Pengaruh Kampanye “#Budayabeberes†terhadap Sikap Konsumen di Gerai KFC Setiabudi Pamulang

Widi Dwi Fatmarianti, A. Sigit Pramono Hadi

Abstract


Abstract: KFC Setiabudi Pamulang introduced “#Budayabeberes/#Cleaninghabitâ€. The goal of this research was to understand better the result of “#Budayabeberes/#Cleaninghabit†campaign which was rolled-out for outlet KFC Setiabudi Pamulang in 2020. KFC Setiabudi Pamulang has just implemented “#Budayabeberes/#Cleaninghabit†in May 2019 and there is still a lack of consumer awareness of the campaign. Based on the explanation of the background of the problem above, therefore the researcher is interested in conducting this research. The approach used was by quantity information with survey method. The method used in this research is quantitative with the title of the campaign “#Budayabeberes/Cleaninghabit†campaign on customers attitudes.. There were 101 samples taken. In the hypothesis sampling model of  'Thit' > T table report shown effective result on the behaviour of customers. The results of the Correlation Coefficient show a positive value, meaning that there is a positive relationship between campaign variables and customers attitudes at KFC Setiabudi Pamulang. Referring to R report (correlation/effectiveness) shows 0.676, which is quite high, in other words the #Budayabeberes/#Cleaninghabit campaign was resulting in significant behaviour on the customers. While the coefficient of determination is 0.332or 33% hich is categorized as low. This means that these results explain that there must be several variables, indicators or other dimensions that need to be added or in further research, so that this research can be well illustrated. The 67% (100% – 33%) make other factors that are not discussed in this research and are not included in this research.

Keyword: #Budayabeberes/#Cleaninghabit, Behaviors, Campaign,  KFC

Abstrak: KFC Setiabudi Pamulang baru menerapkan  #Budayabeberes. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kampanye “#Budayabeberes†terhadap sikap konsumen di Gerai KFC Setiabudi Pamulang pada tahun 2020. KFC Setiabudi Pamulang baru menerapkan #Budayabeberes bulan mei 2019 dan masih kurangnya kesadaran konsumen akan kampanye tersebut. Berdasarkan pemaparan latar belakang masalah diatas, maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini. Pendekatan pada penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah eksplanatif, metode yang digunakan penelitian ini adalah survey. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan judul pengaruh kampanye “#Budayabeberes†terhadap sikap konsumen. Responden dalam penelitian ini sebanyak 101 responden. Pada uji hipotesisdapat dilihat nilai Thit>Ttabel dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh kampanye terhadap sikap konsumen. Hasil dari Koefisien Korelasi menunjukan nilai positif artinya didapatkan hubungan yang positif antara variabel kampanye dengan sikap konsumen KFC Setiabudi Pamulang. Dapat dilihat bahwa  nilai R (Koefisien Korelasi) adalah sebesar 0,676, dinyatakan kuat, dengan kata lain kampanye #Budayabeberes memiliki peran penting terhadap sikap konsumen. Sedangkan koefisien determinasi adalah 0,332 atau 33% yang dikategorikan rendah.  Artinya hasil ini menjelaskan bahwa harus ada beberapa variabel, indikator atau dimensi-dimensi lain yang perlu ditambahkan atau dimodifikasi dalam penelitian selanjutnya, sehingga penelitian ini dapat tergambar dengan baik. Selisihnya sebesar 67% (100% – 33%) merupakan faktor lain yang tidak dibahas dan tidak termasuk dalam penelitian ini.

 Kata Kunci: #Budayabeberes, Kampanye, KFC, Sikap




Keywords


#Budayabeberes, Kampanye, KFC, Sikap

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, R. (2005). Memahami Pemasaran Edisi Kelima Cetakan Ketujuh. Liberty.

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2016). Sikap manusia teori dan pengukurannya edisi ke 2 (Edisi ke 2). PUSTAKA PELAJAR. http://scholar.google.com/scholar?cluster=3303078229053771459&hl=en&oi=scholarr

Deddy, M. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Pt.Remaja Rosdakarya.

