Membangun Kualitas Layanan Penyiaran Streaming Program Liga Inggris Mola TV berdasarkan Persepsi Audiens

Nur Iqbal Azshari, Renty Yuniarti

Abstract


Abstract: In the current era where everything is all digital can allow everyone to be able to access whatever they want to see and enjoy, the current phenomenon is the increased accessibility of streaming video-based shows in Indonesia which is a potential for Mola Tv as Broadcaster Streaming TV to optimize One of its flagship programs is the English League so that it can be optimally accessed by the audience. This study aims to determine the quality of streaming services for the English League Mola TV program based on audience perceptions. This study uses a descriptive qualitative method by conducting in-depth interviews with trusted informants, to find out their streaming service to Mola Tv as streaming television in broadcasting the English League. The results of this study show a good response from interviewed informants to provide responses and what strategies are carried out to build the quality of streaming services for the English League Mola Tv Streaming based on audience perceptions. League as the official channel of the Premier League on Mola Sports TV, There is a very important point for Mola TV's creative strategy in packaging Premier League programs so that viewers have the perception that Mola TV is a quality streaming TV in broadcasting sports programs, especially the English League, Apart from broadcasting all Premier League matches in HD quality, Mola TV displays original shows which will be made directly from the London studio, every week with unique and interactive content.

Keywords: Audience Perception, Quality of Broadcasting Service, Streaming Television.

Abstrak: Di era sekarang yang semua serba digital dapat memungkinkan setiap orang untuk bisa mengakses apa saja yang mereka mau lihat dan nikmati, Fenomena yang terjadi saat ini adalah meningkatnya aksesabilitas tayangan berbasis streaming video di Indonesia yang merupakan potensi bagi Mola Tv sebagai Broadcaster Streaming TV untuk dapat mengoptimalkan salah satu program unggulannya yaitu Liga Inggris agar dapat diakses oleh Audiens secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan penyiaran Streaming program Liga Inggris Mola Tv berdasarkan persepsi Audiens. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif Kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada Informan terpercaya, untuk mengetahui layanan Streaming mereka terhadap Mola Tv sebagai televisi Streaming dalam menayangkan Liga Inggris. Hasil penelitian ini menunjukan respon yang baik dari informan yang diwawancara untuk memberikan tanggapan serta strategi apa yang dilakukan untuk membangun kualitas layanan penyiaran Streaming Liga Inggris Mola Tv berdasarkan persepsi Audiens, dalam hasil wawancara pula dapat diketahui bahwa Mola Tv mempunyai legalitas dengan bekerjasama langsung dengan Production Premier League sebagai saluran resmi Premier League yang ada di Mola Sports TV, Ada point yang sangat penting bagi strategi kreatif Mola TV dalam mengemas program Liga Inggris agar pemirsa memiliki persepsi bahwa Mola TV adalah TV Streaming yang berkualitas dalam menayangkan program olahraga khususnya Liga Inggris, selain menayangkan semua pertandingan Liga Inggris dengan kualitas HD, Mola TV menampilkan tayangan original yang akan dibuat langsung dari studio London, setiap minggunya dengan konten yang unik dan interaktif .

Kata Kunci:  Persepsi Audiens, Kualitas Layanan Penyiaran, Televisi Streaming.


Keywords


Persepsi Audiens, Kualitas Layanan Penyiaran, Televisi Streaming.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Aceng, L. P. (2018). Media Televisi Di Era Internet.

Abdullah, A., & Puspitasari, L. (2018). Selama puluhan tahun televisi sebagai media massa merupakan media yang paling digemari sebagai media hiburan dan informasi . menghadirkan acara musik , film , sinetron , melibatkan para selebritis idola khalayak . Begitu pun acara olahraga , orang tanpa h. 2.

Anshari, I. N. (2019). Sirkulasi Film dan Program Televisi di Era Digital: Studi Kasus Praktik Download dan Streaming melalui Situs Bajakan. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 10(2), 88–102. https://doi.org/10.23917/komuniti.v10i2.7125

Arif, S. (2015). Rumusan Persepsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. http://digilib.uin-suka.ac.id/16669/2/09730087_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Armando, A. (2016). Televisi Indonesia Di Bawah Kapitalisme. In PT. Kompas Media Nusantara , Jalan Palmerah Selatan No.26-28.

Brown, S. dan. (n.d.). Studi tentang pengaruh media sangat penting. (1995).

Chaidir, I. (2018). Rancangan Bangun Video Streaming Menggunakan Red5 Sebagai Media Server Berbasis Protokol Rtsp. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, 4(1), 49–54.

Dennis, G. &. (2010a). Kepuasan Audiens Kepuasan penonton televisi merupakan respon pemenuhan penonton .

Dennis, G. &. (2010b). Menganalisis kepuasan konsumen pada tingkat atribut.

