Pengaruh Konten Program Magazine terhadap Pengetahuan Penonton

Winda Dewita, Rosita Anggraini, Kresno Yulianto, Guntur F

Abstract


Absract: This study aims to determine whether the influence of the content of the program "World Has a Story" on TRANS TV on the knowledge of Instagram followers @duniapunyaceritatranstv and how much influence. This research uses the concept of television, programs, magazine programs, and audience knowledge. The paradigm used is positivistic, quantitative research approaches with explanative research types. The population of the study was 5,849 Instagram @duniapunyaceritatranstv followers and a sample of 100 respondents obtained by simple random sampling. Based on the results of the study shows that the content of the program "The World Has a Story" on TRANS TV affects the knowledge of Instagram followers @duniapunyaceritatranstv and its influence is strong.

Keywords: Program Content, Magazine Program, Audience Knowledge

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh konten program “Dunia Punya Cerita†di TRANS TV terhadap pengetahuan followers Instagram @duniapunyaceritatranstv dan seberapa besar pengaruhnya. Penelitian ini menggunakan konsep televisi, program acara, program magazine, dan pengetahuan penonton. Paradigma yang digunakan adalah positivistik, pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Populasi penelitian adalah followers Instagram @duniapunyaceritatranstv sebanyak 5.849 dan sampel berjumlah 100 responden yang diperoleh dengan simple random sampling. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa konten program acara “Dunia Punya Cerita†di TRANS TV berpengaruh terhadap pengetahuan followers Instagram @duniapunyaceritatranstv dan pengaruhnya kuat.

Kata kunci: Konten program, program magazine, pengetahuan penonton


Keywords


Konten program, program magazine, pengetahuan penonton

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro; Komala, Lukiati; Karlinah, Siti. (2017). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ayawaila, Gerzon R. (2009). Dokumenter: dari ide sampai produksi. Jakarta: FFTV-IKJ Press.

Badjuri, Adi. (2010). Jurnalistik Televisi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Baksin, Askurifai. (2016). Jurnalistik Televisi Teori dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Daryanto; Rahardjo, Muljo. (2016). Teori Komunikasi. Yogyakarta: Gaya Media.

David , E. R., sodakh, M., & Harilama, s. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Acta Diurna, 6(1), 1-19.

Hanif, Ahmad. Prodi, S., Komunikasi, I., Komunikasi, F., & Telkom, U. (2016). Pengaruh Program Breakout Terhadap Pengetahuan Musik Penonton Net Tv Di Kota Bandung Influence Breakout Program To Knowledge Of Music The Audience In Bandung. 3(1), 810–817.

Ishwara, Luwi. (2011). Jurnalisme Dasar. Jakarta: Kompas.

Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ks, Usman. (2009). Television News Reporting & Writing. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Morissan. (2009). Manajemen Media Penyiaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Muda, Deddy Iskandar. (2008). Jurnalistik Televisi. Bandung: PT.Remaja Rosadakarya.

Naratama. (2013). Menjadi Sutradara Televisi. Jakarta: PT.Grasindo.

N. N. Abdullah dan K. Nasionalita, “PENGARUH SOSIALISASI TERHADAP PENGETAHUAN PELAJAR MENGENAI HOAX ( Studi Pada Program Diseminasi Informasi Melalui Media Jukrak Di SMKN 1 Pangandaran ) Oleh :,†vol. 6, no. 1, hal. 120–130, 2018.

Rakhmat, Jalaludin. 2004. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Rosdakarya

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Di akses pada tanggal 30 Januari 2019 pukul 13:00




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27282

Flag Counter   Â