Pengaruh Terpaan Media #Gundiklintasbumn pada Twitter terhadap Persepsi Profesi Pramugari

Fritda Hermawanti, Guntur F Prisanto, Kresno Yulianto, Poppy Ruliana

Abstract


Abstract: Twitter is a social media platform facilitates user to interact with other users, but also can be used to spread various kinds of information. Twitter account that has attracted a lot of attention from social media user is an account called @digeeembok, social media account with undisclosed personal data of the owner (anonymous). One of the hashtags that has become a trending topin on Twitter is #GundikLintasBUMN that discuss about a flight attendant who has extra-marital relationship with several person across State-Owned Enterprises (SOE/ BUMN). The purpose of this research was to see the effect of media coverage of Twitter @digeeembok and #GundikLintas, BUMN accounts on perceptions of the flight attendant profession. The theory used in this research is the theory of media exposure according to Rosengren in Rakhmat (2009: 66) which consists of frequency, duration and attention. Type of research is descriptive. This research uses a quantitative approach with survey methods. The data was collected through the primary data stage which consisted of observation and questionnaires. The secondary stage is through documentation in the form of related data, library and internet searches to find and obtain relevant information or data. The population of Twitter accounts is 467,900 followers. To determine the sample size used the Taro Yamane formula, to obtain 100 respondents were sampled in this research using purposive sampling technique. Data analysis used a simple linear regression statistical formula. The results showed that the #GundikLintasBUMN media exposure on Twitter tended to have a strong influence on the perceptions of flight attendant profession, The results showed that the media exposure of #GundikLintasBUMN on Twitter tended to be strong influence on perceptions flight attendant profession, because respondents did not need to take long and often read #GundikLintasBUMN, but gave great attention to know the continuation of #GundikLintasBUMN.

Keywords: Media exposure, perception, flight attendant profession, social media, hashtags

Abstrak: Twitter adalah platform media sosial untuk berinteraksi dengan pengguna lain namun dapat juga digunakan untuk menyebarkan berbagai macam informasi. Salah satu akun Twitter yang banyak menarik perhatian penggunanya adalah @digeeembok, sebuah akun yang tidak mengungkapkan data diri pemiliknya (anonymous). Salah satu tagar yang diangkat dari akun @digeeembok dan menjadi trending topic adalah #GundikLintasBUMN yang mengangkat topik tentang hubungan di luar nikah seorang pramugari dengan beberapa orang yang melintasi beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberitaan media Twitter akun @digeeembok dengan #GundikLintasBUMN terhadap persepsi profesi pramugari. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori terpaan media menurut Rosengren dalam Rakhmat (2009: 66) yang terdiri dari frekuensi, durasi dan atensi. Jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitiannya survei. Pengumpulan data dilakukan melalui tahap data primer yang terdiri dari observasi dan penyebaran kuesioner. Tahap sekunder melalui dokumentasi berupa data yang berhubungan penelitian, penelusuran pustaka dan internet untuk mencari dan memperoleh informasi atau data yang relevan. Jumlah populasi akun Twitter @digeeembok sebanyak 467.900 follower. Untuk menentukan ukuran sampel digunakan rumus Taro Yamane, sehingga diperoleh 100 responden dijadikan sampel dalam penelitian ini dengan teknik pengambilam sampelnya secara purposive sampling. Analisis data menggunakan rumus statistik regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terpaan media Twitter #GundikLintasBUMN memiliki pengaruh cenderung kuat terhadap persepsi profesi pramugari karena tidak dibutuhkan waktu yang lama dan sering untuk membaca tagar tapi memliki perhatian yang tinggi untuk mengetahui kasus #GundikLintasBUMN.

Kata kunci: Terpaan media, persepsi, profesi pramugari, media sosial, tagar


Keywords


Terpaan media, persepsi, profesi pramugari, media sosial, tagar

Full Text:

PDF

References


Carlina, G., & Paramita, S. (2017). PR Crisis Melalui Media Sosial.

