Pengaruh Komunikasi Internal Perusahaan terhadap Motivasi Kerja Karyawan

Jeniver Aprili Pingkan, A Sigit Pramono Hadi

Abstract


Abstract. In building employee work motivation, good communication is needed within the company or organization. The objectives of this study are (1) To determine the communication that occurs in the Corporate Secretary at PT Bank Bukopin Tbk. (2) To determine the form of employee motivation in the Corporate Secretary division of PT Bank Bukopin, Tbk. (3) Determine the effect of internal communication of the leadership and staff of the Corporate Security division on employee work motivation. The research population of employees of PT Bank Bukopin MT Haryono Division of Corporate Secretary with a sample of 30 respondents. This study uses an explanative quantitative method applied in research. This study will discuss formal internal communication consisting of vertical communication. Vertical communication consists of downward communication and upward communication. The results of this study The relationship between variables X to Y is positive and strong enough based on the correlation value of 0.706 with the results of the correlation test showing a significance result of 0.000 which is less than 0.05. There is an influence of internal organizational communication between the Head of the Corporate Secretary Division and employees on motivation. Employee work of PT Bank Bukopin and the percentage contribution of internal communication is 70.6%, while 29.4% is influenced by other factors that are not within the scope of this research.

Keywords: Internal Communication, Upward Communication, Downward Communication and Work Motivation

Abstrak. Dalam membangun motivasi kerja karyawan diperlukan komunikasi yang baik di dalam perusahaan atau organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui komunikasi yang terjadi dalam Corporate Secretary di PT Bank Bukopin Tbk. (2) Untuk mengetahui bentuk motivasi karyawan didivisi Corporate Secretary PT Bank Bukopin, Tbk. (3) Menentukan efek komunikasi internal pimpinan dan staf divisi Corporate Secreatry terhadap motivasi kerja karyawan. Populasi penelitian karyawan PT Bank Bukopin MT Haryono Divis Corporate Secretary dengan sampel sebanyak 30 responden. Penelitian ini menggunkan metode kuantitatif eksplanatif yang diaplikasikan dalam riset .Pada penelitian ini akan dibahas tentang komunikasi internal yang bersifat formal yang terdiri dari komunikasi vertical. Komunikasi vertikal terdiri dari komunikasi kebawah dan komunikasi ke atas. Hasil dari penelitian ini Hubungan antar variable X terhadap Y adalah positif dan cukup kuat berdasarkan nilai korelasi, dengan hasil uji korelasi menunjukan hasil signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 .Terdapat pengaruh komunikasi internal organisasi antara Kepala Divisi Corporate Secretary dan karyawan terhadap motivasi kerja kerja karyawan PT Bank Bukopin dan presentase kontribusi komunikasi internal adalah sebesar 70,6% sedangkan 29,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak berada dalam ruang lingkup penelitian ini.

Kata kunci : Komunikasi Internal, Komunikasi Ke Atas , Komunikasi Ke Bawah dan Motivasi Kerja


Keywords


Komunikasi Internal, Komunikasi Ke Atas , Komunikasi Ke Bawah dan Motivasi Kerja

Full Text:

PDF

References


Ade, I. (2013). Fungsi yang regulative berhubungan dengan kebijakan perusahaan.

Astuti, I. M., Bagia, I. W., & Susila, G. A. (2016). No Title. Pengaruh Komunikasi Internal Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan., e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha,4.

Azwas Sanusi. (2012). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Komitmen Keorganisasian Pegawai Arsip Nasional Republik Indonesia.

Batubara, A. K. (n.d.). Aliran Informasi dalam Organisasi Perpustakaan. Jurnal Iqra’, 10.

Dakwah, F., Komunikasi, D. A. N., Ar-raniry, U. I. N., & Aceh, B. (2018). Pengaruh Komunikasi Internal Pemerintah.

Effendi, H. (n.d.). Pengaruh Intellectual Capital dan Komunikasi Organisasi terhadap Efektivitas Implementasi Renstra UPI. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXIII, 27.

Grunig, J.E. & Hunt, T. (1984). Managing Public Relations. Holt, Rinehart & Winston.

Ishak, A. (2012). Peran Public Relations dalam Komunikasi Organisasi. Jurnal ASPIKOM, 1(4), 373. https://doi.org/10.24329/aspikom.v1i4.38

Kaswan. (2008). Psikologi Industri dan Organisasi. Alfabeta.

Liliweri, A. (2014). Sosiologi dan Komunikasi Organisasi. Bumi Aksara.

Mokodompit, F. (2013). Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Efektivitas Kinerja Pada PT. Radio Memora Anoa Indah. Acta Diurna, 3.

Nathania. (2014). Hubungan Aliran Komunikasi Organisasi Dengan Kinerja Karyawan Di PT . Sarana Lubitama Semesta. Jurnal E-Komunikasi.

Oemi Abdurachman. (1971). Public Relations.

Pace, R., & Faules, D. (2013). Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan KInerja Perusahaan. PT Remaja Rosdakarya.

Ruliana, P. (2006). Komunikasi Organisasi Teori dan Kasus. PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Ruliana, P. (2016). Komunikasi Organisasi Teori dan Kasus. PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Safitri, R. A., Risaldi, B. T., & Oktaviani, M. (2019). Pengaruh Komunikasi Internal Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Pegawai. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(1), 19. https://doi.org/10.29406/jmm.v15i1.1412

Sari & Nurdin Azwar Sanusi. (2016). Pengaruh Komunikasi Internal Organisasi Terhadap Motivasi Kerja. 92.

Sukatno. (2011). Komunikasi Internal. In Blog Iqbal Muhammad. https://journal.interstudi.edu/index.php/InterKomunika/article/view/195/pdf

Utami, S. S. (2010). Pengaruh kepemimpinan, motivasi, komunikasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai kecamatan jumantono kabupaten karanganyar. Manajemen Sumberdaya Manusia.




Flag Counter   Â