Pengaruh Strategi Marketing Public Relations terhadap Loyalitas Pelanggan

Gita Noviani, Guntur F Prisanto

Abstract


Abstract: Communication is the main thing that is needed by society today and even the internet is the main requirement for a communication tool. Public Relations must provide good quality service because it can affect current competition and affect customer satisfaction. Telkomsel provides services with a place called GraPARI and the MyTelkomsel application with the aim of growing customer loyalty. Variable x is Marketing Public Relations and Variable Y customer loyalty. In this study, it can be seen that the influence of Marketing Public Relations is significant on customer loyalty. This study uses an explanative quantitative analysis with a survey method and then the sample is rounded off with the provisions of consumers who are present in one day, data collection techniques by filling out questionnaires and data processing using non-probability SPSS (Statistics Program for Social Science) with significant results with weak influence.

Keywords: Public Relations, Communication, Good Quality, Marketing Public Relations, Customer Loyalty

Abstrak: Komunikasi merupakan hal utama yang dibutuhkan masyarakat saat ini bahkan internet menjadi kebutuhan utama untuk alat komunikasi. Public Relations harus menyediakan kualitas pelayanan yang baik karena dapat mempengaruhi persaingan saat ini dan berpengaruh untuk kepuasaan pelanggan. Telkomsel membuat pelayanan dengan tempat bernama GraPARI dan aplikasi MyTelkomsel dengan tujuan untuk menumbuhkan loyalitas pelanggan.Variabel x yaitu Marketing Public Relations dan Variabel Y loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini terlihat bahwa pengaruh Marketing Public Relations signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif Eksplanatif dengan metode survey lalu sampel dibulatkan dengan ketentuan konsumen yang hadir dalam satu hari, teknik pengambilan data dengan pengisian kuisioner dan pengolahan data menggunakan SPSS (Statistic Program for Social Science) teknik non probability dengan hasil signifikan dengan pengaruh lemah.

Kata Kunci: Public Relations, Komunikasi, Kualitas pelayanan, Marketing Public Relations, Loyalitas Pelanggan


Keywords


Public Relations, Komunikasi, Kualitas pelayanan, Marketing Public Relations, Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Abdillah, F. (2017). Efektivitas marketing public relation dalam membangun citra merek perusahaan jasa telekomunikasi. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(1), 1–9. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/1565

Alhogbi, B. G. (2017). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 21–25. http://www.elsevier.com/locate/scp

Andrariladchi, H., & Adiwibowo, B. S. (2018). Pengembangan Strategi Public Relations Menggunakan Pendekatan Marketing Mix dan Sostac terhadap Produk Pariwisata. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 3(2), 219. https://doi.org/10.33376/ik.v3i2.236

Bungin, Burhan, Prof., D. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif. (Jakarta). Kencana Prenada Media Group.

Cutlip, Scott. M., C. A. H. & B. G. M. (2009). Effective Public Relations. kencana.

Hariyanto, M. A. D. (2016). Analisis Strategi Spotify.

Hidayat, T. (2015). Pengaruh Marketing Public Relation Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt . Jalur Nugraha Ekakurir (Jne) Bandung. Jurnal Ekonomi, Bisnis, & Entrepreneurship, 9(2), 102–115.

Jaka. (2018). WAJIB Menggunakan My Telkomsel. 8 Juli. https://jalantikus.com/tips/aplikasi-my-telkomsel/

Jefkins, F. ; D. Y. (2004). Public Relations. erlangga.

KOMINFO. (2018). Inilah rincian jumlah pelanggan prabayar masing-masing operator. https://kominfo.go.id/content/detail/13131/inilah-rincian-jumlah-pelanggan-prabayar-masing-masing-operator/0/sorotan_media

Lestari, A., & Yulianto, E. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi (Survei pada Pelanggan Citra Kendedes Cake & Bakery Jl . S . Hatta B3 Kav. A, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 54(1), 74–81.

Rizkita Darajat. (2018). Keunggulan Aplikasi MyTelkomsel untuk Aktivitasmu. 30 November. https://review.bukalapak.com/techno/5-keunggulan-aplikasi-mytelkomsel-untuk-aktivitasmu-85315

Sitepu, R. (2015). PENGARUH MARKETING PUBLIC RELATIONS TERHADAP BRAND IMAGE DAN LOYALITAS PELANGGAN (Survei Pada Wisatawan Taman Rekreasi Selecta, Batu). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 24(1), 86065.

Stefany, S., & Sari, W. P. (2019). Strategi Marketing Public Relations PT Crowde Membangun Bangsa dalam Meningkatkan Minat Investasi. Prologia, 2(2), 510. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3737

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D,. ALFABETA.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA.

Vellayati, T. (2014). Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Citra Perusahaan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Toyota Auto 2000 Jl. Letjend Sutoyo No.25, Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 11(1), 82763.

Wahyuni, L. I., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2018). Kartu Prabayar Telkomsel ( Studi Kasus Pada Pengguna Kartu Prabayar SimPATI Telkomsel di Lingkungan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2014 - 2017 FKIP Universitas Jember ). 12, 242–247. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8560

Widadi, R. H. S., & Wadji, F. (2015). Faktor-Faktor yang Berpengaruh pada Loyalitas Pelanggan Klinik Saraf Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. R.M. Soedjarwadi. Jurnal Manajemen DayaSaing, 17(1), 28–37. http://journals.ums.ac.id/index.php/dayasaing/article/view/2270/1540

Winata, A., & Fiqr, I. A. (2017). Loyalitas Pelanggan Hotel Emersia Di Bandar. Jurnal Manajemen Magister, 03(02), 133–149. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/jmmd/article/view/989/644%0A




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27271

Flag Counter   Â