Pengaruh Program Kampanye #ruangabacajakarta terhadap Sikap Penumpang MRT Jakarta

Husna Ramadhanti, Gita Widiasanty

Abstract


Abstract: Reading is the easiest way to add to a broader knowledge. Indonesia itself is ranked 62 out of 72 countries with low literacy levels according to research conducted by PISA (Program for International Student Assessment). In connection with this, the Provincial Government of DKI Jakarta, supported by PT MRT Jakarta, held a campaign to invite DKI Jakarta residents to be interested in reading entitled #ruangbacajakarta which is located in several major Jakarta MRT stations. This type of research is quantitative, this research method is explanative. This study aims to examine the effect of the #ruangbacajakarta Campaign Program on the attitudes of MRT Jakarta passengers. From the results of this study, there are the results of the #ruangbacajakarta Campaign Program which can affect the attitude of MRT Jakarta passengers by 40.2% while 59.8% is influenced by other things that are not examined. Respondents in this study were 216. The results of this study were the Campaign Program: 0.769. , Attitude: 0.851. The #ruangbacajakarta Campaign Program carried out by the Provincial Government of DKI Jakarta and supported by PT MRT Jakarta has a positive effect on the Attitude of MRT Jakarta Passengers. From uninterested to interested in reading.

Keyword: Campaign, Attitude, MRT Jakarta, Reading

Abstrak: Membaca merupakan cara paling mudah untuk menambah ilmu pengetahuan lebih luas. Indonesia sendiri berada di peringkat 62 dari 72 negara yang memiliki tingkat literasi yang rendah menurt penelitian yang dilakukan oleh PISA (Program for International Student Assesment). Sehubungan dengan hal tersebut Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di dukung oleh PT MRT Jakarta menyelenggarakan sebuah kampanye untuk mengajak warga DKI Jakarta tertarik untuk membaca yang berjudul #ruangbacajakarta yang terdapat di beberapa stasiun besar MRT Jakarta. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, metode penelitian ini adalah eksplanatif. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh Program Kampanye #ruangbacajakarta terhadap sikap penumpang MRT Jakarta. Dari hasil penelitian ini terdapat hasil Program Kampanye #ruangbacajakarta dapat mempengaruhi sikap penumpang MRT Jakarta sebesar 40,2% sedangkan 59,8% dipengaruhi oleh hal lain yang tidak di teliti Responden dalam penelitian ini sebanyak 216. Hasil dari penelitian ini yaitu Program Kampanye : 0,769, Sikap : 0,851. Program Kampanye #ruangbacajakarta yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta serta di dukung oleh PT MRT Jakarta berpengaruh positif terhadap Sikap Penumpang MRT Jakarta. Dari yang tidak tertarik menjadi tertarik untuk membaca.

Kata Kunci: Kampanye, Sikap, MRT Jakarta, Membaca


Keywords


Kampanye, Sikap, MRT Jakarta, Membaca

Full Text:

PDF

References


Damarjati, D. (2019). Benarkah Minat Baca Orang Indonesia Serendah Itu? Detikcom.

https://news.detik.com/berita/d- 4371993/benarkah-minat-baca- orang-indonesia-serendah-ini

Hardiana Anggani, C. (2014). PENGARUH PROGRAM KAMPANYE “SAY NO TO PLASTIC BAG†OLEH THE BODY SHOP TERHADAP PARTISIPASI MASYARAKAT (Issue 2).

Lalu Rahadian. (2019). Jumlah Buku dan Perpustakaan di Indonesia Belum Ideal. Bisnis Indonesia. https://kabar24.bisnis.com/read/201 90423/79/914794/jumlah-buku-dan- perpustakaan-di-indonesia-belum- ideal

Maryam, S., Priliantini, A., & Studi Ilmu Komunikasi, P. (2018). PENGARUH KAMPANYE “LET’S DISCONNECT TO CONNECT†TERHADAP SIKAP ANTI PHUBBING (SURVEI PADA FOLLOWERS OFFICIAL ACCOUNT LINE STARBUCKS INDONESIA) INFLUENCE OF THE CAMPAIGN “LET’S DISCONNECT TO CONNECT†ON ANTI PHUBBING ATTITUDE (SURVEY IN LINE STARBUCKS INDONESIA OFFICIAL ACCOUNT FOLLOWERS). In

Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika (Vol. 7, Issue 3).

Mulyana, D. (2017). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (21st ed.). Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, R. (2016). MEDIA SOSIAL

Perspektif Komunikasi Budaya Dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama.

Nisrina. (2015). Bisnis Online Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Kobis (Komunitas Bisnis).

Ramadhan, A. (2019). Stasiun MRT Punya Pojok Baca untuk Tingkatkan Geliat Literasi. Kumparan. https://kumparan.com/kabarjakarta/s tasiun-mrt-punya-pojok-baca-untuk- tingkatkan-geliat-literasi- 1sETp4MWZRk/full

Tarigan, H. G. (2015). Membaca : sebagai suatu ketrampilan berbahasa. Angkasa Bandung.

Umam, K. N. dan K. (2012). Komunikasi & Public Relations. CV Pustaka Setia.

Venus, A. (2012). Manajemen Kampanye; Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi (IV). Simbiosa Rekatama.

Venus, A. (2018). Manajemen Kampanye; Panduan Teoritis Dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Simbiosa Rekatama.

Wulandari, S., Nuraini C, Q., & Nugroho,

D. R. (2019). PENGARUH KAMPANYE KOMUNIKASI PADA GERAKAN “BOGOH KA BOGOR†TERHADAP PERUBAHAN SIKAP MASYARAKAT (Studi Kasus KECAMATAN BOGOR TENGAH). 1(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27226

Flag Counter   Â