Diwi, A. I., Rumani, R. M., & Wahidah, I. (2014). Analisis Kualitas Layanan Video Live Streaming pada Jaringan Lokal Universitas Telkom Quality of Service Analysis for Live Streaming Video Services on Telkom University Local Network. 207–216.

Esti, L., & Hartanti, P. (2015). Kebijakan Media Televisi Di Era Media Baru. 4(1).

Farid, A. (2019). Linear Channels Mola Tv.

Ferguson, E. &. (2013). Pemograman adalah proses yang melibatkan pemilihan, penjadwalan, promosi dan evaluasi program di stasiun penyiaran .

Fogli. (2006). Mendefinisikan kualitas layanan sebagai kesan keseluruhan pelanggan.

Gardial, Clemons, Woodurff, Schumann, & Burns, 1994. (1994). Penyajian program TV, sering disebut sebagai program, juga terbukti mempengaruhi kepuasan penonton .

Iin Soraya, D. P. K. (2019). Persepsi Tayangan Televisi. Universitas BSI Jakarta.

Jalaluddin, R. (2009). Metode Penelitian Komunikasi. PT Remaja.

Junaedi, F. (2014). Komunikasi Massa Pengantar Teoritis. In Santusta.

Kurniawan, E., Sani, A., & Pustaka, T. (2014). Analisis Kualitas Real Time Video Streaming Terhadap Bandwidth Jaringan Yang Tersedia. Singuda ENSIKOM, 9(2), 92–96.

Library Bina Nusantara. (2008). Definisi Streaming & Pengertian. http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2008-1-00078-IF BAB 2.pdf

Lo, L. dan. (2007). Menyelidiki anteseden dan konsekuensi kepuasan penonton dalam penyiaran televisi .

Mittal, Ross, & B. (1998). Menilai suatu produk pada tingkat atributnya menawarkan banyak manfaat bagi peneliti konsumen dan praktisi pemasaran.

Moeller. (1996). Televisi memiliki kemampuan untuk mempengaruhi perilaku, sikap, keyakinan, nilai, pengetahuan dan keterampilan kognitif.

Nur, I. R., Engineering, E., Kunci, K., Broadcast, S., Abstraksi, T., Streaming, S., Televisi, B., Pack, S. U. I., & Delphi, S. P. (2010). Streaming broadcast televisi di dalam suatu jaringan.

Palmer, O. dan. (2004). kualitas layanan dan tingkat kepuasan yang diperoleh dari kualitas layanan menjadi faktor pembeda.

Parasuraman, B. dan Z. (1998). Kualitas layanan stasiun televisi dapat dinilai menggunakan skala SERVQUAL.

Pradyanti, A., Siti, N., & Hidayah, E. (2018). Etika Dalam Program Hiburan Televisi : Analisis Program Hiburan Waktu Indonesia Bercanda Net Tv. 1(2), 91–102. https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/DECA/article/view/792/562

Ramadhan, F., Virgono, A., & Wahidah, I. (2009). Desain Dan Implementasi Live Streaming Televisi Menggunakan Adaptive H264Encoding. SemnasIF, 2009(semnasIF), 38–46.

Reddy. (1996). Menjadwalkan program TV prime-time dengan hati-hati untuk memaksimalkan peringkat dan keuntungan jaringan .

Rimra, I. L., & Wiharti, W. (2008). Pemanfaatan Jaringan Komputer Sebagai Aplikasi Pendistribusian Siaran Televisi Menggunakan Teknologi Video Streaming. Poli Rekayasa, 3(2), 53–59. http://repo.polinpdg.ac.id/549/

Rizca Haqqu, F. A. E. (2020). EKSISTENSI MEDIA TELEVISI ERA DIGITAL DIKALANGAN REMAJA. http://journals.usm.ac.id/index.php/jdsb

Russell, N. & H. (2004). Tingkat intensitas hubungan yang dikembangkan penonton dengan karakter dan pengaturan kontekstual sebuah acara.

Sanjaya, ( Makroen. (2020). Streaming Broadcasting. Universitas Sahid.

Satori, D. d. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif . In Alfabeta.

Severin, W. J. (2008). Teori Komunikasi Sejarah , Metode & Terapan Di Dalam Media Massa. In Terjemahahn Sugeng Hariyanto , Kencana.

Siddiqi. (2011). Kualitas layanan.

SimilarWeb. (2020). Streaming video online membuat para TV konvensional khawatir.

Sugiyono. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif . In CV Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif , Kualitatif , dan R&D. In Alfabeta.

Suryadi, I. (2013). Kajian Perilaku Menonton Tayangan Televisi dan Pendidikan Literasi Media pada Remaja. Academica, 5(1), 973–986.

Techno.okezone.com, I. co. &. (2014). Infovesta.com. Infovesta.com & techno.okezone.com

Zaickowsky. (1994). Keterlibatan penonton mengacu pada persepsi penonton tentang relevansi suatu program.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27197

Flag Counter   Â