan Merek Terhadap Ekuitas Merek OPPO Smartphone.

Indotelko. (n.d.). Rahasia Sukses Kaspersky Di Indonesia. https://www.indotelko.com/read/1570764311/rahasia-kaspersky-ndonesia

Juliani Leliga, F. (2012). Analisa Pengaruh Brand Image Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Mediator Pada The Dreamland Luxury Villas And Spa, Bali. 1–14.

Oktiani, A., & Khadafi, R. (2018). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image serta Word Of Mouth terhadap Brand Trust dan Pembentukan Brand Loyalty pada Pelanggan Cbezt Friedchiken Kecamatan Genteng Banyuwangi. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 1(2), 269–282. https://doi.org/10.31539/costing.v1i2.259

Rachmatianti, D. N. (2014). PENGARUH BRAND PERSONALITY TERHADAP MINAT BELI ( Studi Pada Merek Kosmetik Maybelline New York ). Fisip Ui.

SANTOSO, S. (2003). Mengatasi Berbagai Masalah Statistik dengan SPSS versi 11.5 (PT. Elex Media Komputindo. (ed.)).

Sitepu, R. (2015). PENGARUH MARKETING PUBLIC RELATIONS TERHADAP BRAND IMAGE DAN LOYALITAS PELANGGAN (Survei Pada Wisatawan Taman Rekreasi Selecta, Batu). Jurnal Administrasi Bisnis, 24(1), 1–6.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Alfabeta (ed.)).

Sunarti, E. G. P. E. Y. (2018). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis Program Studi Administrasi Bisnis angkatan 2014 konsumen Air Mnineral Aqua). Jurnal Administrasi Bisnis, 62(2), 214–221.

Yazid, M., Bastianudin, A., Saputra, T., Triatmojo, S., Pertiwiningrum, A., Perdana, D. A., Ebrianto, A. L., Sari, T. I., Sumatera, K., Darmanto, A., Soeparman, S., Widhiyanuriawan, D., Khaerunnisa, G., Rahmawati, I., Putri, A., Salahuddin, N. S., Gumay, M. G., Wisudawati, N., Gustiar, F., … Rahardjo, S. (2014). Strategi Public Relations Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Membangun Media Relations. Jurnal Teknologi Kimia Dan Industri, 2(1), 1–7.

Zulfikar, A., & Subarsa, K. Y. (2019). Pengaruh Iklan Dan Promosi Penjualan Di Televisi Terhadap Brand Awareness Bukalapak Pada Pengunjung Kota Kasablanka. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 4(1), 17. https://doi.org/10.33376/ik.v4i1.288




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27296

Flag Counter   Â