Upaya Komunikasi Samsat untuk Meningkatkan Pembayaran Pajak Kendaraan
Abstract
Abstract: The implementation Samsat Pajajaran make every effort to increase the payment of motor vehicle taxes by means of Samsat continued to pursue ease pay tax through the innovation J’bret Sambara in which people can pay easily via applications online as pay through open, stalls Shopee, Indomart, Alfamart, and Others. Or offline as pay through, Samlet Samkel, Samkios, Samdong. The purpose of this research to know the efforts to increase the payment process pajajaran for motor vehicle tax (PKB). To know communication activities conducted in order to increase the payment of tax for motor vehicles (PKB). To investigate the obstacles encountered in efforts to increase the payment process communication pajajaran for motor vehicle tax (PKB). To find out why choose inovation J’bret Sambara, (Samlet, Samkel, Samkios, Samdong) vehicles to increase the payment of tax. This research in a qualitative approach to case studies to see an effort to improve communication Samsat. Vehicle tax paymentsResearchers used data collection method by interviews, observation the study of literature and the internet. Then analyzed data obtained by the use of triangulation and triangulation theory. Drawing conclusions, efforts to improve Samsat Pajajaran tax payments motor vehicles (PKB) has succeeded in creating ease the community to pay taxes offline or online so with that facilitate the public to pay taxes easily without having to longer queue Samsat. Programs innovation J’bret sambara, (Samlet , Samkel, Samkios, Samdong) to improve tax payments to simplify the vehicle pay taxes PKB
Keywords : Efforts communication, Samsat, J’bret Sambara
Abstrak: Pelaksanaanya samsat pajajaran melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan cara Samsat terus mengupayakan kemudahan membayar pajak PKB melalui program inovasi J’bret Sambara di mana masyarakat bisa membayar dengan mudah baik melalui aplikasi online seperti membayar melalui buka lapak, shopee, indomart, alfamart, dan lain sebagainya. maupun offline seperti membayar melalui Samlet, Samkel, Samkios, Samdong. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya yang dilakukan Samsat Pajajaran dalam meningkatkan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB). Untuk mengetahui kegiatan komunikasi yang dilakukan dalam upaya meningkatkan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB). Untuk mengetahui hambatan yang ditemui dalam upaya komunikasi Samsat Pajajaran untuk meningkatkan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB). Untuk mengetahui mengapa memilih inovasi-inovasi J’bret Sambara, (Samlet, Samkel, Samkios, Samdong) untuk meningkatkan pembayaran pajak kendaraan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui upaya komunikasi samsat untuk meningkatkan pembayaran pajak kendaraan. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, studi kepustakaan dan sumber internet. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan triangulasi sumber informan dan triangulasi teori. Simpulan, upaya yang dilakukan Samsat Pajajaran dalam meningkatkan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) telah berhasil menciptakan kemudahan masyarakat untuk membayar pajak melali offline maupun online sehingga dengan hal tersebut memudahkan masyarakat untuk membayar pajak dengan mudah tanpa harus mengantri panjang di Samsat. Adanya program inovasi-inovasi J’bret Sambara, (Samlet, Samkel, Samkios, Samdong) untuk meningkatkan pembayaran pajak kendaraan dapat mempermudah masyarakat membayar pajak PKB
Kata Kunci: Upaya Komunikasi, Samsat, J’bret Sambara
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A Shofura, M Chatamallah, 2019 “Implementasi Pendekatan New-Corporate Relation dalam Membina Hubungan dengan Stakeholder†dalam Jurnal Prosiding Hubungan Masyarakat.
A Maryani, N Nurrahmawati, AM Ramdan, IA Nugraha, 2020 “nterpersonal Skill Communication of Social Workers to Improve Human Resources†dalam jurnal 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019), 353-359
MS Drajat, 2008. Pelayanan Publik pada Sektor Komunikasi. Jurnal Mediator: Jurnal Komunikasi 9 (1), 63-76
Haryatmoko, 2011. Etika Publik untuk Integritas Pejabat Publik dan Politisi. Jakarta : Gramedia.
Tresna Wiwitan, 2018 “Pelayanan publik†dalam Pikiran Rakyat
Gunawan, Imam. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Yin. K. Robert. 2011. Studi Kasus Desain dan Matode. Jakarta PT. Raja Grafindo Persada
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26930
  Â