Pengaruh Strategi Public Relations terhadap Keputusan Pembelian di Bukalapak

Nur Chasanah, Nyoman Puspadarmaja

Abstract


Abstract: Research on the effect of public relations strategies on purchasing decisions has been done before, but there are still differences between one research and another such as research conducted by (Andries, Lengkong, & Loindong, 2016), (Sari, Noorlitaria, & Asnawati, 2018) with research results showing that there is a positive and significant influence on the public relations strategy variable on the purchasing decision variable. The results of this study are different from research by (Kartikarini, Sampurno, & Wahyono, 2011) with the results of research which show that the public relations strategy variable does not have a positive and significant effect on the purchasing decision variable. This article is a development article aimed at determining the magnitude of the influence of the public relations strategy on purchasing decisions at Bukalapak. The research method in this article uses quantitative descriptive research. The sample is all consumers at Bukalapak, amounting to 100 people based on the Lameshow formula by distributing questionnaires using the google docs link. While the analysis method used in this article uses simple linear analysis, this is because in this article it only has two variables, namely the public relations strategy variable as independent and purchasing decisions as the dependent variable, while the analysis tool uses the help of SPSS Version 22. SPSS is a statistical program. which is used in making social science research. The results showed that there was a positive and significant influence between the public relations strategy variables on purchasing decisions with a RSquare value of 0.634 or 63.4% if a percentage, while the remaining 36.6% was caused by other factors such as brand image, advertising, and experience. purchase.

Keywords : Public Relations Strategy, Purchasing Decisions, E-Commerce, and Internet.

Abstrak: Penelitian   mengenai pengaruh strategi public relations terhadap keputusan pembeliansudahpernah dilakukan oleh peneliti sebelumnya akan tetapi masih terdapat ketidaksamaan hasil penelitian seperti penelitian oleh (Andries, Lengkong, & Loindong, 2016) (Sari,  Noorlitaria, & Asnawati, 2018) dengan hasil penelitian yang menunjukan bahwa variabel strategi public relations mempunyai pengaruh terhadap variabel keputusan pembelian. Hasil penelitian ini berbeda dengan penelitian oleh (Kartikarini, Sampurno, & Wahyono, 2011) dengan hasil penelitian variabel strategi public relations tidak mempunyai pengaruh yang positif-dan signifikan terhadap variabel keputusan  pembelian.  Artikel  ini merupakan artikel pengembangan dari bertujuan untuk mengetahui besaran pengaruh strategi public relations terhadap keputusan pembelian di Bukalapak. Metode penelitian dalam artikel ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun sampel ini adalah seluruh konsumen di Bukalapak yang berjumlah 100 orang berdasarkan rumus lameshow dengan penyebaran kuesioner menggunakan link google docs. Sedangkan metode analisis  yang  dipakai dalam artikel ini menggunakan  analisis linier sederhana hal  ini   dikarenakan  dalam artikel ini hanya mempunyai  dua variabel  saja yaitu variabel   strategi public relations sebagai independen dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen sedangkan  alat  analisis menggunakan bantuan SPSS Versi 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif   dan   signifikan   antara  variabel strategi  public relations                    terhadap keputusan pembelian dengan nilai RSquare  sebesar 0,634 atau jika dipersentasikan  sebesar  63,4%  sedangkan  sisanya  36,6%   disebabkan   oleh faktor yang lain seperti citra merek, perikalanan, dan  pengalaman  dalam  pembelian.

Kata Kunci : Strategi Public Relations, Keputusan Pembelian, E-Commerce, Intern


Keywords


Strategi Public Relations, Keputusan Pembelian, E-Commerce, Intern

Full Text:

PDF

References


Andries, K. E., Lengkong, V. P., & Loindong, S. S. (2016). Pengaruh Public Relation Dan Strategi Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Samsung S5 Di Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(2), 207-217.

Anwar, R. N., & Afifah, A. (2016). Pengaruh Kepercayaan dan Keamanan Konsumen terhadap Minat Beli di situs Online (Studi Kasus pengunjung situs Lazada di Jakarta Timur). Jurnal Manajemen, 9(1), 46-57.

Centerklik.com. (2018). 10 Toko Online Terbaik dan Populer di Indonesia. Diambil kembali dari centerklik: https://www.centerklik.com/10- toko-online-terbaik-dan-populer- di-indonesia/

Inet.detik.com. (2018). Transaksi

Harbolnas 2018 Tembus Rp 6,8 Triliun. Diambil kembali dari detic.com: https://inet.detik.com/cyberlife/d

-4351437/transaksi-harbolnas- 2018-tembus-rp-68-triliun

Kartikarini, V. D., Sampurno, & Wahyono, D. (2011). Pengaruh Kualitas Produk Dan Bauran Promosi "R" PT. Air Mancur

Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Kota Surakarta. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi, 1(1), 1-6.

Katrin, I. L., Setyorini, D., & Masharyono. (2016). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran Javana Bistro Bandung. Jurnal Manajemen, 3(1), 1-16.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lalihatu, I. R., Warouw, D. M., & Tulung, L. E. (2017). Peran Humas Dalam Mensosialisasikan BPJS Ketenagakerjaan Pada Pedagang Pasar Segar Paal 2. Jurnal Acta Diurna, 4(3), 1-13.

Lengkey, L. N., & Taroreh, R. (2014). Pengaruh Strategi Public Relation Dan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Logam Mulia Pada PT. Pegadaian Cabang Manado Timur. Jurnal EMBA, 2(4), 154-166.

Naufa, W., Abdi, A. W., & Amri, A. (2017). Hubungan Partisipasi Orang Tua Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri

Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi, 2(2), 125-136.

Ruslan, A. (2014). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Sari, D. N., Noorlitaria, G., & Asnawati. (2018). Pengaruh Public Relation Dan Strategi Periklanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, 10(1), 14-23.

Sugianto, A., & Rahman, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lampu Shinyoku Di CV. Sinar Abadi. Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 174-184.

Ratu Balqis Wiraditi, A. S. (2019). Strategi Marketing Public Relations Dalam Meningkatkan Brand Image PT. Brodo Ganesha Indonesia ( Studi Deskriptif : KolaborasiBrodo X Chicco Jeriko. Inter Script.

Soebiagdo, P. R. (2019). Pengaruh Strategi Promosi STIKOM Interstudi Terhadap Peningkatan Ekuitas Merek. Inter komunika.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27194

Flag Counter   Â