Jurnal Komunikasi, 9(1), 81. https://doi.org/10.24912/jk.v9i1.2 11

Epps, R. H. (2017). The Black Mirror of Social Media: Exploring

Perceptions of Racial Inequalities During Police Interactions as Presented in Social Media Narratives. The University of North Carolina at Greensboro.

Helvie-mason, L., & Maben, S. (2017). Twitter-vism : Student Narratives and Perceptions of Learning from an Undergraduate Research Experience on Twitter Activism. 7(1), 47–61.

Indrajaya, S. E., Indrajaya, S. E., Lukitawati, L., Komunikasi, M. I., & Diponegoro, U. (2019).

Tingkat Kepercayaan Generasi Z terhadap Berita Infografis dan Berita Ringkas di Media Sosial. April, 169–182.

Mulawarman, M., & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi, 25(1), 36–44. https://doi.org/10.22146/buletinps ikologi.22759

Mustika, T., & Anggraini, R. (2019).

Pengaruh Terpaan Media Terhadap Reputasi Lembaga Pemerintah. Komunikasi Kreatif, 1(1), 66–79.

Nurul, S., Fitriyyah, J., Safriadi, N., & Pratama, E. E. (2019). Analisis Sentimen Calon Presiden Indonesia 2019 dari Media Sosial Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes. Edukasi Dan Penelitian Informatika, 5(3),

–285.

Patricia, N. L., & Handayani, S. (2014). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Pramugari Maskapai Penerbangan “ X .â€

Psikologi, 12, 1–17.

Pertiwi, C. A., Prihantoro, E., & Nuraeni, Y. (2018). Motif Penggunaan dan Terpaan Media Akun Instagram Terhadap Persepsi Khalayak. Ilmu Komunikasi.

Prabowo, S. (2016). Persepsi Mahasiswa Public Relations Terhadap Komunikasi Online Melalui Media Sosial ‘Twitter.’ Ilmu Komunikasi, XV(3), 234– 263.

Ramdan, A. K., Rismawan, F. R., Wiharnis, N., & Safitri, D. (2019). Pengaruh Akun Instagram @ temandisabilitas _ Id dalam Meningkatkan Kesadaran Followers Terhadap Difabel. 4(2), 104–115.

Rizki, M., & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Terhadap Citra Destinasi Dan Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Kampung Warna Warni Jodipan, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 49(2), 157–164.

Satria, R. A., Suharyono, & Alfisyahr,

R. (2017). Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Followers Aktif Akun Instagram Vans Indonesia yang menggunakan sepatu merek Vans

). Administrasi Bisnis, 50(2), 210–216.

Schweitzer, L. (2014). A Case Study of Public Transit and Stigma on Twitter. 80(3), 218–239.

https://doi.org/10.1080/01944363

.2014.980439

Simon, K. (2020). We Are Social (Hootsuite) Jan 2020: Digital 2020 Indonesia.

Www.Datareportal.Com. https://datareportal.com/reports/d igital-2020-indonesia

Smith, J. E., & Tirumala, L. N. (2012).

Twitter ’ s Effects on Student Learning and Social Presence Perceptions. 2(1), 21–31.

Suangkupon, D. (2018). Penggunaan Media Sosial dan Persepsi Terhadap Foto Selfie di Kota Padang Sidempuan. Universitas Sumatera Utara.

Suharman, T., & Irwansyah. (2019).

Representasi Makna Tagar #2019GantiPresiden Dalam Kampanye Pemilu 2019 di Media Sosial Twitter. Ilmu Komunikasi.

Vaidhyanathan, S. (2018). Antsocial Media: How Facebook Disconnects Us and Undermines Democracy. Oxford University Press.

Widiastuti, T. (2013). Analisis Elaboration Likehood Model Dalam Pembentukan Personal Branding Ridwan Kamil.

Aspikom, 3(3), 588–603.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27198

Flag Counter   Â