Pengaruh Kualitas Layanan SMS terhadap Tingkat Kepercayaan Klien di Informasi Teknologi Indonesia

Mutiara Ayu Pramesti, Drs AG Sudibyo

Abstract


Abstract: This thesis discusses the effect of service quality on the level of client trust. This research is motivated by the number of complaints that often arise about OTP SMS, complaints that often arise are OTP SMS not received by clients or end users. Constraints on OTP SMS are usually caused by network disruptions that cause SMS not to be received. Since OTP SMS is one of the most important SMS features, cellular phone operators in Indonesia provide priority routes for OTP SMS. The purpose of this study is to find out how the quality of PT. Information Technology Indonesia, to find out how the level of client trust PT. Information technology in Indonesia, to find out whether there is an influence on the quality of SMS services on the level of client trust PT. Information Technology Indonesia and to find out how much influence the quality of SMS services on the level of client trust PT. Indonesian Technology Information. This research uses a quantitative approach and uses survey methods. In this study the method of collecting data in the form of a questionnaire, the questionnaire will be distributed to respondents to be filled and returned again with answers that have been filled out for researchers to be processed. The sampling technique used is saturated samples. The results showed that the quality of SMS services has a strong influence on the level of client confidence in PT. Indonesian Technology Information.

Keyword : Service Quality, Level of Client Trust, Loyalty, Satisfaction

Abstrak: Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Tingkat Kepercayaan Klien. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya keluhan dari klien yang sering muncul mengenai SMS OTP, keluhan yang sering muncul yaitu SMS OTP tidak diterima oleh klien ataupun end user. Kendala pada SMS OTP ini biasanya disebabkan oleh gangguan jaringan yang menyebabkan SMS tidak diterima. Mengingat SMS OTP adalah salah satu fitur SMS yang sangat penting, maka operator telepon seluler di Indonesia memberikan jalur prioritas untuk SMS OTP. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui bagaimana kualitas layanan SMS PT. Informasi Teknologi Indonesia, untuk mengetahui bagaimana tingkat kepercayaan klien PT. Informasi teknologi Indonesia, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas layanan SMS terhadap tingkat kepercayaan klien PT. Informasi Teknologi Indonesia dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas layanan SMS terhadap tingkat kepercayaan klien PT. Informasi Teknologi Indonesia.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode survei. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data berupa kuesioner, kuesioner tersebut akan dibagikan kepada responden untuk diisi dan dikembalikan lagi dengan jawaban yang sudah diisi kepada peneliti untuk diolah. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan SMS memiliki pengaruh yang kuat terhadap tingkat kepercayaan klien di PT. Informasi Teknologi Indonesia.

Kata Kunci : Kualitas Layanan, Tingkat Kepercayaan, Loyalitas, Kepuasan


Keywords


Kualitas Layanan, Tingkat Kepercayaan, Loyalitas, Kepuasan

Full Text:

PDF

References


Indrasari, M., & Press, U. (2019).

PEMASARAN DAN KEPUASAN

PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press. https://books.google.co.id/books?id=P YfCDwAAQBAJ

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009).

Manajemen pemasaran Jilid 1. In

Jakarta.

Nugroho, E. (2018). Prinsip-prinsip Menyusun Kuesioner. Universitas Brawijaya Press. https://books.google.co.id/books?id=Yf NqDwAAQBAJ

Sofyan Maulana, S. K. (2015). 5 Proyek Populer SMS Gateway. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=u4 lKDwAAQBAJ

Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran (ketiga). In Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27180

Flag Counter   Â