Pengaruh Program Event Bekas Jadi Berkah terhadap Citra Perusahaan OLX Indonesia

Fuad Irsyadi Agusta, Guntur F Prisanto

Abstract


Abstract: Technological advances cause many changes in everyday society. Technology is not only used for information media, but is also used to make transactions or buy and sell online which is called e-commerce. One of the e-commerce companies in Indonesia is OLX. Every company definitely needs a positive image in order to be accepted by the community. Positive and negative images are determined by public perceptions, so that a Public Relations conducts positive activities that can improve the company's image. This article aims to describe the effect of the event on OLX Indonesia's corporate image. In this strategy, Public Relations holds event activities for the company that is represented. This research method uses a quantitative approach by conducting an online survey to 74 respondents by accidentally. Data analysis used univariate analysis for demographic data. While testing the hypothesis using a simple linear regression test. This research shows that events are very influential on company image. This research shows that the event is very influential on the corporate image seen from the enthusiasm of the participants and Public Relations has succeeded in creating cooperation, mutual understanding between the public and organizations, and mutual acceptance between the public and organizations that create mutual benefits.

 Keywords : event, public relations, company image, strategy

Abstrak: Kemajuan teknologi banyak menyebabkan perubahan masyarakat sehari-hari. Teknologi tidak hanya digunakan untuk media informasi saja, namun juga digunakan untuk melakukan transaksi atau jual beli online yang disebut dengan e-commerce. Salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia adalah OLX. Setiap perusahaan pasti memerlukan citra positif supaya dapat diterima oleh masyarakat. Sebuah citra positif dan negatif ditentukan oleh persepsi masyarakat, sehingga seorang Public Relations mengadakan kegiatan positif yang dapat meningkatkan citra perusahaannya. Dalam strategi ini, Public Relations mengadakan kegiatan event untuk perusahaan yang diwakilinya. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh event terhadap citra perusahaan OLX Indonesia. Pada metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei secara online kepada 74 responden secara accidental. Analisis data menggunakan analisis univariat untuk data demografi. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana. Penelitian ini menunjukkan event sangat berpengaruh terhadap citra perusahaan dilihat dari antusiasme para partisipan dan Public Relations berhasil menciptakan terjalinnya kerja sama, saling pengertian antara publik dan organisasi, dan sama-sama menerima antara publik dan organisasi yang menciptakan keuntungan bersama.\

Kata kunci : event, public relations, citra, strategi


Keywords


event, public relations, citra, strategi

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Soemirat. (2008). Dasar-Dasar Public Relations. Remaja Rosdakarya.

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arkian, M. R. N., Drajat, M. S., & Ahmadi, D. (2018). Peran Public Relations dalam Film Hancock. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 3(2), 145. https://doi.org/10.33376/ik.v3i2.214

Dimas Ernomo Putra, Astuti, E. S., & Riyadi. (2015). Pengaruh Kemudahan Terhadap Kemanfaatan, Minat Dan Penggunaan E-Commerce. Jurnal Administrasi Bisnis, 21(2), 1–8. https://doi.org/10.1111/jmwh.12496

Faiz, A. (2015). Pengaruh Event Terhadap Peningkatan Citra.

Goyena, R., & Fallis, A. . (2019). PEMANFAATAN INFORMASI DALAM WEBSITE E - COMMERCE ( Studi deskriptif penggunaan olx dalam jual beli online di kalangan mahasiswa Universitas Airlangga )1. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hendrarto, D., & Ruliana, P. (2019). Strategi Public Relations Radio Delta FM Dalam Mempertahankan Pendengar Melalui Media Sosial. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 4(2), 166–178.

Hidayat Liputan 6. (2016). Gerakan Bekas Jadi Berkah OLX Indonesia Ajak Bantu Sesama. https://www.liputan6.com/tekno/read/2515488/gerakan-bekas-jadi-berkah-olx-indonesia-ajak-bantu-sesama

Iskandar Liputan 6. (2019). OLX Kembali Gelar Program Bekas Jadi Berkah. https://www.liputan6.com/ramadan/read/3958558/olx-kembali-gelar-program-bekas-jadi-berkah

Mujianto, H. (2018). Pengaruh Strategi Public Relations Terhadap Citra Perusahaan. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 4(1), 88–96.

Musfiroh, M. U. T. (2020). Loyalitas Pelanggan Mcdonalds Tb .

Noor, A. (2013). Manajemen Event. Bandung : Alfabeta.

Olx.co.id. (n.d.). Pusat Bantuan OLX.

Putri, Sa, Aida. (2018). PENGARUH EVENT DONOR DARAH GRATIS UNIVERSITAS BUDI LUHUR TERHADAP CITRA UNIVERSITAS BUDI LUHUR ( SURVEI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BUDI LUHUR ). 1671503744.

Rakhmat, J. (2009). Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Riduwan. (2004). Metode & Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta.

Ruslan, R. (2013). Metode Penelitian (Cetakan ke). PT RajaGrafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Alfabeta (ed.)).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27206

Flag Counter   Â