Faktor Efektivitas Komunikasi Humas dalam Sosialisasi Program

Nur Rahayu Septiasari, Diajeng Herika Hermanu

Abstract


Abstract: The Home Learning Program is one of the programs made by the Ministry of Education and Culture's PR through television media so that the teaching and learning process can be carried out during the Covid-19 pandemic. The purpose of this study is to prove that the factors of the effectiveness of a communication, namely Achievement of Goals, Integration and Adaptation are factors that influence the effectiveness of communication in the Home Learning Program on TVRI. The method used is a quantitative approach, and uses probability sampling where data collection is carried out by distributing questionnaires via google form given to students of SMPN 227 Jakarta using a margin of error of 10%. The conclusion in this study is that the adaptation that most influences the Public Relations activities of the Ministry of Education and Culture in socializing the activities of the Home Learning Program on TVRI. Due to this research, researchers used respondents from female students in Jakarta who basically did not conform to the objectives of the Ministry of Education and Culture's Public Relations and the Government, which aims to facilitate students in the regions due to the difficulty of internet access.

Keywords: Communication Effectiveness, Goal Achievement, Adaptation, Integration.

Abstrak: Program Belajar Dari Rumah merupakan salah satu program yang dibuat oleh Humas Kemendikbud melalui tayangan media televisi agar tetap dapat terlaksananya proses belajar mengajar selama pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan bahwa faktor-fator dari efektivitas sebuah komunikasi yaitu Pencapaian Tujuan, Integrasi dan Adaptasi merupakan faktor yang berpengaruh terhadap efektivitas komunikasi dalam Program Belajar dari Rumah di TVRI. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan Kuantitatif, dan menggunakan probability sampling dimana pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner melalui google form yang diberikan kepada siswa-siswi SMPN 227 Jakarta dengan menggunakan margin error sebesar 10%. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa Adaptasi yang paling mempengaruhi pada kegiatan Humas Kemdikbud dalam mensosialisasikan kegiatan Program Belajar dari Rumah di TVRI. Dikarenakan penelitian ini peneliti menggunakan responden dari siswa siswi di Jakarta yang pada dasarnya tidak menjadi kesesuaian atas tujuan Humas Kemdikbud dan Pemerintah yang tujuannya adalah memudahkan siswa siswi di daerah karena sulitnya akses internet.

Kata kunci: Efektivitas Komunikasi, Pencapaian Tujuan, Adaptasi, Integrasi.


Keywords


Efektivitas Komunikasi, Pencapaian Tujuan, Adaptasi, Integrasi.

Full Text:

PDF

References


Arieska, P. K. dan N. H. (2018). Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Jurnal Statistika, 6(2), 166–171. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/s tatistik/article/view/4322/4001

Djohan, N. (2018). Efektivitas Sosialisasi Bidang Pemberdayaan. Ilmu Komnunikasi, 6(3), 425–437.

Handaru, S. (2017). Efektivitas Komunikasi Humas dalam Sosialisasi Program SIM Online oleh Satlantas Polrestabes Surabaya Pendahuluan.

Jurnal E-Komunikasi, 5, 1–12. http://publication.petra.ac.id/index.ph p/ilmu- komunikasi/article/viewFile/6152/564 9

Handayani, T. (2011). Membangun Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Kualitas Dalam Proses Belajar Mengajar. Ta’dib, 16(02), 273–302.

https://doi.org/10.19109/tjie.v16i02.6 4

Herika, D., & Ruliana, P. (2018). Public Relations dalam Membina Hubungan dengan Media. InterKomunika, 3(1), 45.

https://doi.org/10.33376/ik.v3i1.149 Khadijah, S., & Sri Rejeki, P. F. (2019).

Efektivitas Komunikasi Tutor BTQ dan Kemampuan Membaca Al- qur’an Mahasiswa. Jurnal Makna Volume, 5(2), 30–54.

Maslichah, L. (2016). Efektivitas Rapor Online Dalam Mendukung Kinerja Guru Smp Negeri 3 Surabaya.

Ni Komang Suni Astini. (2020).

Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah

Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. 11(2), 13–25.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19 Jisamar ( Journal Of Information System , Applied , Management , Accounting And Researh ) P-Issn : 2598-8700 ( Printed ) Jisamar ( Journal Of Inf.

(2), 30–36.

Pratama, A., & Anggraeni, R. (2019). Pengaruh Youtube Advertising Terhadap Respons Konsumen. Inter Community: Journal of Communication Empowerment, 1(1),

–30.

https://doi.org/10.33376/ic.v1i1.354 Puti Nova, S. (2018). Efektivitas

Komunikasi Aplikasi Telegram Sebagai Media Informasi Pegawai PT.Pos Indonesia (Persero) Kota Pekanbaru. E-Conversion - Proposal for a Cluster of Excellence, 5(1), 1– 11.

Sudiansyah, A. (2019). Efektivitas Komunikasi Dakwah Di Pesantren MQ dalam Merubah Akhlak Santri. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 21–36. https://doi.org/10.15575/cjik.v1i2.484 2

Utomo, D. A. (2013). Motif Pengguna Jejaring Sosial Google + Di Indonesia. E-Komunikasi, 1(2), 147–




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27256

Flag Counter   Â