Hubungan Komunikasi Interpersonal Manager dengan Kinerja Karyawan Divisi Sales PT Justika Siar Publika

Nopy Kusumardani, Kinkin Yuliaty Subarsa, Poppy Ruliana, Guntur Freddy Prisanto

Abstract


Abstract: This article is to understand the correlational of Interpersonal Communication on Employee Performance, Study of The Fourth Quarter Manager Evaluation Program with PT Justika Siar Publika Sales Division in Jakarta 2018. This research is classified into quantitative research. The population of this research is all the sales team of PT Justika Siar Publika, consisting of 30 people. Data processing using SPSS. The sampling technique used in this research are non-probability sampling through saturated sampling of total sampling. The methods used in this research are field research through questionnaire. The result of the questionnaire are the interval data using a Likert scale. The research instruments were first tested for validity and reliability. In accordance with the objectives of the study, this study uses a frequency distribution analysis by finding the mean values of the indicators contained in the two variables is interpersonal communication and employee performance to describe each variable. Pearson product moment correlation analysis was also used in this study to see the relationship between variable X (interpersonal communication) and Y (employee performance). The results of this research show the calculation of Pearson product moment correlations indicate that interpersonal communication in the fourth quarter manager evaluation program has a moderate correlation with the performance of PT Justika Siar Publika's sales division employees in Jakarta in 2018.

Keywords : Interpersonal Communication, Employee, Performance, Work Environment.

Abstrak: Artikel ini membahas mengenai hubungan komunikasi interpersonal dengan kinerja karyawan, studi pada program evalusi manager kuartal 4 dengan divisi sales PT Justika Siar Publika di Jakarta tahun 2018. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dimana populasi yang menjadi objek penelitian adalah seluruh karyawan divisi sales PT Justika Siar Publika yang berjumlah 30 orang. Pengolahan data menggunakan SPSS. Sedangkan teknik pengambilan samplingnya menggunakan teknik non probabilita sampling melalui sampling jenuh atau total sampling. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpul data. Adapun data yang diperoleh dari hasil kuesioner adalah data interval dengan menggunakan skala Likert. Instrumen penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Sesuai dengan tujuan penelitiannya, penelitian ini menggunakan analisis distribusi frekuensi dengan mencari nilai mean dari indikator-indikator yang terdapat pada kedua variabel yaitu komunikasi interpersonal dan kinerja karyawan yang digunakan untuk mendeskipsikan masing-masing variabel. Analisis correlations product moment pearson juga digunakan dalam penelitian untuk melihat hubungan variabel X (komunikasi interpersonal) dengan variabel Y (kinerja karyawan). Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa hasil uji analisa bivariat melalui perhitungan correlations product moment pearson menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal pada program evaluasi manager kuartal 4 memiliki hubungan yang sedang dengan kinerja karyawan divisi sales PT Justika Siar Publika di Jakarta tahun 2018.

Kata kunci : Komunikasi Interpersonal, Kinerja, Karyawan, Lingkungan Kerja.


Keywords


Komunikasi Interpersonal, Kinerja, Karyawan, Lingkungan Kerja.

Full Text:

PDF

References


Ansori, M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Edisi 2 (Edisi 1). Airlangga University Press. https://books.google.co.id/books?id=rKbJDwAAQBAJ

Busro, M. (2018). Teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi 1). Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=W-deDwAAQBAJ

Cendekia, M. S., Dr. Drs. Ismail Nurdin, M. S., Dra. Sri Hartati, M. S., & 228/JTI/2019, A. I. (2019). METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL (S. H. Lutfiah (ed.)). MEDIA SAHABAT CENDEKIA. https://books.google.co.id/books?id=tretDwAAQBAJ

Cut Mutiawati, dkk. (2019). Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Jalan Raya (Edisi 1). Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=VByZDwAAQBAJ

Endraswara, S. (2006). Metode, Teori, Teknik Penelitian Kebudayaan (M. A. Jalidu (ed.); Edisi 1). Pustaka Widyatama. https://books.google.co.id/books?id=d27VDw5TbF0C

Gumilar, I. (2007). Metode Riset Untuk Bisnis & Manajemen. utamalab. https://books.google.co.id/books?id=ln8_EO_TevsC

Hariyanto, E., & C, D. K. J. (2019). Komunikasi Publik di Era Industri 4.0: Memetik Pelajaran dari Strategi Komunikasi Utang Pemerintah. @jualinbukumu. https://books.google.co.id/books?id=ntClDwAAQBAJ

Heri Zan Pieter, S. P. (2017). Dasar-Dasar Komunikasi bagi Perawat (edisi 1). Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=erJADwAAQBAJ

Irena, W. P. S. L. (2019). Komunikasi Kontemporer dan Masyarakat (W. P. Sari & L. Irena (eds.)). Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=ebzNDwAAQBAJ

M, D. N., & Gandana, G. (2017). KOMUNIKASI DALAM PAUD (Edisi 1-). Ksatria Siliwangi. https://books.google.co.id/books?id=Ts-oDwAAQBAJ

Mamik. (2014). Metode Penelitian Kesehatan (R. A. Puspitasari (ed.); Edisi 1). Zifatama Jawara. https://books.google.co.id/books?id=dkjBDwAAQBAJ

Mardalena, S. (2017). Pengantar Manajemen (Edisi 1). Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=NBExDwAAQBAJ

Rachmat Kriyantono, S. S. M. S. (2014). Teknik Praktis Riset komunikasi (Edisi 1). Kencana. https://books.google.co.id/books?id=gI9ADwAAQBAJ

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach (Edisi 1). Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=1pWEDwAAQBAJ

Sarwono, J. (2017). Mengenal Prosedur-Prosedur Populer dalam SPSS 23. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=kC5IDwAAQBAJ

Sulaksono, H. (2015). Budaya Organisasi Dan Kinerja (Edisi 1). Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=kDiRDwAAQBAJ

Suyanto, B. (2015). Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan (Edisi 8). Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=skjMDwAAQBAJ

Umar, H. (2002). Metode riset bisnis: panduan mahasiswa untuk melaksanakan riset dilengkapi contoh proposal dan hasil riset bidang manajemen dan akuntansi (Edisi 2). Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=ihn8T5S8HaQC




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27185

Flag Counter   Â