GERUNGAN, W., & J. B. (2004). Psikologi Sosial (Ed. 3). Refika Aditama.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 . Cetakan ke VIII (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayat, S. dan S. (2002). Metodologi Penelitian. Mandar Maju.

Mayers, D. . (1996). Social Psychology. McGraw-Hill College.

McQuail, Denis & Windahl, S. (1993). Communication models : for the study of mass communications. Longman.

Rakhmat, J. (2004). Metode Penelitian Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Rosady, R. (2003). Metode Penelitian PR dan Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada.

Sarlito W Sarwono, E. A. M. (2009). Psikologi Sosial. Salemba Humanika. https://scholar.google.co.id/citations?user=aygm-fQAAAAJ&hl=id#d=gs_md_cita-d&u=%2Fcitations%3Fview_op%3Dview_citation%26hl%3Did%26user%3Daygm-fQAAAAJ%26citation_for_view%3Daygm-fQAAAAJ%3At7zJ5fGR-2UC%26tzom%3D-420

Sekaran, U. (2011). Research Methods for business (1st & 2nd ed.). Salemba Empat.

Soemirat, S. (2007). Dasar-Dasar Public Relations. Rosdakarya.

Sugiyono. (2002). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sugiyono. (2012). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Venus, A. (2018). Manajemen Kampanye; Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Edisi Revisi. Simbiosa Rekatama Media.

Anggani, C. H. (2014). Pengaruh Program Kampanye “Say No to Plastic Bag†oleh The Body Shop terhadap Partisipasi Masyarakat. Wacana, XIII(2), 155–177.

Basri, H. (2016). Pengaruh Karakteristik Pesan Kampanye Kesehatan Terhadap Sikap Hidup Sehat Ibu Ibu Anggota Posyandudi Kota Bandar Lampung. Jurnal Bisnis Darmajaya, 2(1), 102–113.

Coffman, J. (2002). Public communication campaign evaluation. Harvard Family Research Project, 1–42.

Curtis, C., & Headicar, P. (1997). Targeting travel awareness campaigns. Transport Policy, 4(1), 57–65. https://doi.org/10.1016/s0967-070x(96)00034-0

Donation, S, F. (1992). Polls Show Ecological Concern Is Strong. Advertising Age, 49.

Fishbein Mg, &. A. (1980). Theory Of Reasoned Action. Society and Psikologi of Journal, 192–200.

Hartono, M. (2019). Hubungan Antara Kampanye Dengan Sikap Remaja. Inter Script: Journal of Creative Communication, 1(1), 34–47. https://doi.org/10.33376/is.v1i1.348

Nunnally, J. C. (1967). Psychometric Methods. Journal of the American Statistical Association, 51(274), 413. https://doi.org/10.2307/2281384

Pratama, D. Y., Iqbal, I. M., & Tarigan, N. A. (2019). Makna Televisi Bagi Generasi Z. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 4(1), 88. https://doi.org/10.33376/ik.v4i1.292

Reubsaet, A., van Osch, L. A. D. M., de Vries, H., Op de Coul, M. R., & Lechner, L. (2009). Some signals cannot wait: Effects of a national campaign on early detection of cancer among Dutch adults (>55 years). Cancer Epidemiology, 33(3–4), 194–200. https://doi.org/10.1016/j.canep.2009.07.005

Retia Kartika Dewi. (2019). Ajakan Baik KFC agar Konsumen Beberes Setelah Makan Malah Tuai Polemik. Lifestyle.Kompas.Com. https://lifestyle.kompas.com/read/2019/01/16/124934020/ajakan-baik-kfc-agar-konsumen-beberes-setelah-makan-malah-tuai-polemik?page=all

Rizky Tyas. (2019). KFC Indonesia Kampanyekan Budaya Beberes Setelah Makan, Netizen: Mending Makan di Rumah. Tribunnews.Com. https://www.tribunnews.com/travel/2019/01/18/kfc-indonesia-kampanyekan-budaya-beberes-setelah-makan-netizen-mending-makan-di-rumah




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27276

Flag Counter   Â