Kampanye Public Relations “Ngopi tapi Go Green†di RBoJ Coffee

Firtsishella Shabrina Putri Mulia, Rizky Fauzi

Abstract


Abstract: The creation of a work entitled "Ngopi tapi Go Green" Public Relations Campaign at RBoJ Coffee" with the aim of informing, inspiring, and educating the public through “Ngopi tapi Go Green†Campaign by discovering through the theory of the Public Relations process put forward by the Allan Center, Scott Cutlip , and Gleen Broom who defined problems, planning, initiating and communicating, and evaluating activities. The literature review used in the coverage of this work is public relations, public relations campaigns, green campaigns, "Ngopi tapi Go Green". In addition, this paper will also use the SWOT analysis theory proposed by Philip Kotler. This work uses several data analysis techniques, in-depth interviews and collects secondary and primary data. The work shows that the Public Relations Campaign “Ngopi tapi Go Green†at RBoJ Coffee has followed the stages in the Public Relations Process. The stages of the activity process are used to inform, inspire, and educate the public, namely the pre-production, production and post-production processes. The work shows that it has succeeded in informing, inspiring, and educating the public with the support of analysis of facts and data that have been presented.

Keywords: Public Relations, Public Relations Campaign, Go Green Campaign, "Ngopi tapi Go Green"

Abstrak: Penciptaan karya yang berjudul Kampanye Public Relations “Ngopi tapi Go Green†di RBoJ Coffee†memiliki tujuan untuk menginformasi, menginspirasi, serta mengedukasi masyarakat melalui Kampanye “Ngopi tapi Go Green†dengan menggali melalui teori proses Public Relations yang dikemukakan oleh Allan Center, Scott Cutlip, dan Gleen Broom yang dimulai dari mendefinisikan masalah, perencanaan, bertindak dan berkomunikasi, serta evaluasi kegiatan. Tinjauan literatur yang digunakan dalam penciptaan karya ini yaitu public relations, kampanye public relations, kampanye go green, “Ngopi tapi Go Greenâ€. Selain itu, karya ini juga akan menggunakan teori analisis SWOT yang dikemukakan oleh Philip Kotler. Karya ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, meliputi wawancara mendalam serta mengumpulkan data sekunder dan primer. Hasil karya menunjukan bahwa Kampanye Public Relations “Ngopi tapi Go Green†di RBoJ Coffee telah mengikuti tahapan dalam Proses Public Relations. Tahapan proses kegiatan yang digunakan untuk membentuk menginformasi, menginspirasi, serta mengedukasi masyarakat, yaitu proses pra-produksi, produksi, dan pasca produksi. Hasil karya menunjukkan telah berhasil menginformasi, menginspirasi, serta mengedukasi masyarakat dengan didukungnya analisis fakta dan data-data yang telah dipaparkan.

Kata Kunci: Public Relations, Kampanye Public Relations, Kampanye Go Green, “Ngopi tapi Go Greenâ€


Keywords


Public Relations, Kampanye Public Relations, Kampanye Go Green, “Ngopi tapi Go Green”

Full Text:

PDF

References


Astuti, R. Y. (2011). “STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENJAGA CITRA THE PLAZA SEMANGGI.†Marketing Communications Journal.

Cahyadi, Y. (2016). Kajian Komparatif Penerapan Green Campaign Di Asia Tenggara.

CNN Indonesia. (2019). Jakarta Diklaim Bisa Hasilkan Rp1,75 T per Hari dari Sampah.

Gumelar, G. (2018). Persuasi Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik Melalui Narasi Dan Persepsi Resiko. Jurnal ASPIKOM, 3(4), 650. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i4.274

Jatireja, D., & Barat, J. (2019). Pendidikan Lingkungan : Plastic Pollution Awareness. 1(2), 88–100.

Karuniastuti, N. (2013). Bahaya Plastik terhadap Kesehatan dan Lingkungan. Swara Patra: Majalah Pusdiklat Migas, 3(1), 6–14. Retrieved from http://ejurnal.ppsdmmigas.esdm.go.id/sp/index.php/swarapatra/article/view/43/65

Muges, M. R. (2018). KAMPANYE HUMAS DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN PERSANDIAN KOTA YOGYAKARTA DALAM MEMBENTUK CITRA POSITIF PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA (STUDI ANALISIS DESKRIPTIF KUALITATIF PADA TAHUN 2018). Journal of Communication.

Nurhablisyah, Y. H. P. (2013). Kabana, kantung belanja ramah lingkungan sebagai bagian dari green marketing. 5, 161–183.

Purangga, G. (2016). Teori SWOT Analysis. 16–50.

Qonaah, S. (2019). Strategy Kampanye Gerakan #BijakBerplastik PT Danone Aqua Dalam Merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2018. Jurnal Komunikasi, 10(1), 48–55. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i1.5182

Ratnawati. (2017). STRATEGI KAMPANYE PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT MELAKUKAN DONOR DARAH PADA PALANG MERAH INDONESIA (PMI) KOTA MAKASSAR. Journal of Communication, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Rogers, E. M., & Storey, J. D. (1987). Communication campaigns. Handbook of Communication Science, (January 1987), 817–846. https://doi.org/10.4135/9781412982818

Romadlonati, N. F. (2010). Persepsi Siswa terhadap Kompetensi Guru Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMP Negeri 1 Moyudan Kabupaten Sleman. Journal of Communication.

Setiawan, B., & Fithrah, D. S. (2018). Kampanye Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik Dalam Membentuk Persepsi Masyarakat Bandung. Jurnal Manajemen Komunikasi, 2(2), 102. https://doi.org/10.24198/jmk.v2i2.12909

Siregar, R. A. (2018). Paus yang Mati di Wakatobi Makan 6 Kg Sampah.

Suseno, N. S. (2019). Tanggapan Pengunjung Kfc Bandung Terhadap Pelaksanaan Kampanye #Nostrawmovement. Journal Komunikasi Universitas Garut, 5(2), 286–303.

Tri Wahyuni. (2016). Indonesia Penyumbang Sampah Plastik Terbesar Ke-dua Dunia. Retrieved from CNN Indonesia website: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160222182308-277-112685/indonesia-penyumbang-sampah-plastik-terbesar-ke-dua-dunia




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27192

Flag Counter   Â