Implementasi Cyber PR pada Lembaga Sinergi Foundation di Era Pandemi covid-19

Hani Yuniani

Abstract


Abstract: Covid-19  pandemic that has been going on for almost a year in the republic of indonesia gave serious impacts on the economic on a small scale , medium and large scale national . Many companies and micro and small entrepreneurs who had to have gone out of business gave rise to the workers being laid off that extends . Therefore , required attitude each other shoulder as a nation to overcome the problem of economic downturn now . Through a transformation that he did , expected the public can closer to various canal and social media accounts for the sake of the engagement between public and institutions fund management people .This research trying to find the implementation of cyber PR in transformation organisation Dompet Dhuafa being Sinergi Foundation in their action of functional pratical public relation. Furthermoe, it looking for the result of the antutiasme and public participation especilaly moslem comunity to put their money called wakaf ,Zakat, infaq and sedekah (ZISWAF). The methode of this research are using descryptive analytical of the company profile in the website, Youtube channel, and any other publication.  In order to counting the succesful of their campaign ,the postive respons are being adjustable as indicator itself.

Keyword: Cyber PR, creative PR, lembaga sosial, engagement

Abstrak: Pandemi covid 19 yang telah terjadi selama hampir setahun di Republik Indonesia , memberi dampak yang cukup serius pada pereknomian dalam skala kecil, menengah  maupun skala besar (nasional). Banyaknya perusahaan dan UMKM yang harus gulung tikar memunculkan aksi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang meluas. Karena itu, diperlukan sikap saling bahu membahu sebagai anak bangsa dalam mengatasi masalah kemerosotan ekonomi yang terjadi. Kehadiran lembaga kemanusiaan seperti Dompet Dhuafa yang telah puluhan tahun ikut berkontribusi terhadap pemberdayaan di bidang sosial ekonomi bangsa ini terus melakukan inovasi dalam membangun keterikatan dengan publik dengan mengikuti perkembangan teknologi komunikasi saat ini. Melalui transformasi yang dilakukannya, diharapkan publik dapat lebih dekat dengan berbagai kanal dan akun media sosial demi tercapainya engagement antara publik dan lembaga pengelola dana umat. Penelitian iniberusaha melihat implementasi cyber PR pada transformasi Dompet Dhuafa Bandung menjadi Lembaga Sinergi foundation dalam melakukan fungsi kehumasan dan hasil yang dicapai melalui antusiasme dan partisipasi publik / komunitas masyarakat muslim dalam menyalurkan dana wakaf zakat, infaq dan sedekah mereka. Metode penelitian yang  digunakan adalah analisis deskriptif pada konten media sosial dan kanal Youtube dari Lembaga Sinergi Foundation dengan unit analisis konten jampanye PR di media sosial. Hasil penelitian ini yaitu dengan keseriusan Sinergi Foundation menngoptimalkan kampanye dan massive nya pesan yang diluncurkan, publik internal dan eksternal memberikan respon positif sehingga membentuk citra positif sebagai indikator keberhasilan fungsi kehumasan yang dijalankan.

Kata Kunci: Cyber PR, creative PR, lembaga sosial, engagement


Keywords


Cyber PR, creative PR, lembaga sosial, engagement

Full Text:

PDF

References


Baskin, Craig E and Aronoff, Public Relations: The Profession and the Practice, Otis W, 1992, McGraw-Hill Higher Education

Creswell, John W 2002. Research Design: Qualitative and Quantitative Approaches. London: Sage Publications

Ferrina Dewi, Erna,2008, Merk dan Psikologi Konsumen , Graha Ilmu, Yogyakarta

Grunig, J.E. and Hunt, T.1992 Excelence [ub;icRelation&communication Management Hillsdale, New jersey : Lawrence Erlbaum Associate Inc.

Jefkins Frank, Public Relations, 1998, Financial Times, London, England

Onggo, Bob julius, 2004, Cyber public Relation, Jakarta, PT. Elex Media Komputindo

Priyatna, Soeganda, 2008, Dasar-dasar Public Relation, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Ruslan, Rosady, 2012, Manajemen Public Relation dan Media Publikasi, Jakarta, PT. RajaGrafindo Persada.

Patra, Aces Vio (2019), Produksi dan Pengelolaan konten New Media berbasis cyber PR dan Di Royal Ambarukmo (Analisis Deskriptif Kualitatif Produksi dan Pengelolaan Konten New Media pada Website dan Instagram Berbasis Cyber PR di Royal Ambarrukmo Yogyakarta periode April- Juni 2019 ). Thesis, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

https://www.pragencyone.co.uk/digital-marketing/social-media-agency/

https://www.perhumas.or.id/era-industri-4-0-apa-tantangan-hubungan-masyarakat-di-masa-depan/

https://www.sinergifoundation.org/dompet-dhuafa-jawa-barat-menjadi-sinergi-foundation/

http://www.dompetdhuafa.org/

https://forumzakat.org/sinergi-foundation-raih-penghargaan-fundraising-wakaf-produktif-terbaik/




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27274

Flag Counter   Â