Pengaruh Strategi Public Relations terhadap Citra Perusahaan

Marryana Setya Pertiwi, Sigit Pramono Hadi

Abstract


Abstract: The role of Puhlic RelDtfons (PR ) at the State Film Production Corporation (PFN ) ylays an important role in enhancing a positive image, public refnrfOfl.S lies alway.s heen a hridge in creating a suyyorii ve communication environment between the State Film Producrinn Corporation (PFN ) and the yuhlic in order to huild the image of the State Corporation. The State Film PrndflCffofl ( PFN ) f I.self, especially the State Film Production Company (PFN ) had heen on hiatus for almost 26 years from the IndonesfDH film industry. And even the State Film Production Corporation (PFN ) was reyoriedly going to experience a permanent death. The yuryose of this research is to .see how strong the influenc e of yuhlic relations .strateg y on corporate image f.s in rebuilding the image of the State Film Production Company (PFN ) afier 26 years of ah.sence. The method fn this stud y using quantitative with respondents amountfng to 97 hy disrri6orfng google form. The re.sults of thf’.s .stud y on the factor analy.sis on the independent variable.s of 0.863. the results n/ncrnr analysis on the dependent variable obtained a value of0.815. The Puhlic Relation.s Strateg y of the State Film Production Corporation (PFN ) lie.s n strong enough influence in growing the company's image with an influence value of 504c. The remaining 504c is influenced hy enter /ocror.s. From the .sommnry value of this research, ir has an influence that is formed between the independent variables, namely the yuhlic relations strategy with the dependent variable, the comyan y' s image ha.s a  strong  enough  f“nfluence, the nexi researcher'.s .Aug ge.stion i.s how the PFN 'S yuhlic relatfons strateg y will have a very strong influence to huild ir.s image. For example, hy holding an endorsement to promote the works produced hy PFN, fsiPCfuffy in the Y variable (Company Image), the attitude dimension with the indicator "Film I take my heart again mat es the andf Once enthusiastic", £s the dimension that has the lowest score of3.92.

Keywords: Puhlic Relations, Strateg y, Company Image

Abstrak: Peranan Puhli‹ Rrloti‹›us (PR) di Perum Produksi Film Negara (PFN) berperan penting dalam meningkatkan citra yang positif, f uhli‹ rrl‹iti‹›ns juga selalu menjadi jembatan dalam menciptakan lingkungan komunikasi yang mendukung antara Perum Produksi Film Negara (PFN) dan masyarakat dalam rangka membangun citra dari Perum Produksi Film Negara (PFN) itu sendiri, apalagi Perum Produksi Film Negara (PFN) sempat vakum hampi r 26 tahun dari perindustrian film Indonesia. Dan bahkan Perum Produ ksi Film Negara (PFN) sempat dikabarkan akan mengalaini kematian permanen. Tujuan penelitian ini untuk melihat beberapa kuat pengaruh strategi puhli‹ rr/orir›ut terhadap citra perusahaan dalam membangun kembali citra Perum Produksi Film Negara (PFN) setelah 26 tahun vakum. Metode dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan responden berjurnlah 97 dengan rnenyebarkan google form. Hasil dari penelitian ini pada analisis faktor pada variabel bebas sebesar 0,863. hasil analisis faktor pada variabel terikat diperoleh nilai sebesar 0,815. Strategi Public Relations Perum Produksi Film Negara (PFN) memiliki pengaruh cukup kuat dalam menumbuhkan citra perusahaan dengan nilai pengaruh sebesar 50°/c. Sisan ya 50°/c dipengaruhi oleh faktor lain. Dari nilai mummy rv penelitian ini memiliki pengaruh yang terbentuk antara variabel independen yakni strategi yuhli‹ rrlotions dengan variabel dependen citra perusahaan mempunyai pengaruh yang cukup kuat, saran peneliti selanjutnya adalah bagaimana strategi puhli‹ t elations PFN agar lebih memiliki pengaruh yang sangat kuat untuk membangun citranya. Misalnya dengan mengadakan emlorsemrnt untuk mempromosikan karya-kaiya yang dihasilkan PFN, khususnya pada variabel Y  (Citra Perusahaan), pada dimensi sikap dengan indikator “Film Kuambil Lagi Hatiku membuat penonton antusiasâ€, merupakan dimensi yang memiliki nilai terendah yaitu sebesar 3,92.

Kata Kunci : Public Relations, Strategi, Citra Perusahaan


Keywords


Public Relations, Strategi, Citra Perusahaan

Full Text:

PDF

References


Andrariladchi, H., & Adiwibowo, B. S. (2018, December). Pengernbangan Strategi Public Relations Menggunakan Pendekatan Marketing Mix dan Sostac Terhadap Produk Pariwisata. Jurnal Kornunikasi INTER KOMUNlKA, 3.

doi:http://dx.doi.org/10.33376/ik.i’3i 2.236

https://journal.interstudi.edu/index.p hp/lnterKomunika/anicle/view/236

Andrini, S. (20 18, Juni). Peran CSR Awards Terhadap Citra Perusahaan Dalam Koinunikasi Antara Budaya. .fur ml KomuniMsi INTER KVM UNIKA, 3, 32.

doi:http://dx.doi.org/10.33376/ik.i’3i

https://journal.interstudi.edu/index.p hp/lnterKomunika/article/view/148 Pengaruh Strategi .. . | 17

Butterick, K. (2012). Pengantar Public Relation.s .- Teori dan Praktik Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Cutlip, S. M., Genter , A. H., & Broom, G. M. (2009). Effective Public Relations. Jakarta: Kencana.

Datuela, A. (2013). STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT. TELKOMSEL BRANCH MANADO DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA

PERUSAHAAN. Jurnal Acta Diuma, 11.

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.ph p/actadiurnakomunikasi/article/vi 965

Effendy, O. U. (2007). llmu Teori dan Fil.fafat Komunikasi. PT Citra Aditya Bakti.

Hasibuan, M. (2007). Orgnni.en.si dan Motivasi. Jakarta: Burnt Aksara.

Jefkins, F. (2002). Puhlic Relation.s. Jakarta: Erl angga.

Komalawati, E. (2017, Juni). Industri Indonesia: Membangun Keselarasan Ekonorni Media Film dan Kualitas Konten. Jurnal Komunikasi LUVAS, 1.

https://core.ac.uk/download/pdf/2284 66212.pdf

Kusumastuti, F. (2004). Dasar-dasar Name.s.

Ghalia Indonesia.

Rumanti, S. M. (2fD2). Dasar-dasar Public Relations Teori dan Praktik. Jakarta: PT Grasindo.

Ruslan, R. (2010). Manajemen PR dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Ruslan, R. (2014). Manajemen PR dan Media Komf4 nikasi Ken.sey dan Aylika.sinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Santoso, G. (2007). Metodologi Penelftian KuantitDtff dan Kualitatif. Prestasi Pustaka.

Soernirat, S., Elvinaro, & Ardianto. (2005). Dasar-dasar PR. Bandung: PT Rernaja Rosdakarya.

Soemirat, S., Elvinaro, & Ardianto. (2015). Dasar-dasar PR. Jakarta: PT Rernaja Rosdakarya.

Widjaja. (2010). Komuriikasi dan Hubungan Masyarakat. Burnt Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27203

Flag Counter   Â