Ketahanan Brand “Kampus Berwawasan Kesehatan†UNISA Yogyakarta di Masa Pandemi Covid-19

Hanif Alghazy Bagasmayong, Ade Putranto Prasetyo Wijiharto Tunggali

Abstract


Abstract:The spread of COVID-19 around the world has caused major changes in social interactions in various sectors, including the education sector. According to a network analysis from the Cornell campus, it shows how universities are a vulnerable space to become clusters of the spread of COVID-19. The COVID-19 pandemic does not only force universities to change their learning methods. Aisyiyah through UNISA Yogyakarta has also contributed a lot in the education sector, of course it cannot be separated from the impact caused by the COVID-19 Pandemic. This study aims to examine how the activity of the Yogyakarta UNISA brand activation during the COVID-19 pandemic. This research is a descriptive qualitative research using a case study approach. The subject of this research is Aisyiyah College based in Yogyakarta Special Region, namely Aisyiyah University Yogyakarta. The results of this study indicate that the brand activation activities carried out during the pandemic are based on assistance and volunteers. The UNISA Yogyakarta brand activation activities during this pandemic also took advantage of social media or commonly referred to as digitalization in promotional and publication activities with a storytelling and figure recognition approach.

Keywords: Covid-19, Brand Activation,’Aisyiyah College

Abstrak: Penyebaran COVID-19 di seluruh dunia telah menyebabkan perubahan besar dalam interaksi sosial diberbagai sektor, termasuk sektor pendidikan. Menurut analisis jaringan dari kampus Cornell menunjukkan bagaimana universitas merupakan ruang yang rentan menjadi kluster penyebaran COVID-19. Pandemi COVID-19 tidak hanya memaksa perguruan tinggi mengubah metode pembelajarannya. Aisyiyah melalui UNISA Yogyakarta juga banyak berkontribusi di sektor Pendidikan, tentu tidak terlepas dari dampak yang ditimbulkan oleh Pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana aktivitas brand activation UNISA Yogyakarta di masa Pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah Perguruan Tinggi Aisyiyah yang berbasis di Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan brand activation yang dilaksanakan dimasa pandemi berbasis bantuan dan sukarelawan. Kegiatan brand activation UNISA Yogyakarta di masa pandemi ini juga memanfaatkan media sosial atau biasa disebut sebagai digitalisasi pada kegiatan promosi dan publikasi dengan pendekatan storytelling dan pengenalan sosok.

Kata Kunci: Covid-19, Brand Activation, Perguruan tinggi ‘Aisyiyah


Keywords


Covid-19, Brand Activation, Perguruan tinggi ‘Aisyiyah

Full Text:

PDF

References


Ayu Retno Widyastuti, D., Beny Pramudyanto, A., & Noor Prima Astuti,

R. A. V. (2018). Dinamika dalam Membangun Merek Kolektif pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Komunikator, 10(2).

https://doi.org/10.18196/jkm.101013 Bungin, B. (2007). Analisis data penelitian

kualitatif. PT RajaGrafindo Persada.

Cresswell, J. W. (2016). Research Desaign: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Salemba Humanika.

Kozinets, R., Cova, B., & Shankar, A. (2007). Consumer tribes: Theory, practice, and prospects. London, Elsevier/Butterworth-Heinemann,

doi, 10, 9780080549743.

Sutrisna, E. (2015). Muhammadiyah dan Gerakan Kesehatan Berkemajuan. Tajdida, 13(1), 9–16.

Yin, R. K. (2006). Studi kasus: Desain dan Metode (terjemahan). PT Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27275

Flag Counter   Â